Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee

Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee Bermodal Data Insight!

Shopee menjadi salah satu marketplace terbesar di dunia, khususnya Indonesia. Tak hanya di kalangan pembeli, popularitas Shopee di kalangan para penjual pun kerap meningkat. Dengan persaingan yang semakin ketat, penjual pun perlu mencari cara terbaik untuk meningkatkan penjualan di Shopee.

Penting bagi para penjual atau pemilik toko online untuk menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Misalnya dengan melakukan riset mengenai apa yang banyak dibutuhkan para konsumen melalui analisis pasar.

Kamu juga bisa meningkatkan penjualan di Shopee dan mengalahkan kompetitor di marketplace dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Mengukur Target Market & Riset Produk di Shopee

Tips meningkatkan penjualan produk di Shopee yang pertama dengan memahami dan mengukur target pasar dan riset produk Shopee, sehingga penjual dapat menggambar peta khusus target pasar Shopee karena tidak semua produk yang dijual oleh penjual memiliki target pasar yang benar. Penjualan online di Shopee harus bisa membuat peta khusus dan melihat potensi penjualan produknya.

Jika target pasarnya kecil, maka tentunya penjual harus melakukan strategi khusus karena adanya persaingan yang sangat ketat. Karenanya, mengetahui market share Shopee sangat penting untuk mengetahui potensi penjualan produk dengan menyesuaikan kondisi permintaan konsumen. 

Baca juga : Faktor Penting yang Mempengaruhi Penjualan di E-Commerce

2. Optimalkan Fitur-Fitur Shopee

Seperti adanya fitur untuk memudahkan konsumen, Shopee juga menyediakan beberapa fitur yang dapat membantu para penjual. berikut ini fitur yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan di shopee.

  • Push Produk Secara Berkala 

Shopee menyediakan fitur push yang sering disebut dengan fitur sulap dimana fitur ini mendorong produk yang kamu jual. Produk push tersebut bisa berada di bagian atas halaman pencarian atau bahkan di beranda.

Shopee juga telah menyediakan bidang untuk menuliskan deskripsi produk karena sangat penting dalam membantu konsumen ketika ingin membeli produk tersebut. Sehingga, konsumen akan mudah mengetahui seputar produk karena deskripsi produk yang tersedia. 

  • Fitur Harga Promo  

Shopee memiliki sejumlah program promosi, seperti diskon Rp30.000 dengan minimal pembelian Rp70.000. Ini adalah salah satu cara yang menarik pembeli saat berbelanja di toko dengan harga termurah. Sama seperti di mall yang kerap memberlakukan diskon besar-besaran.

Selain itu, beriklan di Shopee juga gratis. Iklan gratis ini dirancang untuk mendekati item yang kamu jual dan beli.

Iklan Shopee juga dikenal mudah viral karena iklan Shopee diiklankan oleh pengguna Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Iklan di TV sudah jarang digunakan karena sekarang orang lebih tertarik membuka media sosialnya daripada menonton TV.

3. Perhatikan Tampilan Produk

Dalam suatu katalog produk di Shopee, Judul produk merupakan hal pertama yang dibaca oleh konsumen. Maka, tuliskanlah judul tersebut semenarik mungkin dan tentunya usahakan untuk mencantumkan kata kunci pada judul agar produk kamu dapat bersaing di kategori pencarian.

Memfokuskan pada hal-hal kecil mengenai produk juga salah satu cara meningkatkan penjualan produk di Shopee.,termasuk membuat banner atau foto yang menarik untuk membuat konsumen lebih percaya dan tertarik kepada produk yang kamu jual. 

Oleh karena itu, toko kamu harus berbeda dari yang lain, usahakan untuk mengambil foto sendiri dari produk yang kamu jual dan gunakan foto yang unik, berbeda, dan bagus untuk menarik perhatian pembeli.

4. Gunakan Sosial Media

Selain mengoptimalkan fitur-fitur yang yang sudah ada di marketplace Shopee, penggunaan akun sosial media juga sama pentingnya. Akun sosial media bisa membantu untuk promosikan produk yang dijual dan juga membantu bangun kredibilitas usaha.
Salah satu keunggulan penggunaan akun sosial media bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Berbagai macam promosi bisa dilakukan di sosial media.

Beberapa hal yang penting saat melakukan promosi adalah untuk melakukannya secara rutin agar bisa menarik perhatian pembeli. Selain itu tips nomor 3 juga sama pentingnya saat kita menggunakan sosial media.

Penggunaan sosial media di masa sekarang memang penting. Penggunaan tampilan dan promosi yang dilakukan di sosial media secara rutin bisa membantu meningkatkan penjualan. Walaupun begitu, penting juga agar tidak menjadi spam di akun sosial media.

5. Pahami Posisi Brand Mealui Data Aktual

Pahami Posisi Brand

Setelah mengoptimalkan usaha untuk meningkatkan penjualan produk, bagaimana melihat market share brand kamu? Dashboard Compas memberikan insight real time data sales di marketplace sehingga kamu dapat mengetahui sudah sejauh mana posisi brand-mu.

Selain itu, data pada dashboard juga bisa disesuaikan menurut tanggal sehingga memudahkan kamu untuk mempelajari momen spesial dan optimasi di marketplace. Lalu, kamu juga harus perhatikan performa para kompetitor khususnya dalam penjualan produk di kategori yang sama dengan brand-mu. 

Melalui Market Insight Compas, kamu dapat mengetahui kompetitor mana yang paling menguasai penjualan produk sejenis. Sehingga, kamu dapat melakukan usaha-usaha terbaik untuk mengoptimalkan penjualan produk. 

Semua data pada Compas disajikan sesuai real data dengan akurasi sales di marketplace. Sehingga, kamu dapat mengambil strategi atau tindakan yang paling tepat untuk bersaing dengan kompetitor lainnya. 

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

1 Comment

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us