Ada Kandungan Mineral Tinggi, Ini dia 10 Merek Air Mineral Terlaris di Marketplace: Pelepas Dahaga, Aqua Masih jadi Pilihan Warga!
Author : Raga Putra Wiwaha
Compas.co.id – Air merupakan salah satu komponen penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Selain makanan, Air mineral juga bisa menjadi asupan mineral bagi tubuh. Faktanya terdapat dua macam air yang bisa dikonsumsi oleh manusia, yaitu air putih dan air mineral. Namun, sekarang banyak air mineral yang dikonsumsi karena diklaim terdapat kandungan kalsium sama seperti susu.
Berdasarkan hal tersebut kini banyak perusahaan bergerak untuk menciptakan produk air mineral yang baik dan tentu kaya akan mineral. Tidak jarang untuk menarik konsumennya banyak brand besar menggunakan strategi marketing yang mereka terapkan.
Salah satunya yang sempat viral belakangan ini yaitu terkait air mineral dari salah satu brand yang diklaim mampu menjadi face mist dan campuran toner, tentunya hal tersebut merupakan sebuah strategi marketing yang diterapkan. lantas bagaimana terkait data penjualan merek air mineral terlaris di marketplace? Brand apa yang jadi favorit untuk pelepas dahaga masyarakat di indonesia?
Pada artikel kali ini, Compas melakukan riset internal tim dengan menggunakan metode online crawling pada Official Store di Shopee dan Blibli. Pada kategori air mineral, terdapat -/+ 246 listing produk di Official Store untuk periode 14-28 Februari 2022. berikut hasilnya, simak daftar top ranknya dibawah ini, yuk!
Top Rank Air Mineral Terlaris di Shopee dan Blibli periode 14-28 Februari 2022
1. Aqua
Siapa yang tidak mengenal Aqua? Mustahil rasanya jika brand ini tidak menghiasi dispenser di rumah.Pada kuartal empat tahun 2019 lalu, Aqua luncurkan kampanye baru yaitu “kebaikan berawal dari sini” kampanye tersebut membuat masyarakat percaya untuk mengkonsumsi Aqua, hasilnya brand ini berada di puncak top rank merek air mineral terlaris dengan memiliki jumlah sales volume sebesar 32.9%,
Lebih dari 45 tahun sudah brand ini hadir, tentu terdapat berbagai macam Strategi marketing yang telah diterapkan, salah satunya yaitu dengan mengadakan campaign,dan melakukan promosi dengan atlet-atlet, hasilnya di marketplace terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Aqua Air Mineral 600 Ml yang berasal dari sumber mata air pilihan, kandungan mineral yang terpelihara dan dikemas dengan proses higienis.
2. VIT
“Lepasin aja” tagline baru vit hadir lebih modern dalam mendekati konsumennya, hasilnya kini brand air mineral ini berhasil menduduki peringkat kedua top rank merek air mineral terlaris dengan memiliki jumlah sales volume 12.5%. dilansir dari tribunnews.com bahwa vit telah mengambil langkah untuk reposisi merek produknya di pasar air yang padat.
Tentu banyak hal yang telah dilakukan vit dalam menjangkau konsumennya yaitu dengan menerapkan strategi marketing seperti melakukan reposisi merek, mengganti target konsumen mendekati anak muda, hingga peluncuran logo baru. Hasilnya, kini terdapat produk terlarisnya di e=commerce pada periode ini yaitu Vit Air Mineral 330 Ml yang diambil dari sumber mata air pegunungan untuk mencukupi kebutuhan air pada tubuh.
3. Le Minerale
“ Kaya ada manis-manisnya gitu” tagline brand ini yang mengantarkan Le minerale mendapat penjualan manis, buktinya kini berhasil menduduki peringkat ketiga dalam top rank air mineral terlaris dengan jumlah sales volume 9.7%
Duduknya Le Minerale di peringkat ketiga tak terlepas dengan berbagai strategi marketing yang mereka terapkan yaitu dengan melakukan kerjasama, mengadakan event besar, diskon produk hingga memasarkan produknya di televisi. hasilnya kini terdapat produk terlarisnya yaitu Le Minerale Galon 15 L yang merupakan air yang memiliki mineral tinggi dan simpel untuk dibawa kemana-mana.
4. Crystalline
Sempat viral karena direview dan dipilih dalam “Battle air mineral kemasan” oleh salah satu selebgram, brand crystalline mampu mengepakkan sayapkan hingga berhasil menduduki peringkat keempat dalam top rank merek air mineral terlaris dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 9.3%.
Terdapat beberapa strategi marketing yang diterapkan brand ini, yaitu diantaranya melakukan giveaway, menjadi sponsor tim olahraga, dan menggunakan selebgram sebagai media promosi. hasilnya terdapat produk terlaris dari brand ini yaitu Crystalline air mineral cup 220 Ml yang merupakan berasal dari pegunungan yang mengandung mineral dengan PH- untuk menjaga fungsi organ tubuh.
5. Prim-a
Selanjutnya, di urutan kelima terdapat brand Prim-a yang berhasil menduduki daftar top rank air mineral terlaris dengan memiliki jumlah sales volume mencapai 8.5%. Prim-a merupakan brand yang diciptakan perusahaan teh yaitu PT. Sinar sosro, yang memiliki tagline “segarkan semangat” yang sesuai dengan target pasaran mereka.
salah satu target marketing yang mereka terapkan yaitu dengan rutin memberikan edukasi kesehatan di laman instagram dan mengadakan kuis berhadiah, hasilnya yaitu terdapat produk terlaris salah satunya Prim-a Air Mineral 600 Ml yang terbuat dari air pilihan dengan kesegaran alami yang bisa membuat badan fit dan terjaga dari dehidrasi.
6. Equil
Di Urutan keenam, Equil berhasil menduduki daftar top rank dengan merek air mineral terlaris memiliki jumlah sales volume sales volume 4.9%. Brand air mineral ini lokal merupakan brand yang sudah go international, dilansir dari liputan6.com Produk ini mendapatkan tempat di pasar Eropa dan di hati masyarakat kelas atas, karena kualitas yang dimilikinya terbukti baik.
Salah produk terlarisnya dalam kategori air mineral ini yaitu Equil Natural Mineral Water 380 Ml yang memiliki kemasan unik yaitu dengan dibalut kaca, tekstur dari quil ini juga lembutdan memiliki rasa yang segar.
7. Ron88
Selanjutnya di peringkat ketujuh, terdapat brand Ron 88 yang berhasil menduduki daftar top rank merek air mineral terlaris dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 2.9%. dilansir dari laman website News.Detik.com Ron88 telah mendapatkan kepercayaan masyarakat luas dengan mendapatkan penghargaan super brand pada tahun 2010-2011.
Dibalik kesuksesannya mendapat penghargaan terdapat beberapa strategi marketing yang sering mereka lakukan diantaranya, melakukan event dan menjadi sponsor beberapa acara hingga mengedukasi terkait pentingya asupan air mineral bagi tubuh. Hasilnya terdapat produk terlaris yaitu Botol Elite Natural 380 Ml
8. Nestle
Siapa yang tidak mengenal Nestle? Rasanya kali mendengar brand ini pikiran langsung membayangkan produk susu beruangnya, namun tak hanya itu ternyata Nestle juga sukses dengan produk air mineral,terbukti dengan menempati peringkat ketujuh top rank air mineral terlaris dengan memiliki jumlah sales volume hingga 2.7%
Dibalik besarnya brand nestle, terdapat beberapa kegiatan marketing yang mereka lakukan salah satunya yaitu dengan menjalin kerjasama dengan menjadi sponsor, membuat acara podcast, hingga mengiklankan produknya di beberapa platform. salah satu produk terlarisnya kini Nestle Air Mineral 1500 Ml yang terbuat dari mata air pegunungan yang diproses secara higienis.
9. Oasis
Berasal dari mata air ciburial jawa barat, oasis berhasil menduduki peringkat kesembilan dalam top rank merek air mineral terlaris dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 2.3%. dilansir dari laman website resminya oasis menyediakan akses air bersih untuk masyarakat indonesia.
Tak lupa juga, oasis menerapkan beberapa strategi marketing untuk menjangkau para konsumennya yaitu dengan menjadi sponsorship salah satu klub sepakbola indonesia dan rutin melakukan diskon produk. salah satu produk terlarisnya kini yaitu Oasis Galon 19 L yang merupakan air berasal dari sumber pegunungan dan diolah secara bersih.
10. Fruters Station
Daftar top rank merek Air mineral terlaris pada periode ini ditutup dengan brand Fruters Station dengan memiliki sales volume 2.1%. brand yang merupakan penyedia minuman berkualitas yang bagus untuk memberi dampak baik bagi tubuh.
Berdasarkan pantauan Compas, pada laman instagram resminya mereka melakukan kegiatan marketing diantaranya yaitu mengadakan diskon produk, hingga mengadakan kuis berhadiah untuk menarik konsumennya. hasilnya pada kategori ini berhasil menjual produk terlarisnya yaitu Coconut waters 500 Ml
Baca Juga : Kopi apa yang Paling Banyak Diseruput? Intip 7 Data Penjualan Brand Kopi Terlaris 2022 di Marketplace
Kesimpulan
Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa merek air mineral terlaris dalam pasar air mineral khususnya di indonesia masih dikuasai brand Aqua, artinya Aqua masih menjadi kepercayaan masyarakat indonesia untuk menyegarkan dan memberikan mineral yang baik untuk tubuh. salah satu bentuk strategi marketing yang paling hebatnya yaitu menjadi sponsorship. hal tersebut bisa kamu ikuti dan terapkan pada brand-brand kamu.
Fakta menarik lainnya, banyak brand air mineral yang mengubah logo,tagline hingga kemasan produknya agar bisa bersaing di pasar air mineral khususnya, hal tersebut dilakukan oleh brand VIT hingga Crystalline, artinya kebanyakan konsumen menilai suatu produk dengan bentuk kemasan menarik walaupun rasanya sama saja.
Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.
Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! Kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!
Source : Dashboard compas.co.id Kategori F&B