logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Apa Saja Merk Skincare Terbaik di Indonesia

Apa Saja Merk Skincare Terbaik di Indonesia

Apa Saja Merk Skincare Terbaik di Indonesia

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Penjualan produk skincare di Indonesia sekarang ini meningkat. Hal tersebut tidak lepas dari tren yang sedang berkembang. 

Bagi pelaku bisnis, tren tersebut dapat menjadi peluang yang harus dimaksimalkan pemanfaatannya untuk meraup keuntungan. Sebab itu, ikut terjun dalam bisnis skincare ini memang menjanjikan. 

Apalagi, konsumen saat ini juga lebih memilih brand-brand lokal untuk memenuhi kebutuhan skincare. Hal ini bisa dilihat dari merk skincare terbaik di Indonesia yang didominasi oleh beberapa brand lokal tersebut. 

Berbagai riset pun telah membuktikannya. Lebih jelasnya, simak ulasan mengenai perkembangan pasar skincare di Indonesia berikut ini. 

Perkembangan Pasar Skincare di Indonesia

Tren kecantikan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Belakangan ini, tren kecantikan dengan wajah glowing menjadi dambaan banyak orang terutama kaum perempuan. Hal ini pun berdampak pada sektor bisnis, yakni makin maraknya berbagai produk Beauty&Care di pasaran. 

Menurut riset Statista, segmen kecantikan dan perawatan pribadi akan bertumbuh hingga 6,46% setiap tahunnya. Hal tersebut juga didorong kuat dengan kontribusi penjualan online yang kian diminati. 

Bahkan, segmen skincare mengalami kenaikan penjualan di saat berbagai sektor bisnis melemah ketika pandemi Covid-19. Pada tahun 2021, produk kecantikan tumbuh sebesar 7%, lebih tinggi ketimbang tahun 2020 yang hanya mencapai 5,9%. 

Kondisi tersebut menunjukkan pasar skincare begitu potensial dijadikan bisnis. Tak mengherankan jika sekarang banyak brand-brand lokal yang hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap produk skincare

Sementara menurut data Compas Dashboard, pasar skincare di e-commerce juga didominasi oleh brand lokal tersebut. Adapun riset dari Inventure-Alvara pada Januari 2022 mengungkap, sebanyak 39,6% konsumen akan mencari produk kecantikan dengan efek glowing, efek whitening (21,7%), anti-acne (19,6%), dan anti-aging (19,1%).  

Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace

5 Tujuan dan Manfaat Memantau Pergerakan Pasar

5 Tujuan dan Manfaat Memantau Pergerakan Pasar

Dalam menjalankan bisnis, sudah sepatutnya perusahaan melakukan pemantauan terhadap kondisi pasar. Setiap perusahaan juga memiliki masing-masing tujuan dan manfaat melakukan hal tersebut. Umumnya, inilah tujuan dan manfaat dalam mengetahui pergerakan pasar. 

1. Melihat perkembangan bisnis

Bagi pebisnis, memantau pergerakan pasar adalah kebutuhan yang sekaligus berguna untuk melihat perkembangan bisnis perusahaan. Mengetahui kondisi pasar akan membantu perusahaan untuk mengidentifikasi masalah semisal bisnisnya mengalami penurunan. 

2. Memantau pergerakan kompetitor

Saat mengamati pergerakan pasar, perusahaan bisa meninjau siapa saja kompetitornya dan strategi apa yang telah dilakukan. Hal tersebut akan mengefektifkan strategi bisnis yang akan diambil karena menyesuaikan pesaing. Dengan begitu, perusahaan dapat menyusun strategi yang lebih unggul. 

3. Memahami tren bisnis

Memantau pergerakan pasar sama halnya dengan melihat bisnis apa yang sedang tren. Informasi seputar tren dapat menjadi sinyal bagi perusahaan terkait kebutuhan konsumen. 

Meski tren terkadang sifatnya sementara, tapi jika perusahaan berhasil memahami tren dengan baik akan bermanfaat bagi bisnis. Terutama apabila perusahaan mampu mengoptimalkan momentum dari tren tersebut, maka keuntungan bisnis bisa meningkat. 

Ibaratnya, perusahaan mampu memanfaatkan potensi yang ada sebagai umpan untuk menarik lebih banyak konsumen. 

Baca juga: Skincare Lokal Kelas Internasional: Produk Terfavorit Wardah & Lacoco

4. Memahami kebutuhan konsumen

Setelah paham akan tren bisnis, seharusnya perusahaan akan memahami kebutuhan target bisnisnya. Mengenai kebutuhan konsumen akan memudahkan perusahaan untuk merancang atau mengembangkan produk sesuai keinginan pasar. 

Artinya, produk yang disediakan perusahaan bisa menjawab persoalan konsumen. Hal inilah yang akan membuat konsumen datang karena membutuhkan produk perusahaan sebagai solusinya. 

5. Bahan evaluasi bisnis

Saat menganalisis pergerakan pasar, perusahaan dapat meninjau kondisi bisnisnya sedang naik atau turun. Data tersebut biasanya disertai beberapa informasi lainnya seperti data penjualan, pemasukan, kompetitor, dan lainnya. 

Semua informasi yang telah perusahaan peroleh akan menjadi data penting untuk mengevaluasi bisnis. Evaluasi bisnis juga lebih terfokuskan karena perusahaan berbicara data dan fakta sehingga diskusi dalam penentuan strategi bisa terukur. 

5 Merk Skincare Terbaik di Indonesia

Skincare Terbaik di Indonesia

Menurut data Compas Dashboard, merk skincare terbaik di Indonesia didominasi oleh brand lokal. Yuk, simak deretan merk skincare terbaik di Shopee dan Tokopedia selama periode semester I – 2022 berikut ini. 

1. Garnier

Garnier sukses menguasai pasar skincare di e-commerce dengan total penjualan mencapai 1 juta produk. Sementara sales revenue-nya meraih angka Rp77.9 juta sepanjang semester I 2022. 

Data Compas Dashboard mencatat, ada 6 produk Garnier yang berhasil masuk jajaran top produk. Sebagian besar merupakan produk krim pencerah, krim malam, dan serum wajah. 

Garnier termasuk merk yang sudah lama memasuki industri skincare di Indonesia. Untuk itu, kualitas dan manfaatnya juga tak perlu diragukan lagi. 

Menurut pengamatan Tim Compas, Garnier juga aktif meluncurkan produk-produk terbarunya untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Selain itu, Garnier juga menggaet beberapa public figure seperti Chelsea Islan, Vanesha Prescilla, dan Pevita Pearce. 

2. Wardah

Merk skincare terbaik berikutnya adalah pemain lama, yakni Wardah. Merk yang populer dengan branding “Halal” tersebut memang sudah melekat di hati pengguna skincare di Indonesia. 

Pada paruh pertama tahun 2022, Wardah berhasil meraih penjualan hingga 948 ribu produk. Selain itu, data Compas Dashboard juga menemukan bahwa Wardah termasuk brand skincare lokal terlaris di e-commerce pada tahun lalu. 

Kesuksesan Wardah tidak lepas dari berbagai inovasi yang telah dilakukan. Produknya juga tidak terbatas pada skincare tapi juga kosmetika. Tak mengherankan jika merek ini begitu populer dalam dunia Beauty&Care di Indonesia. 

3. Somethinc

Merk skincare terbaik berikutnya berasal dari brand lokal, yakni Somethinc. Merk yang naik daun berkat kolaborasi dengan idol K-pop, NCT Dream ini mampu mencapai penjualan lebih dari 895 ribu produk. 

Somethinc ini juga masuk sebagai top brand skincare lokal yang paling laris tahun lalu. Beberapa produk Somethinc yang banyak diminati adalah produk serum wajah. 

Baca juga: Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar

4. Whitelab

Sama halnya dengan Somethinc, merk skincare ini kian melejit namanya setelah menggandeng idol K-pop dari EXO bernama Oh Sehun sebagai brand ambassador produknya. Adapun produk yang laku terjual di Shopee dan Tokopedia jumlahnya mencapai lebih dari 895 ribu produk. 

Data Compas Dashboard juga menunjukkan bahwa merk skincare tersebut paling laris dengan produk serum wajahnya. Penjualan produk serum Whitelab tersebut meraih angka sebanyak 104.600 ribu produk dari periode Juni hingga Agustus 2022. 

5. Scarlett

Tak ketinggalan dengan dua merk skincare sebelumnya, Scarlett juga mengajak public figure Korea, yakni Song Jong Ki dan girl band Twice untuk menjadi brand ambassador. Strategi branding lewat idol K-pop ini memang menarik perhatian. 

Strategi tersebut dinilai ampuh untuk mendorong brand awareness produk terutama pada kalangan pecinta industri hiburan Korea. Meski brand awareness naik, namun tidak lantas mendongkrak penjualan produk Scarlett. 

Kendati demikian, merk skincare ini mampu meraih penjualan hingga 680 ribu produk lebih. Sebagai merk skincare terbaik berdasarkan penjualannya, Scarlett memang berada pada posisi lima. Namun, Scarlet sukses jadi juara kedua dalam penjualan produk serum wajahnya.

Itulah rangkaian informasi seputar merk skincare terbaik di Indonesia yang dapat menjadi referensi bagi Anda, khususnya para pelaku bisnis yang bergerak pada industri yang serupa. Apabila Anda ingin memaksimalkan potensi bisnis, sebaiknya kenali target konsumen dan kompetitor secara tepat, yakni dengan riset pasar. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.