Author: Salsabila
Compas.co.id – Produk kecantikan dan perawatan tubuh dari berbagai brand skincare selalu menjadi incaran kaum hawa di Indonesia. Munculnya awareness mengenai “self-love” di berbagai media sosial mendukung kenaikan penjualan produk skincare terutama dari brand serum lokal. Industri Beauty and Care yang menaungi kategori skincare mencapai angka share fantastis tahun ini.
Berdasarkan data riset tim Compas dalam FMCG E-commerce Report 2022, tahun ini adalah tahun gemilangnya Beauty and Care karena mampu menyabet angka share sebesar 43,5% dari seluruh FMCG. Angka market share 43,5% tersebut setara dengan sales revenue Rp22.1 triliun atau sekitar 652 juta unit produk Beauty and Care terjual sampai bulan November 2022.
Dalam FMCG E-commerce Report 2022 juga disebutkan bahwa sampai bulan November kategori FMCG mendapatkan Addressable Market sebesar Rp50.8 triliun di dua e-commerce utama yaitu Shopee dan Tokopedia. Prediksi tim riset Compas tahun 2023 akan ada kenaikan Addressable Market hingga Rp61.9 triliun.
Apabila mendapatkan data pasar yang tepat, tentu brand Anda bisa mencicipi manisnya kenaikan sales revenue dan sales quantity di tahun 2023. Anda bisa coba GRATIS dulu selama 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini. Atau baca GRATIS data selengkapnya di FMCG E-commerce Report 2022 DI SINI.
Berkaitan dengan Beauty and Care, adanya Korean culture and beauty wave dari negeri Ginseng rupanya turut berperan besar pada kesuksesan peningkatan penjualan berbagai produk dari industri tersebut. Terutama produk skincare yang menjadi rutinitas pagi dan malam yang menyenangkan bagi wanita, produk-produk skincare selalu menjadi “top of in mind” mereka.
Pada subkategori brand serum lokal, Bio Beauty Lab meraih posisi ke 5 setelah mengalahkan MS GLOW, Azarine, dan Erha. Mau tahu lebih jauh mengenai performa bisnis Bio Beauty Lab dan brand serum lokal lainnya? Mari simak rangkuman hasil riset tim Compas di bawah ini.
Data Penjualan Brand Serum Lokal Terbaik: Bio Beauty Lab Masuk 5 Besar
5. Bio Beauty Lab
Bio Beauty Lab berhasil naik ke top 5 brand serum lokal dengan perolehan sales revenue yang tembus di angka Rp935.6 juta. Nilai tersebut setara dengan 4.6 ribu unit produk terjual hingga periode 1-15 September 2022. Bio Beauty Lab baru-baru ini mendapatkan award The Best Face Oil dari Female Daily berkat penjualan facial oil ajaibnya yang bernama Luxurious Facial Oil Serum.
Nilai Market share yang berhasil diraih oleh Bio Beauty Lab sebesar 3,73% dengan growth revenue mencapai 35,44%. Pada periode sebelumnya yaitu 16-31 Agustus Bio Beauty Lab ada di peringkat ke 8 dalam 10 top brand serum lokal. Tentu ini adalah data kenaikan yang cukup baik dan signifikan bagi brand serum lokal yang berdiri tahun 2018 ini.
Dengan tagline “Auto Glowing”, strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh Bio Beauty Lab adalah tak lepas dari kerjasamanya dengan banyak beauty influencer kondang Indonesia seperti Heny Harun, Tasya Farasya, Alodita, Michimomo hingga Titan Tyra.
Bio Beauty Lab juga sering menghadiri event kecantikan di Indonesia yang dipromotori oleh Female Daily dan Sociolla. Tentunya bisa masuk ke event tersebut membuatnya banyak terekspos oleh konsumen.
4. Whitelab
Kemudian ada brand serum lokal Whitelab dengan tagline “Cerah maksimal tanpa batas” yang menduduki peringkat ke 4 brand serum. Berdasarkan data riset internal tim Compas menggunakan online crawling, angka sales revenue sebesar Rp2.5 miliar berhasil diraih. Sekitar 19.6 ribu unit produk mereka terjual di pasar. Brand lokal milih Jessica Lin ini mampu meraih market share di angka 10,06%.
Masih penasaran dengan detail data riset pasarnya? Anda bisa mendapatkannya secara GRATIS dengan mencoba 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini. Atau langsung saja Anda akses GRATIS data FMCG E-commerce Report 2022 DI SINI.
Pencapaian Whitelab di awal Desember adalah mendapatkan award The Best Face Mask di Tokopedia Beauty Award 2022 dengan produk Bamboo Charcoal Brightening Gel Mask. Brand ini konsisten menjaga kualitas produk yang semuanya disesuaikan dengan jenis kulit wanita Indonesia yang beragam. Oleh sebab itu brand serum lokal ini mampu merebut cinta konsumen Indonesia yang terbukti dari penjualan produk yang nyaris mencapai 20 ribu unit sampai bulan September 2022.
3. Avoskin
Di periode 1-15 September 2022 Avoskin tetap duduk manis di peringkat ke 3, sama seperti periode sebelumnya yaitu 16-31 Agustus 2022 walaupun ada penurunan baik di sales quantity maupun sales revenuenya.
Pada periode 16-31 Agustus 2022, sales quantity Avoskin ada di angka 21.4 ribu unit produk terjual dengan sales revenue Rp3.2 miliar. Sayangnya di periode selanjutnya yaitu 1-15 September 2022 sales quantity turun menjadi 18.1 ribu unit diikuti turunnya sales revenue menjadi Rp2.7 miliar.
Kendati demikian, sedikit penurunan performa bisnis Avoskin tidak terlalu mengkhawatirkan karena tetap menjadi the best 3 product skincare. Strategi marketing yang digunakan oleh Avoskin yang bisa jadi membuat kinerjanya tetap fantastis adalah menggunakan pria sebagai Local Brand Ambassadornya yaitu Refal Hady.
Hal ini cukup menarik karena biasanya Brand Ambassador di industri kecantikan dan perawatan tubuh didominasi oleh kaum wanita. Keunikan ini yang membuat semua produk Avoskin seolah-olah tidak eksklusif untuk wanita saja, tapi juga pria. Oleh sebab itu target konsumennya menjadi lebih luas lagi.
2. Scarlett
Brand serum lokal milik aktris Felicya Angelista ini sepertinya selalu berlomba dengan Somethinc. Di periode sebelumnya yaitu 16-31 Agustus 2022 Scarlett adalah juara satunya dengan share 21,03%, namun di periode 1-15 September ini Scarlett turun di peringkat kedua dengan perolehan market share 19,73%.
Meskipun market share turun, data riset tim Compas mencatat adanya kenaikan sales quantity dan sales revenue dari periode sebelumnya. Pada periode 16-31 Agustus 2022 sales revenue Scarlett mencapai angka Rp4.4 miliar dengan produk yang habis terjual sebanyak 33.9 ribu unit. Kemudian pada periode 1-15 September 2022, sales revenue tembus angka Rp5.0 miliar dengan produk terjual 35.9 ribu unit.
Mau tahu lebih dalam mengenai detail data pasarnya? Anda bisa coba GRATIS selama 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini. Atau langsung saja dapatkan akses GRATIS data FMCG E-commerce Report 2022 DI SINI.
Berbagai strategi marketing hebat diluncurkan oleh brand serum lokalScarlett seperti menjalin kerjasama endorsement dengan berbagai artis dan influencer Indonesia mulai dari Rossa hingga Sandrinna Skornicki. Rupanya tak hanya dari kalangan wanita saja, tapi juga banyak pria seperti Rey Mbayang, Hito Caesar, Teuku Ryan hingga Fadil Jaidi. Tahun 2021, Scarlett berani menggaet Song Joong Ki dan Twice sebagai Brand Ambassador yang membuat brand ini semakin hype dan disambut dengan antusias oleh masyarakat.
1. Somethinc
Inilah juara satu dalam 5 top brand serum lokal. Pada bulan Agustus 2022, Somethinc berada di peringkat kedua dan di bulan September ia menggeser Scarlett hingga turun di posisi kedua. Bagaimana tidak? data riset internal tim Compas periode 1-15 September 2022 menyatakan angka sales revenue, sales quantity dan market share Somethinc semuanya naik hingga 2x lipat dari periode sebelumnya!
Data tim Compas periode 16-31 Agustus 2022 mencatat sales quantity di angka 32.9 ribu unit dengan perolehan sales revenue Rp3.8 miliar, serta market share 17,90%. Periode berikutnya yaitu 1-15 September 2022 tercatat sales quantity menembus 70.9 ribu unit produk terjual. Diikuti kenaikan sales revenue Rp8.7 miliar dan share yang juga naik yaitu 34,58%.
Apa yang menyebabkan Somethinc begitu luar biasa? Jika dilihat dari segi produk, sebagian besar produk Somethinc bisa digunakan mulai dari remaja usia 11 tahun ke atas. Biasanya produk skincare menyasar target market 20 tahun ke atas, tapi Somethinc memperluas targetnya hingga market remaja.
Somethinc menyadari bahwa market remaja masih bergantung secara finansial pada orang tuanya, oleh sebab di Somethinc Official Shop di Shopee menjual produk mulai Rp100 ribuan saja. Bahkan ada yang mulai Rp20 ribuan untuk travel size.
Tidak hanya itu, kerjasama dengan public figure papan atas ikut menyumbang kenaikan performa bisnisnya seperti NCT Dream dan Syahrini sebagai Brand Ambassador lokal. Tentunya kerjasama ini meningkatkan kepercayaan masyarakat pada brand Somethinc.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian data riset pasar tim Compas di atas mengenai 5 top brand serum lokal, dapat disimpulkan bahwa brand serum lokal makin menjamur dan merajai pasar Beauty and Care. Produk Anda juga bisa menjadi salah satu top brand di Indonesia tahun 2023. Jika mendapat data pasar yang tepat dan aktual, maka menjangkau konsumen lebih besar, meningkatkan sales revenue, sales quantity dan market share bukanlah hal yang mustahil.
Compas dashboard dapat membantu Anda membuat strategi pasar yang ciamik dan menjadi juara di e-commerce dengan cara memberikan data riset pasar yang mendalam dan detail. Tingkatkan performa bisnis Anda dengan menghubungi Team Compas atau DM Instagram Compas. Bisa juga dengan coba GRATIS selama 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini. Atau baca GRATIS FMCG E-commerce Report 2022 DI SINI.