logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
jajaran 5 Brand Diet Detox Terlaris

Herwell Tembus 3 Besar! Ini Jajaran 5 Brand Diet Detox Terlaris di E-commerce Periode Januari 2023

Herwell Tembus 3 Besar! Ini Jajaran 5 Brand Diet Detox Terlaris di E-commerce Periode Januari 2023

Author: Salsabila

 

Compas.co.id Dalam beberapa tahun terakhir, produk diet detox menjadi semakin populer di kalangan konsumen karena mulai tergerak untuk menjaga kesehatan dan penampilan mereka. Tidak hanya menyegarkan dan menyehatkan, produk ini juga dianggap sebagai cara yang efektif untuk membersihkan tubuh dari racun dan merangsang metabolisme. Tak heran jika produk diet detox ini menjadi salah satu produk sehat terlaris di e-commerce Indonesia. 

Produk Diet Detox masuk ke dalam kategori Health dalam industri FMCG, dari riset dalam Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 diketahui Kategori Suplemen Makanan menguasai setengah market Health dengan angka market share 56%. Salah satu subkategori yang mendorong perolehan market share Suplemen Makanan adalah subkategori Diet Detox.

Di antara banyak merek yang tersedia, Data Compas Dashboard melihat ada lima merek Diet Detox yang berhasil mencuri perhatian konsumen dan memimpin pasar diet detox terlaris. Bagaimana lima merek ini bisa menjadi begitu populer dan mengapa konsumen begitu tertarik dengan produk ini? Mari kita telusuri lebih lanjut mengenai data penjualan di periode Januari 2023 dan strategi pemasarannya.

Banner Insight

Top 5 Brand Diet Detox Terlaris di E-commerce Periode 1-31 Januari 2023: Ada Brand Herwell yang Masuk 3 Besar!

Top 5 Brand Diet Detox Terlaris di E-commerce Periode 1-31 Januari 2023

1. Flimty

Brand Diet Detox dengan Brand Ambassador selebriti kondang Deddy Corbuzier ini juara 1 dengan perolehan market share tertinggi di antara yang lain. Deddy berhasil menjadi brand image yang sukses untuk Flimty karena ia konsisten menjalani program diet sehingga terbukti memiliki tubuh sehat dan berotot berkat diet dan olahraga yang dijalaninya.

Data Compas Dashboard yang dapat memantau pergerakan market secara real time, melihat Flimty sukses meraih market share tertinggi yakni 35,07%. Adapun tingkat sales quantity-nya di angka 25.7 ribu produk diet detoxnya laris di Tokopedia dan Shopee sebagai channel online marketing paling nyaman bagi konsumen. Dari penjualan puluhan ribu produk tersebut, Flimty mengantongi Rp7.2 miliar di bulan Januari tahun 2023.

Untuk semakin meningkatkan brand awareness, Flimty ikut serta meramaikan konser Mega Girlband Blackpink dengan mengeluarkan produk Flimty Limited Pink Edition. Produk tersebut berisi 1 box Flimty Fiber 16 sachet, 10 exclusive photocard member, dan 1 voucher tiket Blackpink In Your Area Popup Store & Exhibition in Jakarta. 

Mengadakan Flimty 30 Day Challenge yaitu program yang menantang masyarakat untuk komitmen melakukan diet selama 30 hari yang didukung dengan asupan produk dari Flimty. Aktivitas challenge seperti ini menarik perhatian masyarakat yang sering malas dan tidak konsisten menjalankan program dietnya. Tapi dengan adanya program challenge seperti ini, bisa menambah semangat masyarakat.

Strategi penjualannya sendiri menyediakan produk bundling di e-commerce, agar konsumen lebih hemat berbelanja dan mendapatkan lebih banyak manfaat. Brand diet detox ini juga kerjasama endorsement dengan public figure seperti pasangan Raffi-Nagita sehingga masyarakat lebih menaruh kepercayaannya pada produk-produk Flimty.

Baca juga: 5 Top Produk Diet Detox, Flimty Fiber Kuasai Pasar! 

2. Balans

Selanjutnya di posisi kedua ada brand Balans yang memiliki beberapa varian minuman diet detox yang menyehatkan. Produk Balans aman dikonsumsi karena sudah tersertifikasi halal dan BPOM. 

Balans adalah minuman jenis fiber/serat dengan probiotik yang dapat mencukupi kebutuhan serat harian dan mendukung program diet konsumen dengan cara membuat perut kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan nyamil dan mengontrol nafsu makan. Serta membantu melancarkan pencernaan sehingga konsumen bisa buang ‘sampah’ tiap hari. 

Data Compas Dashboard memantau Balans meraih pangsa pasar diet detox terlaris sebesar 7,96%. Di e-commerce sendiri, produk Balans laku terjual 3.6 ribu dan menjadi produk kepercayaan masyarakat yang sedang menjalani program diet. Periode Januari ini, Balans mengantongi Rp1.6 miliar untuk produk diet detoxnya.

Banner E-Commerce Report

Dalam aktivitas onlinenya di media sosial, Balans banyak sharing edukasi terkait kesehatan dan kebugaran tubuh. Dan tak mau kalah dengan kompetitornya, Balans pun menghadirkan Nu Balans You Challenge dimana konsumen berpartisipasi dalam tantangan diet dari Balans selama 1 bulan.

Di e-commerce Balans juga menawarkan berbagai produk bundling yang lebih hemat karena ini adalah produk yang rutin dikonsumsi oleh konsumen. Menjual produk bundling tentunya harga lebih murah bagi konsumen daripada membeli satuan.

Balans tak lupa menggunakan strategi marketing berupa kerjasama dengan influencer untuk meningkatkan brand awareness dan menaikkan jumlah penjualannya.

3. Herwell

Herwell merupakan brand lokal yang fokus pada minuman kesehatan untuk mendukung diet konsumen. Pada zaman ini banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatan tubuhnya, ditambah terlalu sibuk bekerja sehingga kurang ada waktu untuk olahraga. Herwell hadir di tengah masyarakat untuk membantu menurunkan berat badan lebih mudah.

Brand Herwell masuk dalam pantauan data Compas Dashboard, dengan meraih market share sebesar 5,28%. Awal tahun ini Herwell mengantongi Rp1.1 miliar yang kurang lebih setara dengan 3.9 ribu produk terjual di 2 e-commerce besar Indonesia, yaitu Shopee dan Tokopedia.

Strategi brand yang berkecimpung dalam subkategori Diet Detox sepertinya tak bisa lepas dari program diet challenge. Sama seperti saingan bisnisnya, Herwell pun mengadakan event diet challenge selama 30 hari dengan menggunakan produk Herwell. Menariknya, peserta akan mendapatkan bimbingan olahraga dengan personal trainer partner Herwell dengan menyesuaikan aktivitas peserta. Jika sudah lulus challenge, ada kemungkinan peserta diangkat menjadi Brand Ambassador Herwell.

Kemudian strategi digital marketing Herwell sendiri terlihat banyak sharing edukasi seputar kebugaran dan kesehatan tubuh. Budget marketing Herwell dialokasikan untuk menggandeng Ivan Gunawan sebagai sosok public figure. 

Herwell sendiri sering membagikan diet journey konsumennya untuk membuktikan pada masyarakat lebih luas bahwa Herwell mampu mendukung program diet masyarakat. Bahkan diet journey ini memiliki akun terpisah dari official account Herwell. Dengan membuat akun terpisah seperti itu, Herwell membuat konsumennya merasa diet journey mereka berharga dan berarti bagi brand

Baca juga: 10 Top Brand Diet Detox Terlaris di Shopee dan Tokopedia

4. Beaudelab

Lalu ada Beaudelab milik Meliani Muljoredjo yang berdiri tahun 2019. Brand diet detox lokal ini bekerjasama dengan banyak beauty influencer untuk promosi dan meningkatkan brand awarenessnya. Sebut saja nama Jovi Adhiguna, Suhay Salim, Haico Van Der Veken, Alice Norin, Fatya Biya dan lainnya.

Data Compas Dashboard melaporkan Beaudelab ada di posisi ke 4 dengan jumlah penjualan di Januari 2023 sebanyak 11.6 ribu produk. Market share yang berhasil diambil produk diet detox dari Beaudelab ini di angka 4,13% dengan meraup pendapatan sebanyak Rp852.6 juta.

Banner Insight

Berbeda dengan para pesaingnya yang fokus pada minuman untuk diet, Beaudelab sendiri lebih fokus minuman sehat untuk kecantikan walaupun memiliki produk minuman diet yaitu Fiber Meal and Rep Powder Drink yang dapat membuat merasa kenyang 2x lebih lama, melancarkan pencernaan, dan dapat dikonsumsi sebagai pengganti makanan. 

Jika dilihat dari aktivitas media sosialnya, Beaudelab banyak menginformasikan benefit dari produk-produknya, kemudian sharing foto-foto before after perubahan tubuh saat mengonsumsi produk Beaudelab. Lalu ikut meramaikan double date di e-commerce untuk mendongkrak penjualannya.

5. Madam Royale (Slimming Pro)

Posisi kelima brand diet detox pilihan masyarakat jatuh pada Madam Royale untuk produk Slimming Pro nya. Data Compas Dashboard melihat pergerakan bisnis Madam Royale di periode Januari 2023, berhasil menjual 4.7 ribu botol suplemen dietnya. Penjualan tersebut setara dengan Rp819.7 juta. Market share yang dikuasai merek ini sebesar 3.97%.

Produk suplemen dietnya dibanderol dengan harga Rp175.000 berisi 60 kapsul diet. Slimming Pro diklaim menjadi solusi langsing tanpa efek samping. Benefit yang bisa didapatkan oleh konsumen antara lain membantu mengurangi lemak tubuh dan membakar kalori lebih cepat. Produk ini cukup digemari masyarakat lantaran harganya yang bersahabat di kantong dan efeknya bisa langsung dirasakan oleh konsumennya. 

Kesimpulan

Dari kelima brand di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa brand diet detox yang masuk tiga besar yakni Flimty, Balans, dan Herwell sama-sama memiliki program diet challenge untuk mengajak masyarakat komitmen diet menggunakan produk mereka masing-masing. Program tersebut cukup powerful guna meningkatkan brand awareness dan menjalin kedekatan dengan konsumen.

Kemudian mayoritas brand di atas, terutama brand yang masuk 3 besar terlihat hanya fokus pada produk diet detox yang digunakan sebagai pendamping diet konsumen. Sedangkan 2 brand lain belum terlalu fokus pada produk diet detoxnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.