tips berjualan di marketplace

8 Tips Jitu Agar Unggul Berjualan di Marketplace

Author: Nova Haasiani

Perkembangan dalam dunia teknologi seperti dunia digital saat ini semakin memberikan kemudahan pada pekerjaan manusia. Salah satu contohnya adalah dalam berbisnis. Banyak orang yang dulu hanya berjualan melalui website mereka sekarang sudah beralih berjualan di marketplace.

Selain banyaknya produk yang dijual di marketplace,berjualan di marketplace juga dianggap lebih aman dan nyaman. Hal ini memudahkan konsumen untuk membeli produk yang diinginkan melalui marketplace.

Jika Anda merupakan pelaku bisnis yang tertarik untuk melakukan ekspansi, Anda bisa mencoba berjualan di marketplace. Untuk bisa unggul dalam berjualan di marketplace, Anda perlu menyimak beberapa tips di bawah ini.

1. Profil Toko yang Lengkap

Hal pertama yang penting ketika berjualan di marketplace adalah membuat profil toko Anda. Anda bisa menuliskan profil toko Anda sedemikian rupa agar menonjol dan juga mudah diingat oleh konsumen. Hal ini bisa membuat brand Anda lebih dikenal para konsumen.

Selain membuat profil toko yang menonjol, Anda juga butuh melengkapi profil toko Anda. Hal-hal yang bisa membantu melengkapi profil toko seperti: nama toko, display picture, deskripsi toko, link ke website toko online dan media sosial, jam operasional, dan sebagainya.

Profil toko yang lengkap tidak hanya membuat bisnis Anda terlihat profesional dan juga aktif sehingga konsumen akan lebih yakin ketika memilih untuk bertransaksi di toko Anda.

Baca juga: 6 Tips Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis UMKM

2. Deskripsi & Foto Produk yang Jelas

Tips selanjutnya bagi Anda yang ingin berjualan di marketplace adalah untuk menuliskan deskripsi produk yang jelas. Sebelum seorang konsumen memastikan untuk ingin membeli suatu produk, tentunya mereka ingin mengetahui produk Anda secara spesifik.

Anda sebaiknya mencantumkan informasi produk dengan jelas mulai dari spesifikasi, warna, ukuran, material, stok, dan sebagainya. Selain itu, mencantumkan foto yang jelas dan terlihat profesional juga bisa membantu mendongkrak penjualan.

Memiliki deskripsi produk yang lengkap dan juga foto yang jelas penting karena dapat memudahkan konsumen saat membeli produk.

Selain itu, hal ini bisa menghemat waktu Anda juga. Hal ini dikarenakan dengan adanya penjelasan dan foto produk yang jelas, kemungkinan konsumen untuk bertanya mengenai detail produk akan berkurang.

3. Menjual Produk Berkualitas

Hal kecil yang sering diabaikan para pebisnis adalah kualitas produk. Namun, biasanya barang yang berkualitas memiliki harga jual yang cukup mahal.

Tentu hal tersebut sering kali menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen sebelum membeli suatu produk. Namun, produk berkualitas memiliki umur ekonomis yang cukup lama sehingga dapat dipakai selama bertahun-tahun.

4. Kenali Kebutuhan Konsumen

Ketika berjualan di marketplace ada baiknya Anda usahakan untuk mengenali kebutuhan konsumen. Hal ini dikarenakan kebutuhan konsumen pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Kita bisa mengambil contoh untuk produk perawatan kecantikan.

penjualan perawatan kecantikan

Jika melihat pada data penjualan perawatan kecantikan di bulan Februari 2021, maka kategori penjualan perawatan wajah adalah yang tertinggi. Jika dipertajam lagi, pada kategori perawatan wajah, produk serum wajahlah yang mendominasi penjualan.

penjualan produk kecantikan

Dengan dashboard Compas, Anda bisa melihat lebih dalam lagi dalam kategori produk Serum Wajah, produk apa yang paling laku terjual.

dashboard compas

Bisa dilihat ternyata produk scarlett whitening adalah produk terlaris. Dengan Compas dashboard ini, Anda bisa memantau produk-produk terlaris secara real time untuk membantu Anda berjualan di marketplace.

5. Layani Pelanggan dengan Baik

Memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen merupakan hal penting saat berjualan. Saat Anda berjualan di marketplace, ada baiknya Anda membalas chat dengan cepat.

Sebagian marketplace memiliki keterangan persentase dan waktu chat dibalas. Semakin tinggi presentase Anda, maka semakin bagus. Jika Anda memakan waktu terlalu lama untuk membalas atau bahkan tidak membalas sama sekali, maka kemungkinan besar calon pembeli Anda bisa berpaling kepada kompetitor.

Selain itu, pemberian layanan yang baik juga akan memberikan rating dan review dari pelanggan yang lebih bagus sehingga bisnis Anda semakin dilirik orang.

6. Beri Pilihan Jasa Pengiriman

Untuk membantu penjualan di marketplace, Anda juga sebaiknya menyediakan berbagai macam opsi jasa pengiriman. Bertambahnya opsi pengiriman yang Anda sediakan, bertambah pula potensi keputusan beli konsumen pada toko Anda. 

Faktor atau banyaknya ekspedisi ini bisa mempengaruhi keputusan akhir para potensial konsumen khususnya sebelum berbelanja di e-commerce.

Terkadang setiap customer punya ekspedisi favorit yang berbeda-beda. Jadi tidak ada salahnya untuk anda menggunakan semua jasa ekspedisi yang tersedia di sekitar lokasi Anda.

7. Berpromosi di Channel Lain

Tips berjualan di marketplace selanjutnya adalah dengan melakukan promosi di channel lain seperti di website atau media sosial.

Salah satu kekurangan dari marketplace adalah kemudahan konsumen untuk mengakses produk kompetitor. Jika toko Anda ingin unggul, lebih baik Anda juga melakukan promosi di channel yang tidak terjamah oleh kompetitor.

Anda bisa berpromosi melalui sistem organik atau bahkan beriklan di media sosial dan mengarahkan calon pembeli yang tertarik untuk bertransaksi di toko online Anda. Hal ini cukup efektif karena cukup banyak pembeli online yang ingin membeli di marketplace dengan alasan keamanan.

8. Harga Produk Bersaing

Persaingan harga sudah menjadi hal yang lumrah di marketplace. Ketika banyak seller menjual produk yang sama, maka sudah jadi resiko anda akan terjebak pada persaingan perang harga.

Namun harga termurah bukan selalu jadi patokan. Hal ini disebabkan oleh konsumen yang juga mengutamakan kualitas produk pada toko Anda. Konsumen biasanya rela membayar sedikit lebih mahal jika melihat kualitas produk yang lebih meyakinkan.

Setelah menentukan harga, Anda juga harus terus memantau produk apa yang paling laris di pasar, serta brand apa yang mendominasi melalui fitur Top Product & SKU di Compas.co.id.

fitur Top Product & SKU di Compas

Itulah beberapa tips jitu untuk anda berjualan di marketplace. Berjualan melalui marketplace memang lebih mudah dan menguntungkan. Ikuti saja beberapa tips di atas supaya usaha lebih sukses dan makin berkembang.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengatur strategi berjualan di marketplace, Anda juga bisa menggunakan Compas Dashboard.

Baca juga:


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us