Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee

Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee Bermodal Data Insight!

Perkembangan e-commerce di dunia sangatlah pesat terutama di Indonesia, yang berdasarkan data International Data Corporation, telah menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Data menunjukkan bahwa sekitar 30 juta masyarakat Indonesia aktif melakukan transaksi belanja online dan diprediksi akan terus berkembang hingga USD40 miliar hingga 5 tahun ke depan. 

Platform marketplace berkembang seiring dengan perkembangan teknologi digital dan internet di Indonesia. Saat ini, marketplace menjadi platform yang menyediakan tempat bagi masyarakat untuk belanja kebutuhan secara online agar tidak perlu pergi ke toko langsung. 

Saat ini, jumlah marketplace di Indonesia sangat banyak dan terus bertambah. Begitu pula dengan pilihan metode pembayaran yang juga semakin beragam dan semakin mudah. Proses transaksi tidak hanya dengan menggunakan kartu debit dan kredit yang terhubung secara online, namun bisa dilakukan melalui aplikasi di smartphone. Bahkan, sejumlah marketplace sudah menyediakan dompet elektroniknya sendiri. 

Perkembangan E-Commerce Shopee di Market Indonesia

Perkembangan E-Commerce Shopee di Market Indonesia

Shopee menjadi salah satu marketplace terbesar di dunia, khususnya Indonesia. Popularitas Shopee di kalangan pembeli maupun penjual kerap meningkat, dimana pembeli menjadikan Shopee sebagai pilihan pertama saat ingin membeli suatu barang. Sama halnya dengan para penjual yang terus bersaing dalam mendapatkan konsumen. 

Fitur-fitur yang mudah digunakan membuat Shopee diminati oleh banyak kalangan, terutama bagi mereka yang sering belanja. Konsumen ditawarkan dengan banyak kemudahan, mulai dari mencari produk, mengetahui deskripsi produk, melakukan transaksi pembayaran, hingga menyesuaikan harga produk untuk mendapatkan harga yang sesuai budget calon pembeli

Dengan mengakses Shopee, konsumen menggunakan berbagai fitur dan promo yang ditawarkan untuk membeli segala kebutuhannya. Shopee juga menyediakan segala kategori kebutuhan mulai dari perlengkapan rumah, alat elektronik, pakaian, makanan, alat tulis, hingga perawatan kecantikan dan kesehatan. 

Atas konsistensinya yang tinggi dalam menyediakan kebutuhan masyarakat, App Annie, sebuah perusahaan analisis dan riset pasar aplikasi mobile, menyatakan Shopee telah menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi belanja online yang paling banyak diunduh. 

Selain user friendly, Shopee juga dikenal sebagai marketplace yang seller friendly. Siapapun dapat dengan mudah berjualan di Shopee tanpa persyaratan yang rumit. Shopee juga memberikan penawaran gratis ongkos kirim untuk membantu toko-toko online dalam meningkatkan penjualan mereka. 

Oleh karena itu, penting bagi para penjual atau toko online untuk melakukan riset mengenai apa yang banyak dibutuhkan para konsumen. Compas menyediakan data market yang membantumu dalam melihat produk apa yang paling banyak terjual sesuai kategorinya masing-masing. Berikut beberapa tips meningkatkan penjualan di Shopee yang bisa kamu implementasikan di tokomu.

Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee

1. Mengukur Target Market & Riset Produk di Shopee

Tips meningkatkan penjualan produk di Shopee yang pertama dengan memahami dan mengukur target pasar dan riset produk Shopee, sehingga penjual dapat menggambar peta khusus target pasar Shopee karena tidak semua produk yang dijual oleh penjual memiliki target pasar yang benar. Penjualan online di Shopee harus bisa membuat peta khusus dan melihat potensi penjualan produknya.

Jika target pasarnya kecil, maka tentunya penjual harus melakukan strategi khusus karena adanya persaingan yang sangat ketat. Karenanya, riset produk di pasar Shopee sangat penting untuk mengetahui potensi penjualan produk dengan menyesuaikan kondisi permintaan Shopee.

Market Insights pada Compas membantu kamu dalam menentukan target market dan performa penjualan produk para kompetitor.

  • Push Produk Secara Berkala 

Shopee menyediakan fitur push yang sering disebut dengan fitur sulap dimana fitur ini mendorong produk yang kamu jual. Produk push tersebut bisa berada di bagian atas halaman pencarian atau bahkan di beranda.

Shopee juga telah menyediakan bidang untuk menuliskan deskripsi produk karena sangat penting dalam membantu konsumen ketika ingin membeli produk tersebut. Sehingga, konsumen akan mudah mengetahui seputar produk karena deskripsi produk yang tersedia. 

  • Perhatikan Tampilan Produk  

Dalam suatu katalog produk di Shopee, Judul produk merupakan hal pertama yang dibaca oleh konsumen. Maka, tuliskanlah judul tersebut semenarik mungkin dan tentunya usahakan untuk mencantumkan kata kunci pada judul agar produk kamu dapat bersaing di kategori pencarian.

Memfokuskan pada hal-hal kecil mengenai produk juga salah satu cara meningkatkan penjualan produk di Shopee.,termasuk membuat banner atau foto yang menarik untuk membuat konsumen lebih percaya dan tertarik kepada produk yang kamu jual. 

Oleh karena itu, toko kamu harus berbeda dari yang lain, usahakan untuk mengambil foto sendiri dari produk yang kamu jual dan gunakan foto yang unik, berbeda, dan bagus untuk menarik perhatian pembeli.

  • Fitur Harga Promo  

Shopee memiliki sejumlah program promosi, seperti diskon Rp30.000 dengan minimal pembelian Rp70.000. Ini adalah salah satu cara yang menarik pembeli saat berbelanja di toko dengan harga termurah. Sama seperti di mall yang kerap memberlakukan diskon besar-besaran.

Selain itu, beriklan di Shopee juga gratis. Iklan gratis ini dirancang untuk mendekati item yang kamu jual dan beli.

Iklan Shopee juga dikenal mudah viral karena iklan Shopee diiklankan oleh pengguna Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Iklan di TV sudah jarang digunakan karena sekarang orang lebih tertarik membuka media sosialnya daripada menonton TV.

Baca juga : Faktor Penting yang Mempengaruhi Penjualan di E-Commerce

2. Pahami Posisi Brand-mu di E-Commerce Shopee Melalui Data Aktual

Pahami Posisi Brand

Setelah mengoptimalkan usaha untuk meningkatkan penjualan produk, bagaimana melihat market share brand kamu? Dashboard Compas memberikan insight real time data sales di marketplace sehingga kamu dapat mengetahui sudah sejauh mana posisi brand-mu.

Selain itu, data pada dashboard juga bisa disesuaikan menurut tanggal sehingga memudahkan kamu untuk mempelajari momen spesial dan optimasi di marketplace. Lalu, kamu juga harus perhatikan performa para kompetitor khususnya dalam penjualan produk di kategori yang sama dengan brand-mu. 

Melalui Market Insight Compas, kamu dapat mengetahui kompetitor mana yang paling menguasai penjualan produk sejenis. Sehingga, kamu dapat melakukan usaha-usaha terbaik untuk mengoptimalkan penjualan produk. 

Semua data pada Compas disajikan sesuai real data dengan akurasi sales di marketplace. Sehingga, kamu dapat mengambil strategi atau tindakan yang paling tepat untuk bersaing dengan kompetitor lainnya. 


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us