logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
body lotion lokal

Herborist dan Whitelab Tembus Top 3 Body Lotion Lokal, Berhasil Geser Somethinc!

Author: Salsabila

Compas.co.id – Produk body lotion tentu tak bisa dilupakan dalam rutinitas harian wanita Indonesia. Semua wanita pastinya menginginkan kulit tubuh yang lembut dan ternutrisi dengan sempurna. Berkat kehadiran produk-produk Beauty and Care, khususnya body lotion lokal yang semakin cemerlang performanya, kaum wanita makin percaya diri dengan kualitas kulit mereka. 

Berkaitan dengan Beauty and Care, data dari tim riset Compas dalam Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 menyebutkan tahun 2022 adalah tahun bintang bagi industri Beauty and Care. Data tersebut menyebutkan bahwa Beauty and Care merajai pasar dengan perolehan market share sebesar 43,5%! Angka share tersebut setara dengan 652 juta unit produk terjual atau Rp22.1 triliun sales revenue didapatkan hingga November 2022.

Data Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 menyatakan kategori FMCG menembus angka Addressable Market sebesar Rp50.8 triliun di dua e-commerce raksasa Indonesia yaitu Shopee dan Tokopedia. Dari data tersebut juga memprediksi bahwa di tahun 2023 akan ada kenaikan Addressable Market hingga Rp61.9 triliun. 

Berdasarkan informasi singkat tersebut dapat diketahui bahwa lahan pasar untuk produk-produk kecantikan dan perawatan tubuh masih memiliki peluang yang besar di tahun 2023. Brand skincare Anda bisa menjadi Top Brand 2023 jika memiliki data-data pasar yang terstruktur dan akurat. Anda bisa mendapatkan data pasar di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini sehingga keputusan yang Anda buat di tahun 2023 bisa tepat sasaran.

Pada subkategori body lotion lokal, brand Herborist dan Whitelab sukses menggeser Somethinc melalui performa penjualan body lotion. Penasaran dengan kinerja bisnis Herborist dan Whitelab serta body lotion lokal lainnya? Simak ulasan data penjualan hasil ringkasan tim riset Compas di bawah ini.

Performa Bisnis Top 10 Body Lotion Lokal, Herborist dan Whitelab Masuk 3 Besar

body lotion lokal

10. Skin Soul

Sebelum memasuki pembahasan mengenai performa top 3 body lotion lokal, dalam top 10 brand body lotion ada Skin Soul berhasil duduk di urutan ke 10. Data tim Compas menyebutkan di periode 16-31 Agustus 2022 Skin Soul masih di urutan ke 12. Lalu dua minggu kemudian yakni di periode 1-15 September 2022, brand lokal milik aktris Amanda Manopo naik ke urutan 10 besar. Di periode September ini perolehan sales revenuenya mencapai Rp29.2 juta atau setara 115 unit produk terjual. 

Mengintip sedikit strategi pemasaran Skin Soul, Amanda Manopo sendiri adalah seorang public figure sehingga mengenal banyak influencer dan aktris/aktor lain. Strategi pasar yang dilancarkan Skin Soul antara lain kerjasama dengan beauty influencer seperti Titan Tyra, Ayla Dimitri, Tasya Farasya, Rachel Goddard, Kesha Ratuliu. Disamping itu sesama selebriti yang digandengnya adalah Denny Sumargo, Patricia Gouw, dan Randy Martin.

Yang unik dari Skin Soul adalah kerjasamanya dengan kaum pria sehingga memunculkan persepsi dalam benak konsumen bahwa produk perawatan tubuh tak hanya khusus wanita saja. Body lotion pun lazim digunakan oleh para pria sebagai bentuk perawatan diri. Mungkin itu lah salah satu hal yang menyebabkan naiknya peringkat body lotion lokal ini walaupun market sharenya sempat turun tipis dari 0,79% di periode 16-31 Agustus menjadi 0,62% di periode 1-15 September. 

9. Rei Skin

Brand Rei Skin berhasil menjual 222 unit produk di periode 1-15 September 2022 atau sama dengan revenue Rp30.2 juta. Data Compas menyebutkan bahwa angka tersebut mengalami penurunan dari performa periode sebelum yakni angka sales quantity sebesar 269 unit dengan revenue Rp36.9 juta.

Kendati demikian, riset internal tim Compas meng-highlight brand Rei Skin karena berhasil masuk top 10 body lotion lokal di periode 1-15 September 2022, tepatnya berada di posisi ke 9. Sebab di periode sebelumnya, Rei Skin masih ada di urutan ke 13 pada subkategori body lotion lokal. Sepertinya konsumen sudah mulai terbangun kepercayaannya pada kualitas brand lokal satu ini untuk merawat kesehatan kulit mereka. 

Ingin produk body lotion lokal Anda masuk di top 10 seperti Rei Skin dan Skin Soul? Anda bisa mendapatkannya hanya jika memiliki data riset pasar yang akurat dan diandalkan. Anda sulit bertahan di ekosistem industri digital 4.0 ini jika hanya menerka-nerka dan membuat keputusan berdasarkan asumsi belaka.

Anda bisa baca detail data pasar di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini. Tim Compas siap mendampingi brand Anda menjadi juaranya di tahun 2023.

Jika dilihat dari review konsumen di platform review skincare dan make up ternama Indonesia, produk Rei Skin banyak mendapat bintang 5. Angka Market share yang berhasil diambil oleh brand lokal ini di periode 1-15 September 2022 adalah sebesar 0,65%. 

3. Whitelab

Memasuki juara 3 besar dalam kategori body lotion lokal, di peringkat 3 ada brand Whitelab dengan perolehan market share 3,85% di periode 1-15 September. Angka share tersebut naik sebesar 7,03% dari periode sebelumnya yakni 16-31 Agustus. Co Founder Whitelab, Jessica Lin mendirikan brand skincare lokal ini di tahun 2020. Whitelab berada di bawah payung Deca Group yang terkenal dengan brand Everwhite, dimana konsumen bisa mendapat produk skincare dengan harga lebih terjangkau dibanding produk lainnya.

Data Compas melaporkan pada periode September ini kinerja Whitelab, yang menggandeng Oh Sehun “EXO” sebagai Brand Ambassadornya, makin luar biasa dengan kenaikan sales revenue mencapai Rp179.7 juta. Revenue tersebut didapatkan dari hasil penjualan 2506 unit produk. 

2. Herborist

Juara 2 direbut oleh body lotion lokal brand Herborist setelah menggeser Somethinc dengan kenaikan sales revenue menjadi Rp407.8 juta. Riset pasar Compas menemukan ada 18502 unit produk laris terjual dan dicintai oleh konsumennya. Sejak tahun 2009 Herborist terkenal dengan berbagai jenis produk perawatan tubuh yang memiliki banyak varian aroma. Tentunya hal itu menjadi favorit kaum hawa untuk memastikan kulit tubuhnya terawat sempurna dan harum oleh produk natural dari Bali tersebut.

Tim Compas pun menemukan brand lokal di bawah naungan PT Victoria Care Indonesia ini merebut market share sebesar 8,73% di periode 1-15 September 2022. Padahal pada periode sebelumnya yaitu 16-31 Agustus 2022 market share Herborist masih di angka 6,48%. Hal tersebut menunjukkan ada kenaikan growth sebesar 29.15%.

1. Scarlett 

Scarlett selalu berhasil merajai kategori body lotion lokal di urutan ke 1, baik pada periode sebelumnya maupun di periode September ini. Brand lokal milik Felicya Angelista ini memang terkenal dengan produk-produk perawatan tubuhnya sejak awal berdiri di tahun 2017. Fokus pemasaran pun melalui platform online dibanding penjualan offline.

Tim Compas melaporkan Scarlett merebut market share sebesar 71,43%, angka tersebut naik dari share periode sebelumnya di 16-31 Agustus yaitu 67,48%. Sales revenue yang didapatkan periode 1-15 September 2022 mencapai Rp3.3 miliar dengan 40.524 unit produk habis terjual.

Sedikit membahas strategi marketing dari Scarlett hingga bisa menjadi spektakuler seperti ini adalah kerjasamanya dengan banyak selebriti dan influencer terkenal Indonesia. Felicya Angelista sendiri adalah public figure papan atas, oleh karena itu akses kerjasama dengan public figure lainnya menjadi lebih mudah. 

Baru-baru ini juga Scarlett mendatangkan Song Joong Ki ke Indonesia yang berlaku sebagai Brand Ambassador Scarlett, untuk membuat acara jumpa fans sekaligus launching produk terbaru yaitu 7x Ceramide Barrier Up Moisturizer.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat ditarik dari ulasan top body lotion lokal di atas adalah produk lokal Indonesia makin bersinar dan tak kalah bersaing dengan produk dari luar. Performa bisnisnya juga tak main-main, dengan perencanaan dan strategi pasar yang tepat tentu bisa membuat produk skincare menjadi juara di kategori FMCG.

Brand Beauty and Care Anda juga bisa merajai pasar FMCG jika memiliki data yang akurat, aktual, dan faktual. Hasil riset tim Compas menyediakan Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 yang bisa dibaca GRATIS DI SINI. Laporan pasar tersebut dibuat khusus untuk Anda agar bisa membuat perencanaan yang matang di tahun 2023. Atau coba GRATIS dahulu 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini

Tim Compas siap mendampingi brand Anda menjadi pemenang di e-commerce FMCG tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.