ide jualan online

Ide Jualan Online Paling Laris di Marketplace

Saat ini, penggunaan marketplace dinilai lebih efektif dalam berbisnis online dibandingkan dengan platform lainnya. Hal ini karena marketplace memiliki banyak fitur yang menguntungkan bagi para konsumen maupun penjual. Anda bisa memanfaatkan jaringan luas pada marketplace untuk berjualan online.

Sebanding dengan kemudahan fitur yang ditawarkan marketplace, jumlah toko online di dalamnya pun sangat banyak, mulai dari bisnis kecil UMKM, hingga brand-brand besar dunia. Dengan demikian, Anda membutuhkan strategi bisnis yang efektif untuk dapat bersaing dengan brand dan toko lainnya khususnya pada kategori yang sama.

Selain itu, Anda juga harus bisa memahami potensi market dari angka penjualan setiap kategorinya. Tentukan barang yang akan Anda jual di marketplace sesuai dengan apa yang dicari dan dibutuhkan potensial konsumen. Analisa dan pahami jenis produk yang sedang banyak dicari di marketplace, dan disesuaikan dengan target market.

Masih bingung ingin jualan online produk apa? Cek dibawah ini!

6 Ide Jualan Online Paling Laris

1. Produk Kecantikan

data produk kecantikan di ecommerce

Dilihat dari data pada Compas, produk kecantikan kini menguasai angka transaksi penjualan online khususnya di marketplace. Dari data bulan Januari 2021 sendiri, penjualan untuk kategori produk kecantikan telah tembus angka Rp 857,3 Miliar. Data ini menunjukkan besarnya peluang potensi pasar terhadap produk kecantikan bagi para pebisnis seperti Anda.

Dengan berjualan produk kecantikan di marketplace, Anda harus memahami dengan detail jenis produk seperti apa yang paling dicari di kategori kecantikan. Hal ini mengarah pada banyaknya jenis produk kecantikan, seperti makeup, skincare, haircare, atau bodycare.

Compas Quick Report membantu menyajikan data top brand dan penjualan tertinggi dari suatu kategori di marketplace. Data tersebut membantu Anda menentukan jenis produk yang akan dijual, sesuai dengan riwayat penjualan tertinggi pasar.

Baca juga: Ketahui Potensi Market dengan Compas Quick Report

2. Pakaian Wanita dan Pria

Produk fashion juga menjadi salah satu kategori yang mendominasi transaksi pembelian online di marketplace. Kondisi ini membuktikan produk pakaian bisa menjadi pilihan barang paling laris manis di pasar online. Alhasil, potensial penjualan pun semakin tinggi dan menguntungkan.

Namun, jika Anda ingin berbisnis pakaian online, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini bermaksud untuk memahami tren fashion yang sedang hits agar bisa memastikan barang yang Anda jual memiliki potensi market yang terjamin. Melakukan riset untuk menentukan produsen baju juga sangat penting agar produk yang Anda jual berkualitas dan terpercaya.

Untuk memulai bisnis ini, Anda membutuhkan data nyata riwayat penjualan dari para kompetitor di marketplace. Baik itu pakaian wanita maupun pria, keduanya memiliki potensi market yang besar, sehingga jumlah toko online yang menjualnya pun terus bertambah. Data-data tersebut bisa membantu Anda untuk menyusun strategi bisnis untuk bisa unggul.

3. Makanan dan Minuman

Bisnis kuliner kini cukup menjanjikan karena banyaknya jenis makanan dan minuman yang beragam. Menjual makanan dan minuman online memiliki potensi besar saat ini terutama melalui e-commerce. Anda bisa mulai menjual beberapa pilihan seperti makanan beku, minuman seduh, dan lain-lain.

Kemudahan pada e-commerce membuat konsumen memiliki banyak keuntungan, salah satunya dalam membeli makanan bisa langsung bayar di e-commerce. Ide jualan online makanan dan minuman bisa Anda mulai dengan menawarkan keunikan. Dicampur dengan rasa lezat dan packaging yang menarik, Anda bisa mendapat banyak potensial konsumen.

4. Sepatu Wanita dan Pria

Masih dalam mode fashion, produk sepatu wanita dan pria juga banyak dicari di marketplace. Namun, sama dengan pakaian, Anda membutuhkan riset mendalam tentang jenis sepatu apa yang memiliki permintaan terbanyak dari konsumen. Anda harus sesuaikan dengan warna dan jenis sepatu yang sedang hits di pasaran.

Menjual produk sepatu wanita ataupun pria, membutuhkan pemahaman tentang mode tren fashion saat ini. Hal ini bertujuan agar barang yang Anda jual sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Prediksi tren sepatu tahun ini melibatkan jenis sepatu sneaker berwarna putih, neon, dan hitam.

5. Pakaian Muslim

Berbeda dengan pakaian biasa, angka permintaan produk pakaian muslim akan jauh meningkat pada momen-momen tertentu seperti idul fitri, ramadhan, maupun idul adha. Menjual produk pakaian muslim bisa jadi opsi jualan terlaris di pasar online. Anda bisa sesuaikan warna dan jenis pakaian muslim sesuai dengan riwayat pembelian di marketplace.

Tren fashion mengalami perubahan setiap tahunnya, sehingga Anda membutuhkan riset seputar tren saat ini sebelum memulai berbisnis pakaian online. Banyak jenis pakaian muslim yang kini banyak dicari, seperti gamis abaya, tunik, pashmina, dan kaftan.

6. Gadget

Tidak hanya fashion, tren gadget juga terus berlomba setiap tahunnya. Banyaknya jenis gadget dengan keluaran terbaru membuat peminatnya terus melakukan pembelian agar tetap up to date. Selain untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan informasi, gadget kini telah menjadi salah satu kebutuhan yang penting. Teknologi yang canggih menawarkan fitur-fitur mudah dan menyenangkan bagi penggunanya.

Kondisi ini ditunjukkan dengan tingginya jumlah transaksi penjualan gadget khususnya di marketplace. Terlebih lagi, perkembangan gadget yang cepat membuka potensi bisnis ini semakin besar dan menjamin bagi para pebisnis. Anda bisa memanfaatkan toko online di marketplace untuk menjual gadget terbaru yang banyak dicari konsumen.

7. Aksesoris Handphone

Angka permintaan yang tinggi terhadap gadget tentu akan berpengaruh pada penjualan aksesorisnya pula. Aksesoris tersebut meliputi case, kabel charger, earphone, hingga smartphone holder dan tripod.

Dengan varian yang banyak, Anda dapat memutuskan akan menjual aksesoris jenis apa dan mulai mengembangkannya seiring keuntungan yang terus bertambah. Anda tidak perlu modal yang besar untuk memulai usaha online berjualan aksesoris handphone karena rata-rata harga di pasaran cukup murah.

8. Perlengkapan Bayi

Membeli perlengkapan bayi online memang lebih praktis daripada datang ke toko secara langsung. Anak tidak perlu dititipkan ataupun bingung membawa persiapan untuk mengajak bayi keluar rumah.

Ide jualan online perlengkapan bayi ini memang termasuk usaha dengan modal menengah hingga tinggi. Namun, dengan permintaan pasar yang besar, Anda dapat memperoleh keuntungan dengan cepat pula.

9. Peralatan Rumah Tangga

Dibatasinya ruang gerak masyarakat diluar rumah membuat penjualan produk peralatan rumah tangga meningkat. Dengan tetap berada di rumah, tentu kebanyakan orang ingin membuat lingkungan tempat tinggalnya nyaman. Inilah alasan dibalik meroketnya penjualan peralatan rumah tangga selama pandemi.

Peluang yang besar ini dapat Anda manfaatkan dengan menjual pernak-pernik rumah seperti tirai, karpet, dan bedcover. Jika Anda seorang pengrajin, furnitur seperti lemari pakaian, kotak penyimpanan, dan rak kosmetik juga memiliki permintaan pasar yang cukup besar.

10. Mainan

Ide jualan online terakhir yang memiliki peluang besar di pasaran adalah mainan. Mainan yang dimaksud disini bukan hanya mainan anak saja. Mainan untuk orang dewasa seperti game konsol dan lego juga memiliki demand yang cukup besar.

Anda pun dapat memutuskan sendiri jenis mainan apa yang ingin dijual. Contohnya, mainan yang sedang populer saat ini merupakan game untuk Playstation dan Nintendo Switch. Adapun mainan yang dimainkan secara langsung seperti boneka, lego, permainan papan monopoli, dan lain sebagainya.

Dari daftar pilihan produk terlaris di atas, produk mana yang akan Anda jual? Berjualan online khususnya di marketplace tidak bisa sembarangan. Anda harus benar-benar mengamati potensi market untuk mengembangkan keuntungan bisnis. Menentukkan jenis produk yang akan dijual membutuhkan riset mendalam terkait permintaan potensial konsumen di marketplace.

Compas Quick Report membantu Anda dalam bersaing dengan para kompetitor. Anda bisa mengetahui brand mana yang mendominasi kategori yang sama dengan Anda di marketplace. Data valid dari Compas ini menuntun Anda menentukkan langkah terbaik untuk perkembangan bisnis Anda selanjutnya.

Tak hanya itu, banyak manfaat yang bisa Anda implementasikan dari dashboard Compas untuk kemajuan bisnis online Anda. Maksimalkan keuntungan berbisnis online dan jadilah juara di antara brand competitor Anda!

Baca juga:

compas quickreport


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us