Bisnis Online Terlaris Tahun 2022

Cuan! 6 Bisnis Online Terlaris Tahun 2022 

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Membangun bisnis online kini bukanlah hal baru dan justru jadi tren tersendiri dalam dunia usaha. Tren bisnis online tersebut juga mendapat sambutan baik dari masyarakat Indonesia, khususnya pengguna situs belanja online

Hal tersebut dapat Anda lihat dari proyeksi pertumbuhan bisnis online yang menunjukkan tren positif. Kondisi tersebut juga didukung dengan percepatan teknologi digital yang banyak diadaptasi oleh berbagai sektor industri di Indonesia. 

Lantas, bagaimana fakta di lapangan sebenarnya? Kupas, info selengkapnya dalam data yang diulas berikut ini. 

Fakta: Bisnis Online Lebih Unggul Ketimbang Bisnis Konvensional

Pesatnya bisnis online di Indonesia ini bisa dikatakan tidak lepas dari peristiwa pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan dari laporan Kominfo yang memproyeksikan bisnis berbasis digital di Indonesia akan tumbuh 33,2% pada 2020 dengan nilai transaksi Rp253 triliun, namun justru meningkat menjadi Rp337 triliun pada tahun tersebut. 

Salah satu usaha online yang berhasil menunjukkan prestasi terbaiknya adalah bisnis di e-commerce. Mengutip dari laman Kominfo, nilai perdagangan elektronik atau e-commerce di Indonesia sukses meraih angka 78% pada 2019 dan termasuk tertinggi di dunia. Selain itu, riset Facebook, Bain & Company memprediksi sektor bisnis online di Indonesia akan tumbuh 3,7 kali lipat pada 2025 nanti. 

Melejitnya bisnis online di Indonesia tersebut juga dipengaruhi gaya hidup masyarakat yang beralih secara digital. Tercatat, selama periode 2021-2022 (Q1), jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 220 juta orang berdasarkan riset APJII. 

Dari segi pasar dan potensinya, dapat dilihat bahwa bisnis online lebih unggul ketimbang bisnis konvensional. Ditambah lagi, teknologi digital akan terus berkembang sehingga tren bisnis online ini turut berkembang pula. 

Baca juga: 4 Cara Bisnis Online untuk Pemula

Mengapa Bisnis Online Lebih Diminati Masyarakat?

Mengapa Bisnis Online Lebih Diminati Masyarakat

Selain dari beberapa data tersebut, bisnis online juga menawarkan banyak manfaat sehingga lebih diminati masyarakat. Berikut sejumlah alasan mengapa bisnis online lebih dipilih para pebisnis. 

1. Mudah dan praktis

Bisnis online banyak digemari lantaran prosesnya mudah dan praktis karena kegiatan jual-beli hingga pembayaran bisa dilakukan secara online. Pelaku usaha dapat menjalankan bisnis di manapun dan kapanpun. 

Cara menjalankan bisnis online pun gampang dan metodenya beragam. Mulai dari jualan online di e-commerce, di media sosial, atau platform digital lainnya. 

Apalagi dalam segi promosi, Anda tidak perlu ribet mencetak banner atau pasang iklan di billboard. Cukup membuat konten yang menarik dan unik, Anda bisa meningkatkan brand awareness produk sehingga kegiatan promosi produk jadi lebih efisien. 

2. Hemat biaya

Alasan utama bisnis online banyak peminatnya tidak lain karena modalnya lebih terjangkau. Anda tidak perlu sewa toko atau mencetak brosur untuk promosi, cukup menjalankan bisnis tersebut di platform digital.

Dengan begitu, Anda tidak harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk buka usaha. Dana tersebut juga bisa dialokasikan untuk meningkatkan biaya produksi atau pengembangan produk lainnya. 

3. Jangkauan pasar lebih besar

Bisnis online merupakan satu-satunya cara agar Anda bisa menjangkau konsumen dalam skala besar secara instan. Melalui platform digital, Anda dapat memperluas pasar hingga skala internasional. 

Baca juga: Catat! 5 Ide Jualan Makanan Online yang Laris

4. Media promosi luas

Seperti pemaparan sebelumnya, jangkauan pasar bisnis online ini tak terbatas karea media promosinya pun luas. Mulai dari media sosial, website, atau platform digital lainnya bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis Anda. 

5. Transaksi cepat

Ada berbagai metode pembayaran yang bisa Anda pilih dalam bisnis online. Mulai dari transaksi lewat m-banking, ATM, kartu kredit, e-wallet, atau QRIS. 

Menariknya lagi, semua riwayat transaksi otomatis akan tercatat dalam sistem. Hal ini akan mempermudah Anda dalam melihat record atau melakukan tracking data penjualan sehingga pencatatan keuangan jadi lebih akurat dan terdata. 

6 Bisnis Online Terlaris Tahun 2022

bisnis online terlaris

Jika Anda terjun ke bisnis online, kenali beberapa produk terlaris berikut ini agar jualan makin cuan. 

1. Produk perawatan wajah

Layaknya kebutuhan pokok, jualan produk perawatan wajah seolah tidak ada habisnya mengingat tingginya awareness masyarakat untuk menjaga penampilan. Data Compas Dashboard mencatat, produk perawatan wajah laris terjual lebih dari 18 juta produk selama semester I – 2022. 

Beberapa kategori perawatan wajah yang direkomendasikan jadi ide bisnis online terlaris di antaranya produk pembersih wajah, produk serum wajah, dan produk pelembab wajah. Dalam catatan Tim Compas, sebagian besar produk perawatan wajah tersebut berhasil dikuasai oleh deretan brand lokal ternama. 

2. Produk perawatan tubuh

Berikutnya ada kelompok produk perawatan tubuh yang ludes terjual hingga 7,7 juta produk lebih selama periode Januari – Juni 2022. Menurut pantauan Tim Compas, produk perawatan tubuh yang masuk jajaran bisnis online terlaris, yakni body lotion body butter, sabun mandi, dan deodoran.

3. Produk kosmetik bibir

Tak hanya produk perawatan saja yang laris manis, kosmetik juga berhasil masuk deretan bisnis online terlaris di e-commerce khususnya pada produk kosmetik bibir. Produk tersebut memperoleh penjualan hingga 4,7 juta lebih sepanjang semester I – 2022. 

Tak mengherankan jika bisnis komestik tersebut begitu menjanjikan. Apalagi jika Anda menjual beberapa produk terlaris dari kategori kosmetik bibir seperti lipstik, lip tint, dan lip gloss. 

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Omset Penjualan Online

4. Produk bahan pokok

Produk dari kategori F&B juga tak kalah larisnya dari kategori Beauty&Care tersebut. Jika Anda menjajali bisnis online terlaris dari kategori F&B, maka menjual bahan pokok adalah opsi tepat. 

Bahan pokok termasuk kategori produk terlaris dengan penjualan mencapai lebih dari 3,4 juta pcs. Beberapa jenis produk bahan pokok yang laris di e-commerce di antaranya kecap sambal, beras, penyedap rasa, minyak, dan gula. 

5. Produk makanan instan

Selanjutnya, ada kategori makanan instan yang memperoleh penjualan hingga 3,2 juta produk lebih. Di e-commerce, kategori makanan instan yang paling digemari berasal produk mie pasta instan, bumbu instan, dan beberapa jenis makanan instan lainnya. 

6. Produk makanan ringan

Rasanya tren konsumsi masyarakat Indonesia tidak lepas dari makanan ringan. Terbukti, meski bukan bagian dari kebutuhan pokok, makanan ringan mampu tembus penjualan sebanyak 2,8 juta produk lebih. 

Beberapa jenis makanan ringan yang jadi favorit konsumen di e-commerce di antaranya berupa biskuit, kue kering, keripik, kerupuk, dan makanan ringan manis lainnya. 

Informasi seputar kategori produk terlaris untuk bisnis online ini juga dapat menggambarkan tren pasar atau kebutuhan konsumen saat ini. Tren pasar di e-commerce dapat berubah-ubah setiap waktu sehingga perusahaan perlu update info tersebut. 

Caranya, yakni dengan melakukan riset pasar. Riset pasar akan lebih efektif ketika perusahaan berhasil memperoleh data sesuai kebutuhan bisnisnya. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.