meningkatkan penjualan di tokopedia

Deretan Tips Jitu Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Author : Amelia Nur Fauziah

Tokopedia merupakan  salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia, Tokopedia menyediakan seluruh kebutuhan keluarga Indonesia dengan berbagai toko online terpercaya.

Di tahun 2019, Tokopedia tercatat telah mencapai hingga 70% dari nilai penjualan sebelumya, yaitu dengan kenaikan  2.7 juta penjualan.  Hal ini membuktikan bahwa e-commerce Tokopedia mampu memposisikan merchantnya dengan baik kepada seluruh target market.

Sebagai pebisnis, peluang bisnis online dengan memasarkan produk sangatlah tinggi dari penjualan melalui marketplace di Tokopedia. Oleh karena itu, simak deretan tips meningkatkan penjualan di tokopedia berikut ini:

Tips Menjual Produk Secara Online di Tokopedia

1. Tampilan Produk Menarik

Untuk dapat memaksimalkan promosi dan penjualan brand kamu, maka optimasi produk di tokopedia sangat diperlukan. Kamu dapat mengatur konten agar lebih rapi, menambah konten agar lebih lengkap, dan membuat konten yang menarik sehingga meningkatkan minat pembeli.

Tampilan seperti foto produk, nama produk, deskripsi produk juga perlu diperhatikan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen dan dapat meningkatkan penjualan di Tokopedia.

Baca juga : Strategi e-Commerce 2021 untuk Kembangkan Bisnis Online Anda

2. Optimasi Fitur TopAds

TopAds merupakan fitur iklan yang ditawarkan oleh Tokopedia agar dapat dilihat dan berpotensi meningkatkan transaksi. TopAds dibagi menjadi empat pilihan, yaitu Iklan Toko, Iklan Produk, Kata Kunci, dan Headline.

Dengan menggunakan fitur tersebut, kamu bisa promosi di Tokopedia dan di media sosial. Dengan begitu, toko dan produk kamu berpotensi untuk dilihat serta dibeli oleh lebih banyak pembeli potensial.

3. Optimasi Deskripsi Produk

Kelengkapan deskripsi produk menjadi salah satu hal yang diperhitungkan dalam berbelanja online, pasalnya, dalam belanja online calon pembeli online hanya dapat melihat gambar ataupun video yang disajikan.

Jadi dengan penulisan deskripsi produk yang lengkap dan relevan menjadi nilai tambah yang cukup penting dalam menjual produk.

Dalam melakukan jual beli online, sebuah tulisan yang ditulis mampu memberikan narasi terhadap calon pembeli sehingga calon pembeli mampu tertarik dari tulisan yang kita narasikan dalam deskripsi produk.

4. Repeat Business

Tips meningkatkan penjualan di Tokopedia selanjutnya ialah dengan membangun kepercayaan para customer. Kepercayaan customer menjadi hal penting selain hasil omset itu sendiri.

Akan tetapi, banyak para pebisnis yang hanya fokus pada pelanggan baru dan mengabaikan untuk mempertahankan pelanggan lama. 

Salah satu cara meningkatkan angka penjualan di Tokopedia, kamu bisa menerapkan repeat business dengan mendorong pelanggan untuk bergabung dan daftar email.

Bisa juga dengan memberikan promo bagi mereka yang sudah order lebih dari sekali, atau berikan kode promo setelah pembelian pertama, agar kode promo tersebut mendorong para pembeli untuk membeli produk kamu lagi. 

5. Jadilah Power Merchant

Banyak fitur-fitur eksklusif yang hanya bisa diakses oleh power merchant, gold merchant, maupun official store. Fitur tersebut meliputi fitur wawasan pasar, bebas ongkir, promosi broadcast chat, dekorasi toko, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan etalase toko sebanyak 200 etalase. Sementara regular Merchant hanya mendapatkan 10 etalase toko saja.

Dengan fitur ini kamu dapat mengatur kategorisasi produk agar calon pembeli dapat dengan mudah menemukan produk yang dicari.

6. Optimasi Search Engine

Dalam mencari berbagai hal di internet, google menjadi jendela bagi berbagai macam pencarian termasuk mencari barang di marketplace, hal tersebut bisa terjadi karena integrasi data yang memungkinkan suatu web tampil di laman utama google dengan melakukan analisis popularitas kata kunci.

Dengan begitu. hal tersebut juga berlaku dalam menjual barang di marketplace, dengan mengoptimalkan pemilihan dan variasi kata kunci, barang yang dijual akan lebih mudah ditemukan dalam laman google maupun tokopedia, jadi dengan demikian dengan memilih kata kunci yang tepat dan variatif, kita dapat memaksimalkan peluang lapak berjualan kita untuk disinggahi.

7. Fast Response Seller

Dalam menjual barang di marketplace, pelayanan konsumen menjadi hal penting yang dapat berdampak besar terhadap keberlangsungan sebuah bisnis. Menjadi seller yang komunikatif dan fast response dapat menjadi nilai tambah tersendiri bagi para konsumen.

Hal tersebut juga berhubungan dengan karakter masyarakat Indonesia yang terbilang kritis dalam berbelanja online. Oleh karena itu, fast response menjadi hal yang penting bagi pembeli untuk membuat keputusan dalam menentukan pembelian.

Kontribusi Data Aktual dalam Penjualan Brand di Tokopedia

Kontribusi Data Aktual dalam Penjualan Brand di Tokopedia

Dalam menjalankan suatu bisnis online, kamu membutuhkan data untuk memahami target pasar dan kompetitor. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pergerakan bisnis yang sedang kamu jalankan, serta inovasi apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan banyak konsumen. 

Kamu bisa mengetahui sejauh mana pergerakan atau posisi brand mu dengan performance tracking yang tersedia di Compas. Selain itu Compas dashboard juga menyediakan data akurat dari penjualan produk untuk memantau ranking tokomu, hingga ranking kategori produk yang kamu jual.

Melalui data yang ada pada Compas, kamu dapat mengetahui toko-toko kompetitor dengan transaksi tertinggi di kategori produk yang kamu jual pada bagian Peringkat kompetitor.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui bagaimana performa kompetitor yang akan memberikan kamu inovasi terbaru.

Data yang disediakan Compas mengenai produk yang banyak dicari dan dibeli konsumen dalam website e-commerce yang kemudian bisa kamu analisis untuk memaksimalkan strategi konversi penjualan.

Saat konsumen mengunjungi website e-commerce, mereka tidak hanya berniat untuk langsung berbelanja, tapi juga mencari product insight yang benar-benar mereka butuhkan.

Dengan data, kamu sebagai pebisnis di e-commerce dapat memberikan rekomendasi produk atau memproduksi barang yang sesuai dengan minat konsumen berdasarkan histori pencarian.

Optimasi Strategi Marketing dengan Menggunakan Data Insight

optimasi strategi marketing

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia selanjutnya ialah dengan menggunakan data aktual penjualan produk. Fungsi data aktual ialah untuk membangun strategi marketing yang tepat dan membantu meningkatkan pendapatan bisnis online Anda.

Adanya data juga dapat membuat kamu menjadi mudah untuk merencanakan strategi dalam menjual produk. Semakin banyak bisnis yang menggunakan data dan analitik, semakin besar pula perkembangan bisnis dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggan.

Data memungkinkan bisnis kamu untuk membuat analitik prediktif berbasis kebijakan untuk mengenali klien atau target pasar dalam kurun waktu tertentu. Pengambilan keputusan pada data pelanggan akan sangat kuat bagi bisnis untuk mengadopsi dan bereaksi terhadap kebutuhan dan tren pelanggan secara real-time.

Data aktual juga membantu kamu memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh tren pasar maupun target pasar kamu saat ini. Dengan begitu, kamu dapat mengoptimalkan dan meningkatkan penjualan  di tokopedia setelah memahami data pada Compas dengan membuat beberapa inovasi terbaik.

Baca juga :


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

1 Comment

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us