produk terfavorit wardah & lacoco

Skincare Lokal Kelas Internasional: Produk Terfavorit Wardah & Lacoco

Tren perawatan kulit atau skincare terus berkembang khususnya bagi kaum hawa. Saat ini, sudah banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kulit wajah. Tidak hanya untuk menunjang penampilan, merawat kulit wajah juga berupaya agar kulit tetap sehat.

Secara umum, skincare memang perawatan kulit yang mencakup seluruh tubuh. Namun, skincare yang lebih dikenal masyarakat lebih mengacu pada perawatan kulit daerah wajah. Ini bisa dilihat dengan semakin banyaknya konten-konten yang membahas tips ataupun urutan skincare.

Melihat trend ini, brand kecantikan lokal pun banyak bermunculan untuk menyediakan produk-produk skincare yang cocok dengan kulit masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan formula yang digunakan beberapa brand luar lebih terfokus dengan iklim luar yang berbeda dengan iklim Indonesia yang tropis.

Kali ini, Compas ingin membahas dua brand lokal untuk skincare yaitu Wardah dan juga Lacoco. Bagaimana performa kedua brand tersebut di e-commerce? Dan produk apa saja yang menjadi favorit? Akan Compas kupas tuntas di artikel berikut ini.

Brand Lokal Kelas Internasional

Dari hari ke hari semakin banyak brand lokal yang sudah menghadirkan produk-produk skincare nya sendiri dengan bahan dan formula yang berbeda-beda. Meskipun begitu, kualitas produknya bisa dibilang sudah menandingi produk dari brand internasional.

Salah satu brand lokal tersebut adalah Lacoco. Brand yang didirikan pada tahun 2017 ini dikenal dengan produk-produk kecantikan yang diformulasikan dari bahan-bahan terbaik di alam. Tak hanya itu, Lacoco juga sudah tersertifikasi cruelty free oleh PETA.

Melihat penjualannya di e-commerce, khususnya untuk kategori perawatan wajah, Lacoco telah menembus angka penjualan Rp 1,5 Miliar di awal Februari 2021. Menariknya lagi, berdasarkan angka tersebut Lacoco sudah berhasil mengungguli brand luar yaitu Hada Labo. Bisa dikatakan brand Lacoco ini telah berhasil memenangkan hati masyarakat Indonesia dan sudah sanggup bertanding dengan brand luar.

Brand lokal lainnya yang menunjukkan potensi adalah Wardah. Brand Wardah memang sudah terkenal sebagai pionir kosmetik halal, namun Wardah juga sudah menghadirkan berbagai varian skincare.

Dengan total penjualan di e-commerce sebesar Rp 3,7 Miliar pada awal Februari 2021, brand Wardah melampaui brand luar seperti Cetaphil. Data-data di atas bisa menunjukkan bagaimana brand lokal sudah sebanding bahkan ada potensi lebih lagi dari brand luar.

Produk Terfavorit Lacoco

produk terfavorit lacoco

Kita sudah melihat potensi brand Lacoco di e-commerce. Namun, mungkin Anda penasaran produk apa yang menjadi favorit di e-commerce? Compas mengelompokkannya menjadi tiga kategori dengan penjualan terbesarnya; yaitu masker, serum, dan krim mata.

1. Masker

Kategori ini menempati peringkat pertama dengan mengambil 48,5 persen dari total penjualan atau setara dengan Rp 769 Juta

Untuk produk Lacoco terfavorit di kategori Masker ada Lacoco Watermelon Glow Mask 75ml. Masker ini berfungsi sebagai sleeping mask, atau masker yang digunakan semalaman saat tidur untuk melembabkan dan melindungi wajah selama tidur sehingga saat pagi hari, wajah pun lebih cerah.

2. Serum

Kategori serum berhasil meraup 14,4 persen dari total penjualan di e-commerce atau setara juga dengan Rp 229 Juta.

Produk terfavorit untuk kategori Serum Lacoco adalah Dark Spot Essence yang merupakan essence yang digunakan setiap malam untuk membantu memperbaiki kondisi kulit. Dengan kandungan utama buah mulberry dan licorice yang memiliki antioksidan tinggi serta agen pencerah wajah alami, Dark Spot Essence dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, dan mengurangi tampilan flek hitam.

3. Krim Mata

Di peringkat ketiga, kategori Krim Mata berhasil mencapai total penjualan sebesar Rp 198 Juta atau 12,5 persen dari total sales revenue brand Lacoco di e-commerce.

Intensive Treatment Eye Serum adalah produk terfavorit untuk kategori Krim Mata. Serum ini memiliki konsentrasi tinggi khusus kulit sekitar area mata dengan kandungan utama buah apel yang berfungsi sebagai antioksidan yang membantu mencegah penuaan pada kulit wajah. Eye Serum ini juga kaya akan vitamin A, C dan antioksidan.

Produk Terfavorit Wardah

produk terfavorit wardah

Berbeda dengan Lacoco, tiga kategori dengan penjualan tertinggi untuk brand Wardah jatuh kepada Pelembab, Pembersih, dan Serum Wajah. Apa saja produk-produknya?

1. Pelembab Wajah

Pelembab Wajah dari brand Wardah menempati posisi pertama sebagai kategori skincare dengan sales revenue tertinggi yaitu Rp 1,3 Miliar.

Wardah Lightening Night Cream Advanced Niacinamide menjadi produk terfavorit untuk kategori ini. Krim pelembab malam hari ini hadir dengan tekstur ringan yang tak hanya melembabkan, tapi juga mencerahkan dan menutrisi kulit wajah sepanjang malam. Mengandung Advanced Niacinamide, produk ini dapat bantu mencerahkan kulit dan memberikan perlindungan ekstra terhadap blue light. Produk ini pun dikatakan cocok untuk semua jenis kulit.

2. Pembersih Wajah

Kategori Pembersih Wajah menjadi kategori dengan penjualan tertinggi kedua dengan total penjualan yang tembus Rp 789 Juta dalam dua minggu pertama di Februari 2021.

Lalu, Compas menemukan produk Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel sebagai produk terfavorit pada kategori ini. Produk ini merupakan perawatan intensif untuk kulit berjerawat dengan salicylic acid yang berfungsi membantu mengatasi masalah jerawat dan komedo. Produk ini juga bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati serta mencegah adanya penyumbatan pori dari sebum atau minyak berlebih.

3. Serum Wajah

Di peringkat ketiga ada kategori serum wajah yang berhasil menembus penjualan sebesar Rp 565 Juta.

Untuk produk terfavoritnya ada Wardah White Secret Intense Brightening Essence 17 ml. Serum ini kaya akan bahan aktif pencerah, efektif bekerja pada kulit yang terpigmentasi. Kandungan Silver Vine extractnya berkontribusi terhadap proses transparansi dan pencerahan kulit.

Brand Lacoco dan Wardah telah menunjukan kemampuannya untuk bersaing dengan brand-brand skincare luar. Menarik juga untuk melihat perbedaan kategori dengan penjualan terbesar dari kedua brand tersebut.

Untuk lebih tajam lagi melihat penjualan untuk kategori-kategori kecantikan lainnya, Anda bisa gunakan Compas Quick Report. Dengan harga promo, Anda bisa mendapatkan laporan lengkap untuk kategori pilihan Anda hanya dengan Rp. 50.000. Tunggu apa lagi? Jangan sampai kelewatan promonya!

Baca juga:

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us