Mengenal Strategi Penetrasi Pasar
Author: Ivana Deva Rukmana
Compas.co.id – Penetrasi pasar merupakan sebuah upaya untuk memasuki pasar yang sudah mapan. Pada pasar yang sudah mapan ini, banyak dikuasai oleh perusahaan yang besar. Contohnya, jika Anda ingin menciptakan aplikasi layanan jasa antar makanan. Tentu Anda harus memasuki pasar tersebut yang telah dikuasai oleh perusahaan besar seperti Gojek, Grab, ataupun Shopee.
Agar mendapatkan pelanggan, Anda harus mencari celah pasar yang belum terjamah oleh perusahaan besar tersebut. Itulah penetrasi pasar. Berikut ini ada beberapa penjelasan lebih lanjut mengenai penetrasi pasar.
Apa itu Penetrasi Pasar?
Penetrasi pasar atau market penetration merupakan cara sebuah bisnis untuk mengukur seberapa banyak suatu produk maupun jasa yang digunakan oleh konsumen dibandingkan dengan jumlah total pasar untuk produk ataupun jasa yang ditawarkan.
Apa itu Strategi Penetrasi Pasar?
Dalam melakukan penetrasi pasar diperlukan juga strategi yang mendukung jalannya penetrasi pasar. Strategi penetrasi pasar sendiri merupakan strategi untuk mengembangkan pasar dan produk yang telah ada. Saat ini, banyak perusahaan yang berkonsentrasi pada perluasan pangsa pasar.
Hal tersebut dilakukan dengan cara merebut pelanggan ataupun menarik pelanggan dari kompetitor seperti menetapkan harga yang lebih rendah maupun melakukan promosi secara lebih luas.
Pentingnya Memiliki Strategi Penetrasi Pasar yang Baik
Penetrasi pasar menjadi hal sangat penting untuk terus bisa bersaing dalam suatu industri. Anda harus mengetahui seberapa besar potensi dan kapasitas bisnis Anda sebelum memasuki kompetisi di pasar, apalagi jika sudah ada merek-merek besar yang telah lama dan kuat disana.
Dengan menghitung dan memperkirakan seberapa besar potensi pasar, maka banyak manfaat yang akan didapatkan, contohnya seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan brand equity, dan product positioning yang lebih baik.
7 Strategi Penetrasi Pasar untuk Bisnis Online
Untuk bisa melakukan penetrasi pasar dengan baik, Anda tentu membutuhkan rangkaian strategi. Oleh karena itu, berikut Compas telah merangkum 7 strategi penetrasi pasar yang bisa Anda coba!
1. Menurunkan Harga Produk
Strategi yang pertama adalah dengan menurunkan harga produk yang Anda tawarkan. Cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk penetrasi pasar. Anda bisa mengurangi harga jual setidaknya lebih rendah dari kompetitor, dengan harga yang lebih rendah maka dapat menarik perhatian dan lebih bisa terjangkau oleh banyak konsumen.
2. Meningkatkan Kualitas Produk
Agar dapat menarik banyak konsumen dan disukai, tentu kualitas produk maupun jasa yang kamu tawarkan harus sangat baik. Hal tersebut berpengaruh terhadap kemampuan penetrasi pasar sebuah bisnis, jadi perhatikanlah selalu kualitas produk Anda. Jika kualitas produk atau jasa Anda masih dinilai kurang baik maka harus diperbaiki dan dikembangkan kualitasnya.
3. Meningkatkan Promosi
Promosi menjadi salah satu strategi yang penting dalam penetrasi pasar, entah itu promosi barang ataupun jasa. Jika dilakukan dengan baik dan kompeten maka hasil yang didapatkan pun benar-benar signifikan, setidaknya brand awareness harus bisa meningkat.
Anda dapat melakukan promosi jangka panjang maupun jangka pendek tergantung kebutuhan dan dana yang ada. Perlu diperhatikan bahwa hal ini hanya boleh dilakukan setelah adanya perencanaan yang matang agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.
4. Memperbarui Desain
Hampir disemua produk ataupun jasa sudah ada pemainnya, artinya setiap Anda ingin membangun bisnis online baru perlu melakukan penetrasi pasar karena sudah ada kompetitor lain yang mendahuluinya.
Agar dapat menarik perhatian konsumen, Anda dapat mengubah desain produk ataupun jasa yang ditawarkan. Contohnya adalah berbagai bentuk teh yang dijual, mulai dari teh celup, teh dalam kemasan botol kaca, kotak, botol plastik, hingga gelas.
5. Diversifikasi Produk
Selanjutnya ada disverifikasi, disverifikasi merupakan salah satu strategi penetrasi pasar agar perusahaan bisa masuk ke pangsa pasar yang baru. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuat suatu produk baru yang lebih sesuai dengan pasar yang dituju.
6. Kolaborasi dengan Perusahaan Lain
Supaya penetrasi pasar menjadi lebih mudah, beberapa perusahaan memilih untuk melakukan kerjasama strategis dengan perusahaan lainnya.
Namun, perlu diperhatikan untuk mempertimbangkan hal ini dengan serius terlebih dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan tertentu.
7. Ekspansi Bisnis
Ketika berhasil menarik banyak pelanggan dari suatu segmen, maka Anda perlu melakukan ekspansi bisnis dan memperluas segmen. Ekpansi bisnis ini dapat menghalangi pemain baru untuk masuk ke segmentasi pasar yang belum terjamah.
Omnia Retail menyebutkan perusahaan Amazon sebagai contoh yang baik. Hingga kini, perusahaan yang memulai bisnis di bidang e-commerce ini senantiasa berinvestasi ke dalam layanan pelanggan dan fitur yang disediakan. Jadi, hampir mustahil bagi platform online lain untuk bersaing.
Itulah tadi pembahasan mengenai strategi penetrasi pasar yang dapat Anda jajal. Mengingat betapa pentingnya penetrasi pasar untuk meningkatkan penjualan, brand equity, dan product positioning, Compas sangat menyarankan Anda untuk konsisten dalam menjalankan penetrasi dan riset pasar.
Riset pasar diperlukan untuk mengetahui target pemasaran produk. Setelah target pemasaran ditemukan, maka Anda bisa merancang langkah pemasaran apa yang kira-kira paling efektif digunakan.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, kamu juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!
Source: Dashboard Compas.co.id