meningkatkan penjualan di tokopedia

Deretan Tips Jitu Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Author : Amelia Nur Fauziah

Berhasil menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia berkembang sangat pesat dalam waktu ke waktu. Adanya Tokopedia juga membantu berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia melalui toko-toko online terpercaya.

Di tahun 2019, Tokopedia tercatat telah mencapai hingga 70% dari nilai penjualan sebelumnya, yaitu dengan kenaikan  2.7 juta penjualan.  Angka tersebut menunjukkan besarnya potensi bisnis yang ditawarkan marketplace untuk para pebisnis. Berikut deretan tips meningkatkan penjualan di Tokopedia buat kamu!

Sebagai seorang pebisnis, peluang bisnis untuk memasarkan produk secara online sangat tinggi. Oleh karena itu, simak deretan tips meningkatkan penjualan di tokopedia berikut ini:

Tips Menjual Produk Secara Online di Tokopedia

Tampilan Produk Menarik

Untuk dapat memaksimalkan promosi dan penjualan brand kamu, maka optimasi produk di tokopedia sangat diperlukan. Kamu dapat mengatur konten agar lebih rapi, menambah konten agar lebih lengkap, dan membuat konten yang menarik sehingga meningkatkan minat pembeli.

Juga perlu mempertimbangkan tampilan foto produk, nama produk, deskripsi produk, dll, untuk memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen dan meningkatkan penjualan di Tokopedia.

Baca juga : Strategi e-Commerce 2021 untuk Kembangkan Bisnis Online Anda

Optimasi Fitur TopAds

TopAds merupakan fitur iklan yang ditawarkan oleh Tokopedia agar dapat dilihat dan berpotensi meningkatkan transaksi. TopAds dibagi menjadi empat pilihan, yaitu Iklan Toko, Iklan Produk, Kata Kunci, dan Headline.

Kamu bisa memanfaatkan kombinasi fitur tersebut dan media sosial untuk memasarkan brand atau toko di Tokopedia. Alhasil, toko dan produk kamu berpotensi untuk meraih pasar lebih besar dan meningkatkan potensial konsumen.

Optimasi Deskripsi Produk

Tampilkan deskripsi produk yang lengkap dan informatif, agar pembeli merasa tercukupi akan kebutuhan informasinya sebelum membeli produk kamu. Oleh karena itu, penulisan deskripsi produk yang lengkap dan relevan menjadi nilai tambah penting dalam menjual produk.

Dalam berjualan online, deskripsi produk yang Anda sediakan mampu memberikan narasi terhadap calon konsumen. Produk Anda akan dinilai jelas dan terpercaya jika kombinasi foto produk dan deskripsinya sudah tepat.

Repeat Business

Tips meningkatkan penjualan di Tokopedia selanjutnya ialah dengan membangun kepercayaan para customer. Kepercayaan customer menjadi hal penting selain hasil omset itu sendiri.

Akan tetapi, banyak para pebisnis yang hanya fokus pada pelanggan baru dan mengabaikan untuk mempertahankan pelanggan lama. 

Salah satu cara meningkatkan angka penjualan di Tokopedia, kamu bisa menerapkan repeat business dengan mendorong pelanggan untuk bergabung dan daftar email.

Bisa juga dengan memberikan promo bagi mereka yang sudah order lebih dari sekali, atau berikan kode promo setelah pembelian pertama, agar kode promo tersebut mendorong para pembeli untuk membeli produk kamu lagi. 

Jadilah Power Merchant

Fitur Power Merchant merupakan fitur eksklusif Tokopedia yang bisa diakses oleh semua seller. Tersedia fitur yang bisa Anda gunakan, seperti wawasan pasar, promosi broadcast chat, bebas ongkir, serta dekorasi toko.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan 200 toko. Pada saat yang sama, pedagang biasa hanya bisa mendapatkan 10 etalase. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengatur kategori produk sehingga calon pembeli dapat dengan mudah menemukan produk yang mereka cari.

Optimasi Search Engine

Beriring perkembangan teknologi, Google kini menjadi kunci utama bagi masyarakat dalam melakukan pencarian barang di marketplace. Kondisi ini terjadi karena integrasi data yang ditampilkan pada halaman web Google berdasarkan kata kunci.

Dengan demikian, kamu bisa melakukan optimasi terhadap search engine ini dalam menjual barang di marketplace. Optimasi ini dilakukan untuk memilih kata kunci khususnya dalam menentukan barang yang akan kamu jual. Semakin tepat kata kunci yang digunakan, semakin tinggi potensi angka penjualan produk.

Fast Response Seller

Dalam menjual barang di marketplace, pelayanan konsumen menjadi hal penting yang dapat berdampak besar terhadap keberlangsungan sebuah bisnis.

Sebagai penjual yang pandai dalam komunikasi dan respon yang cepat dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen.

Hal ini juga terkait dengan karakter masyarakat Indonesia yang sangat pemilih dalam berbelanja online. Oleh karena itu, respon cepat menjadi penting bagi pembeli untuk mengambil keputusan ketika memutuskan untuk membeli.

Kontribusi Data Aktual dalam Penjualan Brand di Tokopedia

Kontribusi Data Aktual dalam Penjualan Brand di Tokopedia

Dalam menjalankan suatu bisnis online, kamu membutuhkan data untuk memahami target pasar dan kompetitor. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pergerakan bisnis yang sedang kamu jalankan, serta inovasi apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan banyak konsumen. 

Kamu bisa mengetahui sejauh mana pergerakan atau posisi brand mu dengan performance tracking yang tersedia di Compas. Selain itu Compas dashboard juga menyediakan data akurat dari penjualan produk untuk memantau ranking tokomu, hingga ranking kategori produk yang kamu jual.

Melalui data yang ada pada Compas, kamu dapat mengetahui toko-toko kompetitor dengan transaksi tertinggi di kategori produk yang kamu jual pada bagian Peringkat kompetitor.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui bagaimana performa kompetitor yang akan memberikan kamu inovasi terbaru.

Data yang disediakan Compas mengenai produk yang banyak dicari dan dibeli konsumen dalam website e-commerce yang kemudian bisa kamu analisis untuk memaksimalkan strategi konversi penjualan.

Saat konsumen mengunjungi website e-commerce, mereka tidak hanya berniat untuk langsung berbelanja, tapi juga mencari product insight yang benar-benar mereka butuhkan.

Melalui data, Anda sebagai pedagang di e-commerce, dapat memberikan rekomendasi produk atau menghasilkan produk yang memenuhi minat konsumen.

Optimasi Strategi Marketing dengan Menggunakan Data Insight

optimasi strategi marketing

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia selanjutnya ialah dengan menggunakan data aktual penjualan produk. Fungsi data aktual ialah untuk membangun strategi marketing yang tepat dan membantu meningkatkan pendapatan bisnis online Anda.

Adanya data juga dapat membuat kamu menjadi mudah untuk merencanakan strategi dalam menjual produk. Semakin banyak bisnis yang menggunakan data dan analitik, semakin besar pula perkembangan bisnis dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggan.

Data memungkinkan bisnis kamu untuk membuat analitik prediktif berbasis kebijakan untuk mengenali klien atau target pasar dalam kurun waktu tertentu. Pengambilan keputusan pada data pelanggan akan sangat kuat bagi bisnis untuk mengadopsi dan bereaksi terhadap kebutuhan dan tren pelanggan secara real-time.

Compas Quick Report menyediakan data riwayat penjualan suatu kategori produk di marketplace. Data tersebut berperan penting dalam menentukkan langkah bisnis kedepannya agar sesuai dengan target pasar. 

Bermodal data dari Compas QR ini, Anda bisa meninjau produk dan brand mana yang menguasai marketplace pada kurun waktu tertentu. Sehingga, membantu menyesuaikan performa bisnis Anda demi menguasai potensial konsumen di Tokopedia. 

Anda sudah bisa mendapatkan data riset penjualan suatu kategori di marketplace melalui Compas QR. Kuasai penjualan di Tokopedia dengan Rp50 ribu saja!

Baca juga :

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

1 Comment

Leave a Comment