logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Brand Parfum Terbaik dan Data Penjualannya di E-commerce

5 Brand Parfum Terbaik dan Data Penjualannya di E-commerce

5 Brand Parfum Terbaik dan Data Penjualannya di E-commerce

 

Compas.co.id – Tak hanya bisnis jualan skincare saja yang menggiurkan, industri parfum lokal juga menarik perhatian. Pasalnya, data Compas Dashboard menunjukkan beberapa pemain lokal berhasil meraih top brand parfum lokal pada awal Januari 2022. 

Kahf, Morris, Evangeline, dan sederet brand lokal lainnya sukses mendominasi penjualan di beberapa e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli pada 17-31 Januari 2022. Lantas, apakah performa penjualan brand tersebut tetap bertahan sejauh ini? 

Simak data selengkapnya dalam daftar top brand parfum terbaik berdasarkan sales quantity tertinggi di Tokopedia dan Shopee periode Agustus 2022 berikut ini. 

Atau, jika Anda tertarik data FMCG E-commerce Report 2022 bisa mengakses selengkapnya secara GRATIS DI SINI.

5 Brand Parfum Terbaik di Tokopedia

5 Brand Parfum Terbaik di Tokopedia

1. Evangeline

Brand di bawah naungan PT Griff Prima Abadi (Griff Kosmetik) ini telah ada sejak tahun 2011. Evangeline berhasil menduduki peringkat pertama sebagai top brand parfum terbaik di Tokopedia dengan market share sebesar 8,89%

Di balik kesuksesannya tersebut, tentu Evangeline memiliki strategi khusus dalam memasarkan produknya. Brand lokal ini diketahui menjual produknya dengan harga yang cukup ramah di kantong, yakni dengan average price berkisar Rp32.700* per produk. Adapun produk terlarisnya yang berhasil menembus top product di Tokopedia periode Agustus 2022, yakni Evangeline Musk Eau De Parfum 100 ml. 

2. Miniso

Posisi kedua ada brand parfum asal China yang populer namanya karena meluncurkan berbagai produk dengan desain unik, lucu, dan menarik. Penjualan parfum Miniso di Tokopedia berhasil mencapai 14.5K produk selama periode Agustus 2022. 

Miniso menawarkan produk parfum dengan berbagai varian aroma, mulai dari yang soft hingga strong wanginya. Menariknya, sebagian besar parfum tersebut juga cocok digunakan wanita maupun pria karena kategorinya unisex

Secara harga, produk parfum Miniso dibanderol lebih mahal ketimbang brand sebelumnya. Miniso menawarkan average price di Tokopedia sebesar Rp61.269* per produk. Keberhasilan Miniso sebagai juara kedua top brand parfum ini juga didukung oleh performa salah satu produknya. Miniso Body Mist Parfum Sprey Wanita Pria 150 ml sukses menyabet peringkat pertama top product dengan sales quantity sekitar 5 ribu produk terjual. 

Baca juga: 5 Brand Skincare Korea Terbaik dan Data Penjualannya di E-commerce 

3. Morris

Peringkat ketiga ada pemain lokal lagi yang berasal dari PT Aroma Prima Livindo (APL). Morris merupakan brand parfum terbaik dengan penjualan hingga 10.3K pada bulan Agustus 2022 di Tokopedia. 

Dari segi market, Morris lebih menargetkan kelompok remaja sehingga produk yang dihadirkan pun menyesuaikan persona targetnya. Jika diperhatikan, produk parfum brand ini dikemas dengan nuansa cerah dan energik layaknya karakter kaum remaja. 

Menyesuaikan dengan target konsumennya, Morris menawarkan parfumnya dengan average price sekitar Rp28.344* per produk. Untuk produk terlarisnya berasal dari Morris Parfum Pria Lifestyle Edition 100 ml. Produk tersebut berhasil menjadi juara kedua top product parfum terlaris di Tokopedia periode Agustus 2022 dengan sales quantity sekitar 4.6K produk. 

4. Kahf

Dengan kemasan simpel nan elegan, Kahf sukses menjual parfumnya hingga 8.6K produk di Tokopedia pada Agustus 2022 ini. Brand di bawah naungan PT Paragon Technology & Innovation (PTI) ini memang fokus meluncurkan produk-produk perawatan termasuk parfum khusus pria. 

Secara harga, produk parfum Kahf ini tidak jauh beda nominalnya dengan Miniso. Parfum Kahf dijual dengan kisaran harga Rp63.081* per produk. Menurut riset Compas Dashboard, ada dua produk Kahf yang menembus 10 top product parfum, yaitu Kahf Revered Oud Eau de Toilette 35 ml dan Kahf Humbling Forest Eau de Toilette 35 ml. 

Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace

5. Adidas

Saat pertama kali mendengar nama brand ini, mungkin yang terlintas adalah produk sepatu. Namun, kali ini Adidas hadir sebagai top brand dari produk parfum. 

Brand asal Jerman tersebut telah ada sejak tahun 1920-an dan sukses dikenal sebagai produsen sepatu global yang legendaris. Berkat kesuksesan tersebut, tidaklah sulit bagi Adidas untuk membangun brand awareness produk parfumnya. 

Hal ini dapat dilihat dari penjualannya di Tokopedia yang mencapai 5.1K produk. Pencapaian tersebut cukup berhasil mengingat produk parfum Adidas terbilang lebih mahal ketimbang kompetitor yang ada, yaitu dengan average price sebesar Rp128.911* per produk. 

Minat data penjualan lainnya? Segera coba 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

5 Brand Parfum Terbaik di Shopee 

Brand Parfum Terbaik di Shopee

Berdasarkan data penjualan parfum di Tokopedia pada Agustus 2022, Evangeline jadi pemenangnya. Namun, bagaimana performa brand-brand tersebut di Shopee? Inilah info selengkapnya. 

1. Evangeline

Sepertinya pemain lokal yang satu ini memang kokoh performanya di beberapa e-commerce. Hal ini dapat dilihat dari penjualan Evangeline yang tak hanya memimpin pasar parfum di Tokopedia, tapi juga di Shopee pada periode Agustus 2022.

Bedanya, penjualan Evangeline di Shopee lebih tinggi dibandingkan di e-commerce bernuansa hijau tersebut. Bahkan, penjualan parfum tersebut lebih dari 2x lipatnya di Tokopedia, yakni mencapai 70.2K produk. 

Jika ditelusuri, harga jual produk parfum Evangeline di Shopee terbilang lebih terjangkau dibandingkan di Tokopedia. Jika Evangeline dijual dengan average price Rp32.700* per produk, maka di Shopee dibanderol senilai Rp26.219*. Perbedaan harga tersebut diduga menjadi pertimbangan bagi konsumen sehingga cenderung lebih membelinya di Shopee. 

2. Musk by Lilian Ashley

Jika di Tokopedia posisi kedua diraih Miniso, maka di Shopee kedudukan brand asal China tersebut digeser oleh saudara Evangeline, yakni Musk by Lilian Ashley. 

Dengan penjualan sekitar 59.6K produk, brand tersebut sukses mengalahkan Miniso. Besarnya minat konsumen terhadap produk parfum ini tidak lain karena harganya terjangkau dan wanginya yang cukup tahan lama. 

Tercatat, produk parfum Musk by Lilian Ashley ini dijual mulai dari Rp9.100 hingga Rp32.900 berdasarkan riset Compas Dashboard. Sedangkan beberapa kompetitor utamanya mematok harga mulai dari Rp13.000 – Rp52.500 (Evangeline), Rp19.900 – Rp199.900 (Miniso), dan paling mahal HMNS seharga Rp279.650*. 

Baca juga: 7 Brand Parfum Wanita Tipe EDP Terlaris!

3. Miniso

Kali ini, Miniso harus puas dengan posisi ketiga sebagai top brand parfum di Shopee. Meski turun satu podium, setidaknya brand tersebut mengantongi penjualan hingga 53.1K produk. 

Jumlah tersebut jauh lebih besar ketimbang di Tokopedia, bahkan mencapai 3x lipatnya. Menariknya lagi, secara market share Miniso paling unggul dibandingkan berbagai top brand parfum yang ada daftar ini. 

Harga jual produk parfum Miniso di Shopee juga terpantau lebih hemat ketimbang di Tokopedia. Parfum brand asal China ini dijual di Shopee dengan average price Rp53.781* per produk. Namun, Miniso turun podium dari segi top product parfum. Dengan sales quantity sekitar 11 ribu produk lebih, setidaknya mengantarkan Miniso Body Mist 150 ml sebagai juara kedua. 

4. Morris

Hal yang sama juga dialami Morris yang harus turun peringkat keempat  di Shopee. Padahal sebelumnya meraih posisi ketiga di Tokopedia. 

Namun, performa penjualannya di Shopee terpantau lebih tinggi, yakni berhasil mencetak 22.1K produk. Performa tersebut didukung dengan kemampuan Morris dalam menghadirkan varian produk parfum dengan aneka aroma yang unik seperti floral, vanilla, hingga fruity. 

Ditinjau dari harganya, Morris juga termasuk cukup terjangkau dengan average price Rp23.919* per produk di Shopee. Adapun produk terlarisnya mampu masuk jajaran top product parfum pada posisi ke-6 melalui Morabito Mini Edition Parfum Pria Eau de Parfum 22 ml. 

Baca juga: Keharuman 7 Brand Parfum Lokal Ini Mendominasi di E-commerce

5. Wings Care

Lagi-lagi top brand parfum di Shopee masih berlanjut ke pemain lokal, yaitu Wings Care. Perusahaan terkemuka di Indonesia ini menghadirkan produk parfum dengan merek Fresh & Natural.  

Dengan membawa citra yang menyegarkan dan alami, Wings Care sukses mencetak penjualan hingga 21.7K produk dalam sebulan. Produk parfum tersebut juga tersedia dengan beberapa varian dan harganya sekitar Rp13.557* sehingga hemat di kantong. 

Jika Anda tertarik data FMCG E-commerce Report 2022 bisa mengakses selengkapnya secara GRATIS DI SINI.

Manfaat Melakukan Riset Pasar dan Menganalisis Data Penjualan

Data penjualan dari produk parfum di Tokopedia dan Shopee tersebut membuktikan bahwa tiap brand di masing-masing e-commerce belum tentu performanya sama. Bagi pelaku bisnis, tentu ini penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan posisi perusahaan dalam menguasai pasar di e-commerce tersebut. 

Terkait hal tersebut, perusahaan perlu mengandalkan riset pasar dan menganalisis data penjualan agar performa bisnis bisa terpantau secara terukur dan jelas. Di sisi lain, aktivitas tersebut juga memberikan sejumlah manfaat sebagai berikut. 

1. Jeli melihat peluang bisnis

Tujuan utama dari riset pasar, yakni mengetahui kondisi dari industri yang sedang digeluti sehingga Anda bisa melihat tren dan kebutuhan konsumen. Data dari riset pasar merupakan info penting yang dapat menjadi bekal bagi perusahaan dalam menyusun strategi. 

Riset pasar juga membuka peluang bagi perusahaan agar lebih jeli melihat celah bisnis dan menjadikannya ide untuk mengembangkan usaha. Misalnya, pengembangan produk, kemasan, atau strategi khusus berdasarkan kondisi pasar saat itu. 

2. Controlling performa bisnis

Setiap perusahaan pastinya memiliki indeks penilaian terhadap performa bisnisnya. Namun, bagaimana dengan performa kompetitor? 

Meski performa bisnis perusahaan sedang dalam kondisi stabil atau meningkat, tidak lantas hal tersebut menjadi penjualannya lebih baik. Bisa saja ada kompetitor yang jauh lebih unggul pencapaiannya, tapi perusahaan tutup mata akan hal itu karena tidak melakukan riset pasar. 

Itulah alasan betapa pentingnya riset pasar dalam memantau pergerakan bisnis baik dari perusahaan maupun kompetitor. Dengan begitu, perusahaan dapat meninjau posisi bisnisnya secara real time berdasarkan data riset yang terukur. 

3. Sebagai acuan dalam menyusun strategi yang tepat

Ujung tombak dari pemanfaatan riset pasar, yakni diimplementasikan dalam penyusunan strategi yang tepat. Perlu diingat, strategi yang unggul belum tentu cocok atau tepat dilaksanakan sehingga butuh riset pasar untuk memastikannya. 

Riset pasar akan membantu Anda dalam meminimalisir kegagalan dalam menyusun strategi. Hal itu dikarenakan ada data riset pasar yang bisa menjadi acuan dalam setiap pengambilan keputusan bisnis.  

Lakukan Riset Pasar untuk Mengembangkan Usaha Anda!

Apabila Anda cermati dari data penjualan parfum di Shopee dan Tokopedia tersebut, dapat dilihat bahwa harga produk tersebut cenderung berbeda. Harga produk parfum di Shopee dari sejumlah brand terpantau lebih murah dibandingkan di Tokopedia. 

Maka, tak mengherankan jika penjualan produk parfum di Shopee lebih tinggi ketimbang e-commerce yang identik dengan warna hijau tersebut. Kondisi ini juga menunjukkan bahwa konsumen Indonesia masih menjadikan harga sebagai salah satu pertimbangan utama dalam membeli produk. 

Sebab itu, harga dapat menjadi salah satu tools sebagai strategi dalam mendongkrak penjualan produk di e-commerce. Strategi ini akan lebih maksimal apabila perusahaan merencanakannya secara matang berdasarkan data riset pasar. 

Namun, tidak semua riset pasar menyediakan data yang bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Padahal, ini sama urgensinya dalam bisnis agar data yang diperoleh sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan. Dengan demikian, setiap aktivitas bisnis jadi lebih efektif karena perusahaan tidak perlu repot sortasi data yang tidak penting. 

Hal ini bisa diperoleh melalui Compas Dashboard, fitur e-commerce market insight yang akan mendorong pengembangan bisnis Anda. Melalui manfaat Compas Dashboard, Anda dapat mengakses data riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. 

Buktikan segera manfaatnya dengan menghubungi Team Compas atau DM Instagram Compas dan jadilah jawara di e-commerce

Atau, jika Anda tertarik data FMCG E-commerce Report 2022 bisa mengakses selengkapnya secara GRATIS DI SINI.

*Penentuan average price berdasarkan riset Compas Dashboard di official store Shopee dan Tokopedia dengan tidak mengikutsertakan produk bundling

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.