Kaleidoskop Report 2021

Brand Lokal Mendominasi! Ini Kaleidoskop Report 2021 Penjualan Kategori Perawatan Tubuh di Shopee dan Tokopedia 

Author: Farah Ramadhani

Tak terasa tahun 2021 sudah usai, dan sekarang kita mulai memasuki tahun 2022. Sudah punya rencana pengembangan brand di tahun depan? Compas bisa membantu dengan memberikan data penjualan kategori pilihan Anda di e-commerce.

Pada artikel kali ini, Compas telah merangkum hasil riset penjualan kategori Perawatan Tubuh di Shopee dan Tokopedia selama tahun 2021. Data yang ditampilkan berdasarkan kurang lebih 36.4 ribu listing produk pada kategori Beauty & Care.

Tim kami menggunakan metode online crawling dan hanya meneliti official dan non-official store dengan rating di atas 4 untuk masing-masing e-commerce (Shopee dan Tokopedia). Langsung saja, berikut rangkuman hasil riset Compas pada kategori Perawatan tubuh!

Top Brand Kategori Perawatan Tubuh di Shopee dan Tokopedia Selama Tahun 2021

top brand Kaleidoskop Report 2021

Selama tahun 2021, Perawatan tubuh menjadi kategori dengan market share terbesar kedua di Shopee dan Tokopedia.Bahkan, penjualan top brandnya di bulan Agustus mencapai market share 18.9%. 

Di bawah ini tim Compas telah merangkum top 3 brand perawatan tubuh yang memiliki market share terbesar selama tahun 2021 di Shopee dan Tokopedia. Berikut daftarnya:

1. Scarlett Whitening

Peringkat pertama brand dengan market share terbesar kategori perawatan tubuh di Shopee dan Tokopedia tahun 2021 diraih oleh merek lokal, Scarlett Whitening. Market share yang diraih oleh brand lokal ini adalah sebesar 23.2% dan berhasil mengalahkan merek-merek internasional.

2. Nivea

Selanjutnya, Nivea menyusul di peringkat kedua top brand perawatan tubuh dengan market share 8.7%. Brand asal Jerman ini memang sudah terkenal menjual berbagai macam produk perawatan tubuh mulai dari deodoran, body lotion, hingga sunscreen.

3. Vaseline

Terakhir di daftar top brand perawatan tubuh adalah Vaseline. Merupakan merek asal New York, Vaseline merupakan perusahaan perawatan tubuh di bawah perusahaan Unilever. Market share yang dimiliki brand ini selama tahun 2021 adalah 8.0%.

Top Official Seller Kategori Perawatan Tubuh di Shopee dan Tokopedia Selama Tahun 2021

top seller Kaleidoskop Report 2021

Selain top brand, tim Compas juga berhasil menemukan data penjualan official seller di Shopee dan Tokopedia selama tahun 2021 berdasarkan market share. Berikut rangkuman datanya:

1. Scarlett Whitening Official Shop

Lagi-lagi peringkat pertama masih diduduki oleh brand asal Indonesia, Scarlett Whitening. Melalui official storenya di Shopee dan Tokopedia Scarlett berhasil meraih market share 21.7%. Beberapa produk yang dijual pada official store ini merupakan body scrub, lotion, dan body wash.

2. Unilever Indonesia Official Shop

Unilever menyusul di peringkat selanjutnya dengan market share 19.1%. Official store Unilever di Shopee dan Tokopedia menjual multi-brand yang berada di bawah perusahaan mereka. Beberapa brand perawatan tubuhnya antara lain: Vaseline, Pond’s, Lifebuoy, Citra, Lux, dan AXE.

3. Nivea Official Store

Terakhir, Nivea menempati peringkat ketiga official seller dengan market share 8.2%. Official storenya di Shopee dan Tokopedia menjual berbagai produk dari Nivea dan Nivea Men. Beberapa produk perawatan tubuhnya adalah body lotion, body serum, deodoran, dan sunscreen.

Top Products Kategori Perawatan Tubuh di Shopee dan Tokopedia Selama Tahun 2021

top product Kaleidoskop Report 2021

Data terakhir yang disediakan Compas Kaleidoskop Report tahun 2021 adalah ranking top products. Berikut uraian ranking 3 produk dengan penjualan terbanyak selama tahun 2021.

1. Vaseline Hand Body Lotion Soft Glow 

Peringkat pertama produk terlaris diraih oleh brand Vaseline dengan kurang lebih 186.3 ribu produk terjual selama 2021 di Shopee dan Tokopedia. Produk terlarisnya merupakan Vaseline Hand Body Lotion Soft Glow yang memiliki fungsi utama mencerahkan kulit tubuh.

2. Scarlett Whitening x Song Joong Ki Exclusive 5 Item Body Care

Brand lokal mulai masuk di peringkat kedua produk terlaris. Scarlett berhasil menjual kurang lebih 121.8 ribu produk terjual untuk produk bundlenya dengan Song Joong Ki, yaitu Exclusive 5 Item Body Care

Isi dari bundle tersebut merupakan pilihan 5 produk body care Scarlett yang bisa dipilih sendiri, mulai dari body wash, body lotion, dan body scrub yang memiliki fungsi utama mencerahkan kulit. Terdapat pula bonus Exclusive SCARLETT x Song Joong Ki Photocard, Sticker, dan Letter pada bundle ini. 

3. Scarlett Whitening Body Lotion Charming

Peringkat terakhir masih dikuasai oleh Scarlett, namun dengan produk Body Lotion varian Charming. Pada official storenya di Shopee dan Tokopedia, brand lokal ini berhasil menjual produk Body Lotion Charming kurang lebih 99.8 ribu produk.

Fungsi utama pada produk ini masih sama dengan 2 produk di ranking sebelumnya, yaitu mencerahkan kulit tubuh. Kandungan utama yang dihighlight pada Scarlett Whitening Body Lotion Charming merupakan Vitamin E, Niacinamide & Kojic Acid

Compas juga menyediakan data Kaleidoskop Report 2021 untuk kategori Perawatan dan Kecantikan lainnya. Untuk melihat data lengkapnya, cek dengan download gratis Compas Kaleidoskop Report 2021 melalui link berikut


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.