meningkatkan penjualan di tokopedia

Deretan Tips Jitu Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Tokopedia merupakan  salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia, Tokopedia menyediakan seluruh kebutuhan keluarga Indonesia dengan berbagai toko online terpercaya.

Tidak hanya itu, Tokopedia menyadari akan tren dan tantangan besar marketplace yang berkembang seiring dengan kebutuhan digital masyarakat. Hingga saat ini, Tokopedia telah merekrut 4659 merchants dan 44785 members. 

Di tahun 2019, Tokopedia tercatat telah mencapai hingga 70% dari nilai penjualan sebelumya, yaitu dengan kenaikan  2.7 juta penjualan.  Hal ini membuktikan bahwa e-commerce Tokopedia mampu memposisikan merchantnya dengan baik kepada seluruh target market.

Sebagai pebisnis, peluang dalam mendapatkan market share dan memasarkan produk sangatlah tinggi dari penjualan melalui marketplace di Tokopedia. Oleh karena itu, simak deretan tips meningkatkan penjualan di tokopedia berikut ini:

Tips Menjual Produk Secara Online di Tokopedia

1. Repeat Business

Tips meningkatkan penjualan di Tokopedia yang pertama ialah dengan membangun kepercayaan para customer. Kepercayaan customer menjadi hal penting selain hasil omset itu sendiri. Akan tetapi, banyak para pebisnis yang hanya fokus pada pelanggan baru dan mengabaikan untuk mempertahankan pelanggan lama. 

Salah satu cara meningkatkan angka penjualan di Tokopedia, kamu bisa menerapkan repeat business dengan mendorong pelanggan untuk bergabung dan daftar email.

Bisa juga dengan memberikan promo bagi mereka yang sudah order lebih dari sekali, atau berikan kode promo setelah pembelian pertama, agar kode promo tersebut mendorong para pembeli untuk membeli produk kamu lagi. 

2. Jadilah Power Merchant

Banyak fitur-fitur eksklusif yang hanya bisa diakses oleh power merchant, gold merchant, maupun official store. Fitur tersebut meliputi fitur wawasan pasar, bebas ongkir, promosi broadcast chat, dekorasi toko, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan etalase toko sebanyak 200 etalase. Sementara regular Merchant hanya mendapatkan 10 etalase toko saja. Dengan fitur ini kamu dapat mengatur kategorisasi produk agar calon pembeli dapat dengan mudah menemukan produk yang dicari.

3. Tampilan Produk Menarik

Untuk dapat memaksimalkan promosi dan penjualan brand kamu, maka optimasi toko sangat diperlukan. Kamu dapat mengatur konten agar lebih rapi, menambah konten agar lebih lengkap, dan membuat konten yang menarik sehingga meningkatkan minat pembeli.

Tampilan seperti foto produk, nama produk, deskripsi produk juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan angka penjualan di Tokopedia.

4. Optimasi Fitur TopAds

TopAds merupakan fitur iklan yang ditawarkan oleh Tokopedia agar dapat dilihat dan berpotensi meningkatkan transaksi. TopAds dibagi menjadi empat pilihan, yaitu Iklan Toko, Iklan Produk, Kata Kunci, dan Headline.

Dengan menggunakan fitur tersebut, kamu bisa promosi di Tokopedia dan di media sosial. Dengan begitu, toko dan produk kamu berpotensi untuk dilihat serta dibeli oleh lebih banyak pembeli potensial.

Baca juga :

Kontribusi Data Aktual dalam Penjualan Brand di Tokopedia

Kontribusi Data Aktual dalam Penjualan Brand di Tokopedia

Dalam menjalankan suatu bisnis online, kamu membutuhkan data untuk memahami target pasar dan kompetitor. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pergerakan bisnis yang sedang kamu jalankan, serta inovasi apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan banyak konsumen. 

Kamu bisa mengetahui sejauh mana pergerakan atau posisi brand mu dengan performance tracking yang tersedia di Compas. Selain itu Compas dashboard juga menyediakan data akurat dari penjualan produk untuk memantau ranking tokomu, hingga ranking kategori produk yang kamu jual.

Di dunia e-commerce, data aktual memegang peran penting untuk menganalisis konsumen, operasional, potensi pasar, hingga inovasi produk agar toko online mu terus berkembang. Pengolahan data yang tepat akan memberikan akurasi yang tinggi untuk memprediksi tren pasar.

Melalui data yang ada pada Compas, kamu dapat mengetahui toko-toko kompetitor dengan transaksi tertinggi di kategori produk yang kamu jual pada bagian Peringkat kompetitor. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui bagaimana performa kompetitor yang akan memberikan kamu inovasi terbaru.

Data yang disediakan Compas mengenai produk yang banyak dicari dan dibeli konsumen dalam website e-commerce yang kemudian bisa kamu analisis untuk memaksimalkan strategi konversi penjualan.

Saat konsumen mengunjungi website e-commerce, mereka tidak hanya berniat untuk langsung berbelanja, tapi juga mencari product insight yang benar-benar mereka butuhkan.

Dengan data, kamu sebagai pebisnis di e-commerce dapat memberikan rekomendasi produk atau memproduksi barang yang sesuai dengan minat konsumen berdasarkan histori pencarian.

Optimasi Strategi Marketing dengan Menggunakan Data Insight

optimasi strategi marketing

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia selanjutnya ialah dengan menggunakan data aktual penjualan produk. Fungsi data aktual ialah untuk membangun strategi marketing yang tepat dan membantu meningkatkan pendapatan bisnis online Anda. Adanya data juga dapat membuat kamu menjadi mudah untuk merencanakan strategi dalam menjual produk.

Semakin banyak bisnis yang menggunakan data dan analitik, semakin besar pula perkembangan bisnis dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggan. Data memungkinkan bisnis kamu untuk membuat analitik prediktif berbasis kebijakan untuk mengenali klien atau target pasar dalam kurun waktu tertentu.

Kunci utama untuk menggunakan data dalam strategi marketing adalah memberikan sesuatu yang lebih pribadi atau spesifik. Semakin banyak iklan dan penawaran yang dipersonalisasi untuk pelanggan tertentu, semakin besar kemungkinan mereka melakukan pembelian.

Ketika pelanggan menerima lebih banyak penawaran khusus, sebuah bisnis dapat melihat peningkatan penjualan dan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi. Pengambilan keputusan pada data pelanggan akan sangat kuat bagi bisnis untuk mengadopsi dan bereaksi terhadap kebutuhan dan tren pelanggan secara real-time.

Data pada Dashboard Compas membantu kamu memahami posisi nyata produk mu di e-commerce, serta performa toko-toko kompetitor. Data aktual juga membantu kamu memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh tren pasar maupun target pasar kamu saat ini.

Dengan begitu, kamu dapat mengoptimalkan penjualan setelah memahami data pada Compas dengan membuat beberapa inovasi terbaik.


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Insight Now

Related Post

1 Comment

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us