Melihat Data Penjualan Merek Air Mineral Paling Laris di E-Commerce: Produk Kemasan Botol Masih jadi favorit !
Author: Raga Putra Wiwaha
Compas.co.id – Air merupakan salah satu komponen penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Selain makanan, Air mineral juga bisa menjadi asupan mineral bagi tubuh. Faktanya terdapat dua macam air yang bisa dikonsumsi oleh manusia, yaitu air putih dan air mineral. Namun, sekarang banyak air mineral yang dikonsumsi karena diklaim terdapat kandungan kalsium sama seperti susu.
Salah satunya yang sempat viral belakangan ini yaitu terkait air mineral dari salah satu brand yang diklaim mampu menjadi face mist dan campuran toner, tentunya hal tersebut merupakan sebuah strategi marketing yang diterapkan.
Berkaitan dengan hal tersebut,bagaimana terkait data penjualan merek air mineral paling laris di marketplace? Brand apa yang jadi favorit untuk pelepas dahaga masyarakat di indonesia? Pada artikel ini, Compas telah melakukan riset internal tim dari metode online crawling di Tokopedia. Pada kategori Air Mineral, terdapat -/+ 2937 listing produk di Official Store dan Non-Official Store untuk periode 16-30 April 2022. langsung saja simak yuk artikelnya !
Data Penjualan Merek Air Mineral Paling Laris di Tokopedia Periode 16-31 April 2022
1. Aqua
Siapa yang tidak mengenal Aqua? Mustahil rasanya jika brand ini tidak menghiasi dispenser di rumah.Pada kuartal empat tahun 2019 lalu, Aqua luncurkan kampanye baru yaitu “kebaikan berawal dari sini” kampanye tersebut membuat masyarakat percaya untuk mengkonsumsi Aqua, hasilnya brand ini berada di puncak top rank air mineral terlaris dengan memiliki jumlah sales volume sebesar 21,2%
Lebih dari 45 tahun sudah brand ini hadir, tentu terdapat berbagai macam Strategi marketing yang telah diterapkan, salah satunya yaitu dengan mengadakan campaign,dan melakukan promosi dengan atlet-atlet, hasilnya di marketplace terdapat salah produk terlarisnya yaitu Aqua Reflection Still 380ml
2. Cleo
Selanjutnya, Brand Lokal Cleo Berhasil menduduki daftar top brand data penjualan air mineral dengan memiliki jumlah sales volume sebesar 16,2%. Didirikan oleh Hermanto Tanoko, dilansir dari laman website kumparan.com perjalanan hidup seorang hermanto sangat berliku, sudah mengalami pahitnya hidup dan kini sukses merambah dunia bisnis.
Dibalik suksesnya Cleo menduduki peringkat kedua, tak terlepas dari beberapa strategi marketing yang telah diterapkan. Seperti giveaway, campaign menarik hingga menjadi sponsor pada beberapa acar. Hasilnya kini terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Cleo Air Mineral 220 ml
3. Le Minerale
“Kaya ada manis-manisnya gitu” tagline brand ini yang mengantarkan Le minerale mendapat penjualan manis, buktinya kini berhasil menduduki peringkat ketiga dalam top rank air mineral terlaris dengan sales volume 14,3%.
Duduknya Le Minerale di peringkat ketiga tak terlepas dengan berbagai strategi marketing yang mereka terapkan yaitu dengan melakukan kerjasama, mengadakan event besar, diskon produk hingga memasarkan produknya di televisi. hasilnya kini terdapat produk terlarisnya yaitu Le Minerale – Air Mineral Galon 15 L
4. Pristine
Brand lokal, dibawah naungan Pt Sinar mas berhasil menduduki peringkat keempat yaitu Pristine dengan memiliki jumlah sales volume sebanyak 6,8%. Dilansir dari laman website Sinarmas.com Brand ini diluncurkan dengan melihat pasar kesehatan yang sedang diminati di indonesia belakangan ini, terlebih dibalut dengan konsep jepang yang kini digandrungi oleh kalangan muda.
Dalam mendekatkan diri dengan konsumen, Pristine turut melakukan strategi marketing seperti hasil pantauan Compas, dengan melakukan giveaway, campaign menarik hingga challenge berhadiah. Hasilnya kini terdapat salah satu produk terlarisnya dalam kategori ini yaitu Pristine Water 8 24 x 400 ml
5. Ron 88
Selanjutnya di peringkat ketujuh, terdapat brand Ron 88 yang berhasil menduduki daftar top rank dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 4,6%. dilansir dari laman website News.Detik.com Ron88 telah mendapatkan kepercayaan masyarakat luas dengan mendapatkan penghargaan super brand pada tahun 2010-2011.
Dibalik kesuksesannya mendapat penghargaan terdapat beberapa strategi marketing yang sering mereka lakukan diantaranya, melakukan event dan menjadi sponsor beberapa acara hingga mengedukasi terkait pentingya asupan air mineral bagi tubuh. Hasilnya terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu air galon RON 19 liter
6. Crystaline
Sempat viral karena direview dan dipilih dalam “Battle air mineral kemasan” oleh salah satu selebgram, brand crystalline mampu mengepakkan sayapnya hingga berhasil menduduki peringkat keenam dalam data penjualan merek air mineral dengan memiliki jumlah sales volume 4,5%.
Terdapat beberapa strategi marketing yang diterapkan brand ini, yaitu diantaranya melakukan giveaway, menjadi sponsor tim olahraga, dan menggunakan selebgram sebagai media promosi Hasilnya terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Crystalline Air Mineral Water Gelas.
7. Perfect
Selanjutya, Di Posisi ketujuh brand Perfect berhasil menduduki daftar top rank air mineral terlaris dengan memiliki jumlah sales volume hingga 4,1%. Dilansir dari laman website Blibli.com Perfect merupakan salah satu merek air mineral dengan memiliki Ph tinggi yaitu 9.5.
Berdasarkan pantauan tim Compas, Brand ini turut melakukan strategi marketing di laman media sosial instagramnya seperti melakukan edukasi terkait hidup sehat dengan mengkonsumsi air mineral yang baik. Hasilnya kini terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu air galon Perfect alkaline
8. Nestle
Siapa yang tidak mengenal Nestle? Rasanya kali mendengar brand ini pikiran langsung membayangkan produk susu beruangnya, namun tak hanya itu ternyata Nestle juga sukses dengan produk air mineral,terbukti dengan menempati peringkat ketujuh top rank air mineral terlaris dengan memiliki jumlah sales volume hingga sales volume 4,9%.
Dibalik besarnya brand nestle, terdapat beberapa kegiatan marketing yang mereka lakukan salah satunya yaitu dengan menjalin kerjasama dengan menjadi sponsor, membuat acara podcast, hingga mengiklankan produknya di beberapa platform. Produk terlarisnya yaitu Air Mineral Nestle Pure Life 330ml
9. Zam Zam
Di Peringkat kesembilan Zam Zam berhasil menduduki daftar top rank air mineral terlaris dengan memiliki jumlah sales volume yaitu 3,2%. Dalam kategori ini terdapat salah satu produk terlarisnya yaitu Air Zam Zam Zamzam Asli 80 ml
10. Amidis
Daftar top rank air mineral terlaris pada periode ini ditutup dengan brand Amidis dengan memiliki jumlah Sales Volume 2,3%. Dalam kategori ini Amidis memiliki salah satu produk terlarisnya yaitu Amidis Botol 1500ml
Kesimpulan
Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa Aqua masih menjadi favorit bagi banyak orang dalam kategori merek air mineral paling laris hingga kini, fakta menarik lainnya yang berhasil ditemui tim Compas yaitu Produk kemasan Botol dan galon lebih banyak diminati oleh orang. hal tersebut bisa menjadi referensi kamu dalam memulai bisnis air mineral di platform E-commerce.
Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu sekarang? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.
Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!
Source: Dashboard Compas Kategori F&B