logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Kopi Sachet Paling Laris di E-Commerce Indonesia

7 Kopi Sachet Paling Laris di E-Commerce Indonesia

7 Kopi Sachet Paling Laris di E-Commerce Indonesia

Compas.co.id – Data International Coffee Organization (ICO) mengungkap, jumlah konsumsi kopi di Indonesia mencapai 5 juta kantong dengan ukuran 60 kg selama periode 2020-2021. Data tersebut meningkat 4,04% ketimbang periode sebelumnya. 

Sementara itu, survei Inventure Indonesia bersama Alvara Research Center menyebutkan, sebanyak 48,4% konsumen lebih menyukai kopi sachet selama pandemi Covid-19. Hal ini lantaran pembatasan aktivitas di luar rumah sehingga kopi sachet jadi pilihan alternatif para penikmat kopi. 

Data tersebut memperluas peluang bisnis penjualan kopi sachet secara online terutama di e-commerce. Jenis kopi sachet apa yang paling banyak diseruput konsumen Indonesia? Temukan jawaban selengkapnya dalam data Compas Dashboard periode 1-15 September 2022 di Shopee dan Tokopedia berikut ini. 

7 Kopi Sachet Paling Laris di E-Commerce Indonesia

7 Kopi Sachet Paling Laris di E-Commerce Indonesia

1. Good Day

Brand kopi milik PT Santos Jaya Abadi ini sukses menjual produknya hingga lebih dari 5.400 produk dalam kurun waktu 2 minggu saja. Good Day merupakan jenis kopi sachet yang populer dengan berbagai varian rasa. 

Brand kopi yang melekat dengan tagline “Karena Hidup Perlu Banyak Rasa” ini menawarkan kemasan kopi yang praktis dan cocok dijadikan minuman hangat maupun es. Tercatat, produk terlarisnya berasal dari varian Good Day Capuccino dan Carrebian Nut. 

Menurut riset Tim Compas, dari segi harga produk Good Day juga terbilang terjangkau. Contohnya saja, Good Day Mocacinno 20 gram yang dijual mulai dari Rp1.200 per sachet di Shopee. Selain itu, yang termahal dari produk bundling berupa Paket Warkop 5 – Kopi Good Day Cappucino 25 gram sebanyak 1 karton seharga Rp182.500 di Tokopedia.

2. Kapal Api

Kopi sachet paling laris urutan kedua ada brand kopi lokal legendaris, Kapal Api. Brand yang masih satu atap dengan Good Day ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1979. 

Kapal Api sebagai pemain lama berhasil membuktikan eksistensinya di industri kopi instan dengan penjualan lebih dari 5.000 produk. Produk Kapal Api ini dijual mulai dari Rp1.500 per sachet dan termahal seharga Rp217.900 untuk Kapal Api Special Merah berukuran 165 gram sebanyak 1 karton. 

Brand yang dikenal dengan tagline “Kapal Api, Jelas Lebih Enak” ini memiliki keunggulan produk tersendiri, yakni cita rasa kopi hitam yang membedakannya dengan kopi Good Day yang banyak varian rasa.  

Baca juga: Penggugah Selera, 5 Top Brand Penyedap Rasa: Masako Urutan Buncit di E-commerce! 

3. TOP Coffee

Brand di bawah naungan Wings Food ini hadir untuk menyaingi pasar penjualan kopi instan yang masih dikuasai dua pemain sebelumnya. Top Coffee masuk jajaran produk kopi sachet terlaris dengan penjualan lebih dari 4.800 produk sepanjang periode 1-15 September 2022. 

Berbeda dengan dua brand sebelumnya yang menjual produknya per sachet, TOP Coffee justru menawarkannya dalam 1 bungkus berisi 5 sachet. Produk tersebut dibanderol seharga Rp5.000 dan termasuk termurah dalam data Compas Dashboard pada periode 1-15 September 2022. 

Jika dihitung per sachet, maka harga kopi TOP Coffee ini lebih murah ketimbang Good Day maupun Kapal Api, yakni Rp1.000/sachet. Sedangkan produk termahal yang dijual di official store nilainya Rp49.900, yaitu Kopi Top Murni 2 x 380 gram. 

Berbeda dengan kompetitornya, Top Coffee mencoba menghadirkan kopi instan dari perpaduan biji kopi Robusta dan Arabika. Keunggulan ini membawa aroma khas yang membuat brand ini berhasil menjadi salah satu kopi sachet paling laris di e-commerce

4. Luwak White Koffie

Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein yang sifatnya asam sehingga kurang aman bagi lambung apabila dikonsumsi terlalu sering. Menjawab tantangan tersebut, Luwak White Koffie diluncurkan untuk memberikan kenyamanan bagi para pecinta kopi yang lambungnya sensitif.

Luwak White Koffie selama periode 1-15 September 2022 memperoleh penjualan hingga 3.000 produk lebih. Produk kopi ini terbuat dari kopi luwak yang kadar asamnya lebih rendah sehingga aman bagi lambung.

Selain keunggulan bahan yang digunakan, Luwak White Koffie juga menerapkan strategi diskon. Terpantau, diskon yang ditawarkan hingga 53% pada salah satu produknya. 

Riset Tim Compas menemukan, Kopi Luwak Murni Renceng 20 x 6,5 gram dijual normal Rp11.400 dan diskon menjadi Rp5.358 pada periode 1-15 September 2022. Brand ini juga menjual produk bundling seharga Rp240.000 berupa Luwak White Koffie Original 10 x 20 gram. 

5. Nescafe

Kopi sachet paling laris selanjutnya berasal dari Nestle, yakni Nescafe yang merupakan singkatan dari “Nestle” dan “cafe”. Produk kopi Nescafe meraih posisi kelima dengan penjualan sebesar 2.300 produk lebih.

Strategi penjualan yang diterapkan Nescafe cukup berbeda dengan sebagian brand pada umumnya dengan menghadirkan produk kopi berukuran mini, yakni 2 gram per sachet. Produk Nescafe Classic Era Sachet ini dijual seharga Rp6.400 per 10 sachet

Tidak hanya itu, Nescafe juga melengkapinya dengan produk berukuran besar atau sekitar 50 gram per sachet. Produk Nescafe Classic Kopi Instan 50 gram tersebut dijual seharga Rp129.300 per 8 pcs. 

Produk kopi tersebut termasuk legendaris pula. Pertama kali berdiri di Swiss pada 1 April 1938. Data tersebut juga menandakan Nescafe berhasil menjaga konsistensinya dalam industri kopi instan hingga sekarang ini. 

Baca juga: Top 3 Penjualan Kopi Bermerk Terbaik di Marketplace

6. Neo Coffee

Produk kopi sachet paling laris satu ini juga masih satu perusahaan dengan TOP Coffee. Produk kopi ini menargetkan kaum milenial hingga gen Z sebagai target konsumennya. Guna memikat target konsumen tersebut, Neo Coffee juga sempat berkolaborasi dengan idol K-pop, Lucas NCT, untuk mempromosikan produknya. 

Dengan target kelompok muda, Neo Coffee mencoba menarik konsumennya dengan harga produk yang affordable. Misalnya pada Neo Coffee Carame Machiato 20 gram yang dijual hanya Rp5.800 per bungkus yang berisi 10 pcs. 

Menariknya lagi, brand ini juga menawarkan produk bundling berupa Kopi Neo Coffee Mocaccino Pack 10 x 20 gram sebanyak 6 bungkus yang disertai Totebag gratis. Produk bundling ini dijual Rp43.700 saja. Dibandingkan dengan produk bundling yang ada sebelumnya, kopi Neo Coffee tercatat paling murah. 

Untuk itu, cita rasa yang ditawarkan pun lebih manis dengan perpaduan antara kopi, cokelat, dan susu. Penjualan Neo Coffee ini cukup semanis rasanya, yakni lebih dari 2.200 produk selama 1-15 September 2022. 

7. Tropicana Slim

Produk kopi ini hadir sebagai jawaban atas kekhawatiran konsumen terhadap gula darah yang tinggi. Dengan menghadirkan kopi yang sehat, Tropicana Slim mampu menjual produknya lebih dari 2.000 produk.

Dari sekian brand kopi sachet yang telah disebutkan sebelumnya, bisa dibilang produk Tropicana Slim yang paling tinggi harganya. Sebut saja produk Tropicana Slim Avocado Coffee yang dijual seharga Rp13.000 untuk 4 sachet

Maka, per sachet produk tersebut harganya Rp3.250. Namun, hal ini juga setara dengan khasiat yang ditawarkan produk Tropicana Slim. Untuk produk bundlingnya, brand ini menjual Triple Pack – Tropicana Slim Cafe Latte 10 sachet 14 gram seharga Rp117.000. 

Bisa dikatakan Tropicana Slim merupakan brand kopi sachet paling laris yang sekaligus menyehatkan. Produk kopi tersebut menawarkan cita rasa kopi yang tidak hanya nikmat di lidah, tapi juga sehat bagi gula darah karena kalorinya rendah. 

Baca juga: Inilah 5 Jenis Sembako Terlaris untuk Usaha Kelontong Online

Mengapa Kopi Sachet Selalu Menjadi Pilihan?

Secara kandungan bahan, kopi sachet memang lebih tinggi kadar gula atau pemanis buatannya. Kendati demikian, tidak semua jenis kopi mengandung gula yang tinggi seperti produk kopi dari Tropicana Slim Cafe Latte atau Kopi Kapal Api Special Tanpa Gula. 

Kopi sachet jadi pilihan paling mudah bagi para pecinta kopi yang butuh kopi dalam waktu cepat karena proses seduhnya yang instan. Selain itu, kopi sachet secara harga juga lebih terjangkau ketimbang membeli kopi di kafe atau kedai kopi. Riset Compas Dashboard menunjukkan, satu pcs kopi sachet tersebut dijual mulai dari Rp1.200 saja di e-commerce

Maka, bisnis kopi sachet ini tepat besar pasarnya karena dibutuhkan konsumen terutama penikmat kopi instan. Kopi sachet selalu jadi andalan jika ingin minum kopi di rumah tanpa ribet untuk membuatnya karena takarannya sudah pas. 

Manfaatkan Teknologi Digital untuk Mengembangkan Usaha Anda

Berbagai sektor bisnis kini kian mudah dijalankan berkat pesatnya teknologi digital. Namun, persaingan bisnis secara digital seperti di e-commerce juga makin ketat. 

Guna menguasai pasar di e-commerce, perusahaan harus bisa mengenali kompetitor, kebutuhan konsumen, dan tren pasar. Semua informasi tersebut tersaji secara lengkap apabila perusahaan memiliki data riset pasar. 

Perusahaan juga bisa memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan riset pasar. Ada banyak platform yang menyediakan hal tersebut untuk membantu perusahaan agar unggul dalam strategi sehingga mampu mendongkrak penjualan produk. 

Salah satunya, perusahaan dapat menggunakan Compas Dashboard untuk melakukan riset pasar. Berbagai data seputar pasar hingga melihat peta persaingan bisnis bisa perusahaan dapatkan. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.