Author: Salsabila
Compas.co.id – Data Compas merilis performa industri Beauty and Care di e-commerce. Per November 2022, industri ini memiliki kinerja yang luar biasa dan menyabet market share terbesar yaitu 43,5%. Di e-commerce sendiri, produk-produk Beauty and Care lebih mendominasi di Shopee dengan perolehan market share terbesar dibandingkan yang lain. Sedangkan di Tokopedia, industri Health lebih menguasai.
Tak heran Beauty and Care merajai pasar lantaran kaum wanita makin berlomba-lomba untuk memberikan perawatan terbaik bagi kulitnya. Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 melaporkan kategori Perawatan Wajah mendominasi dalam industri Beauty and Care dengan angka share 39,5%. Disusul oleh kategori Perawatan Tubuh dan Perawatan Rambut.
Kategori Perawatan Wajah sendiri secara umum diisi oleh moisturizer, serum, dan pembersih wajah. Moisturizer terbaik lokal banyak diincar oleh konsumen sebab mereka sudah memahami pentingnya menjaga kesehatan kulit wajah secara jangka panjang.
Ingin tahu angka-angka data riset pasar Beauty and Care tersebut? Detail data riset pasar sekarang bisa Anda baca di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini.
Dengan mendapatkan banyak insights baru dari laporan tersebut, Anda bisa tahu beberapa hal seperti e-commerce mana yang cocok untuk lebih difokuskan berdasarkan kategori brand Anda. Serta lebih memahami bagaimana perilaku, kebutuhan, harapan, dan preferensi konsumen berdasarkan rekam jejak mereka di tahun 2022.
Berikut ulasan mengenai performa penjualan produk moisturizer terbaik lokal di periode 16–31 Desember 2022. Apakah brand Anda termasuk di dalamnya?
MS Glow Juara 1 Moisturizer Terbaik Lokal di Akhir Tahun 2022
1. MS Glow
Kinerja bisnis MS Glow memang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak? Perolehan pendapatan brand lokal ini pada periode 16–31 Desember 2022 mencapai Rp2.2 miliar. Brand milik Shandy Purnamasari mampu menjual 22.248 unit produk yang laris diincar konsumen. Data dashboard Compas menunjukkan market share yang direbut oleh MS Glow sebesar 21,16%.
Brand kecantikan dan perawatan kulit asal Malang ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai Best Brand Tahun 2020 dan 2021. MS Glow menutup tahun 2022 dengan produk moisturizer terbaik lokalnya yang menjadi juara.
Tak heran menjadi spektakuler, promosi pemasaran MS Glow memang gencar dilakukan di media sosial. Kerjasamanya tidak hanya sebatas dengan selebriti ternama tanah air seperti Raffi Ahmad-Nagita Slavina, Ivan Gunawan, dan Zaskia Sungkar.
MS Glow juga menggaet selebriti dan public figure internasional seperti Cha Eun Woo yang diangkat menjadi Brand Ambassador. Lalu kerjasama endorsement dengan Anna Jobling dan Brenda Munoz, yang didapuk sebagai Miss Grand Costa Rica.
Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 pun menyatakan bahwa MS Glow yang berdiri tahun 2013, menjadi “Top of Mind” atau merek yang paling diingat konsumen. MS Glow menang dari kategori Perawatan Wajah dan Paket Kecantikannya.
2. Wardah
Juara 2 moisturizer terbaik lokal diikuti oleh brand sejuta umat Indonesia yaitu Wardah. Tak hanya tenar karena produk make up, skincare keluaran Wardah juga menjadi kesayangan konsumen di tahun 2022. Brand lokal ini terkenal karena rata-rata produknya sangat ramah di kantong konsumen.
Data Compas Dashboard menemukan, pada periode akhir Desember 2022 ini, Wardah berhasil menjual 32.149 unit produk. Angka tersebut setara dengan sales revenue Rp1.7 miliar. Wardah, yang baru-baru ini mencari wajah baru sebagai Youth Ambassadornya, menggaet share pasar sebesar 16,66%.
Lahir pada tahun 1995, usia tua tidak menjadikan brand legendaris ini kalah saing dan layu. Tapi usianya menandakan kinerja Wardah makin matang dan percaya diri untuk terus komitmen memberikan kualitas sempurna di setiap produknya.
Kematangan ini lah yang membuatnya mampu mengecap manisnya tim 3 besar moisturizer terbaik lokal. Hal ini menandakan bahwa Wardah sangat memahami kebutuhan dan harapan konsumen. Serta mampu mengikuti trend pasar yang terjadi sehingga tak ketinggalan zaman.
3. Scarlett
Produk lokal satu ini memang bukan main. Walaupun baru berdiri sejak 2017 lalu, rupanya usia hijau tidak menjadi soal besar bagi Scarlett. Dalam waktu singkat, Scarlett mampu merebut hati konsumen dan menjadikannya loyal.
Sudah beberapa kali produk Scarlett masuk ke dalam top 5 brand lokal mengacu pada Data Compas Dashboard. Contohnya di top serum lokal terbaik dan body lotion lokal. Di akhir tahun 2022 ini, giliran moisturizernya yang menjadi top produk moisturizer terbaik lokal!
Promosi besar-besaran di media sosial dan kerjasamanya dengan selebriti papan atas seperti Song Joong Ki dan TWICE ternyata sanggup mengubah mindset konsumen.
Dilihat dari sisi produk, Scarlett mengeluarkan ragam variasi produk sehingga konsumen memiliki banyak pilihan yang sesuai dengan karakteristiknya. Hal itu dipandang cukup menarik bagi kaum wanita, karena biasanya brand baru hanya memiliki variasi produk yang terbatas.
Dalam penjualannya di e-commerce, Scarlett terpantau sering memberikan freebies dengan minimum pembelian. Disamping itu, brand ini juga memiliki paket reseller sehingga produknya makin luas tersebar dan terekspos di seluruh tanah air.
Ingin brand Anda selalu menjadi top brand seperti ini? Anda bisa menjadi top brand dengan data pasar yang tepat. Sekarang detail data riset market bisa Anda baca di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini.
Mengetahui data pasar dalam laporan tersebut bertujuan agar brand Anda dapat memberikan produk terbaik yang memuaskan dan meringankan, bahkan menghilangkan masalah konsumen. Mendapatkan data riset pasar yang akurat pun membuat Anda lebih terarah dalam membuat plan yang tepat sasaran di tahun 2023.
4. Somethinc
Sama seperti Scarlett, produk-produk Somethinc pun beberapa kali masuk di rekomendasi top brand lokal. Kali ini, moisturizer terbaik lokal dari Somethinc yang duduk di posisi ke 4.
Hasil riset tim Compas yang berdasarkan metode online crawling dari Tokopedia dan Shopee, Somethinc mengakhiri tahun 2022 dengan pendapatan Rp1.1 miliar. 7241 produk berhasil terjual dan menjadi item akhir tahun yang membahagiakan konsumennya. Dalam hal moisturizer, market share Somethinc ada di angka 10,21%.
Dengan tagline “Be You, Be Somethinc!” menyiratkan orang-orang yang menggunakan produk ini adalah mereka yang percaya dengan dirinya sendiri. Menerima dirinya sebagai pribadi yang unik dan Somethinc.
Tiap orang adalah individu yang tidak sama dalam aspek hidupnya. Hal yang sama hanyalah mereka sama-sama mencintai dirinya dan menjadi Somethinc dengan caranya masing-masing.
5. Whitelab
Moisturizer terbaik lokal dari Whitelab tembus top 5 produk akhir tahun 2022 yang gemilang. Whitelab menutup tahun 2022 dengan raihan market share 7,94%. Pun sukses menjual 9705 produknya menjadi yang terbaik di periode 16–31 Desember 2022 ini. Angka penjualan dan market share tersebut mampu membuat brand ini mengantongi sales revenue sebesar Rp819.3 juta.
Baru-baru ini Whitelab menjuarai Sociolla Award 2022, menandakan brand yang lahir di tahun 2020 ini dengan tangkas mengambil hati dan memenuhi harapan konsumen. Dalam waktu singkat, di tahun 2022 Whitelab menggandeng Oh Sehun sebagai Brand Ambassadornya.
Tentu saja hal itu makin membuat brand lokal ini mendapat perhatian dan kesetiaan dari konsumen.
Kesimpulan
Jika dilihat berdasarkan data riset pasar dari tim Compas, kinerja bisnis semua brand lokal ini dapat dikatakan spektakuler. Mayoritas brand yang tembus 5 besar adalah brand yang usianya masih hijau. Mereka dengan sigap dan cepat mengejar posisi tinggi dalam industri Beauty and Care yang terkenal ketat persaingannya dalam FMCG di e-commerce.
Mumpung masih awal tahun 2023, Anda perlu mengarahkan dan memposisikan brand kembali sesuai dengan data pasar agar menjadi merek yang diingat oleh konsumen.
Detail data riset market bisa Anda dapatkan di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba dulu GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini. Anda juga bisa bertanya di DM Instagram Compas atau hubungi Team Compas.
Compas siap mendampingi Anda menjadi brand pilihan konsumen di e-commerce tahun 2023!