Ide Jualan Makanan yang Laris

Catat! 5 Ide Jualan Makanan Online yang Laris 

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Penjualan makanan secara online kini jadi bisnis yang menjanjikan. Ditambah lagi adanya pandemi Covid-19 yang mulai mengubah kebiasaan konsumen Indonesia dengan belanja online

Data dari Jessica Stephanie Jap, AVP of Category Development for FMCG and Long Tail Categories Tokopedia mencatat, tren penjualan produk makanan dan minuman telah meningkat hingga tiga kali lipat sepanjang 2020. 

Ditambah lagi, transaksi e-commerce di Indonesia tercatat meraih angka Rp108.54 triliun pada kuartal I 2022. Maka, tidak mengherankan banyak perusahaan melirik bisnis tersebut di e-commerce

Mengapa Berjualan Makanan Online Lebih Digemari Saat Ini?

Ada banyak keuntungan yang bisa perusahaan peroleh jika berjualan makanan online. Pertama, makanan merupakan kebutuhan pokok sehingga menjalankan bisnis tersebut tidak ada matinya. Kedua, bisnis jualan makanan online dapat menjangkau pasar lebih luas dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang ada. 

Selain itu, bisnis makanan online juga praktis dan bisa dilakukan di mana saja serta kapan saja. Bahkan, Anda tidak harus menyewa tempat untuk membuka toko sehingga ini bisa menekan modal usaha. 

5 Ide Jualan Makanan Online yang Laris

5 Ide Jualan Makanan Online yang Laris 

Ada berbagai jenis makanan online yang bisa Anda jadikan usaha. Namun, akan lebih baik jika produk makanan yang Anda jual sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sebab itu, ketahui ide jualan makanan online yang laris berikut ini untuk memudahkan Anda dalam merancang bisnis.

1. Mie pasta instan

Data Compas Dashboard menunjukkan, penjualan mie pasta instan menduduki peringkat pertama kategori produk makanan paling laris di e-commerce. Total penjualan produk makanan tersebut mencapai Rp13.5 miliar dengan sales quantity sebesar 935,6 ribu produk. 

Data tersebut juga didukung dengan riset Instantnoodles yang menemukan bahwa tingkat konsumsi mie instan di Indonesi meningkat 4,89% dari 12,6 miliar porsi pada 2020 menjadi 13,27 miliar pada 2021. Kondisi ini menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia memang gemar mengonsumsi mie instan. 

Tidak mengherankan jika produk tersebut bisa jadi ide jualan makanan online yang laris. Namun, sebaiknya Anda harus membuat varian rasa unik atau inovasi jika ingin mencoba bisnis ini karena kompetitornya berasal dari brand-brand besar. 

2. Biskuit kue kering

Ide jualan makanan online yang laris berikutnya adalah biskuit kue kering. Data Compas Dashboard mencatat, total penjualan biskuit kue kering tembus hingga Rp12.6 miliar pada kuartal II 2022. Sementara sales quantity-nya mencapai 677,4 ribu produk.

Bisnis kue kering ini memang begitu legit, apalagi menjelang perayaan hari besar seperti Natal, Tahun Baru, atau Hari Raya Idul Fitri. Terbukti, penjualan kue kering sukses meraih angka fantastis sebesar Rp5 miliar hanya dari awal bulan Februari 2021. 

Beberapa jenis kue kering populer yang bisa Anda jadikan bisnis, yaitu nastar, kastengel, dan putri salju. Guna memikat konsumen, Anda dapat membuat varian rasa yang lebih unik atau bentuk yang menarik. 

3. Keripik kerupuk

Melansir dari Databoks, Statista Global Consumer Survey pada Oktober 2020 menemukan, orang berusia 25-34 tahun di Indonesia lebih banyak mengonsumsi makanan ringan dengan presentase 30,8%. Laporan tresebut juga memprediksi bahwa rata-rata setiap orang di Indonesia mengonsumsi makanan ringan hingga 4,9 kg pada 2021. 

Sebagai salah satu jenis makanan ringan, keripik kerupuk tentu saja layak masuk sebagai ide jualan makanan online yang laris. Data Compas Dashboard juga membuktikan bahwa kategori makanan ini laris di e-commerce

Sepanjang periode April – Juni 2022, keripik kerupuk berhasil meraih total penjualan senilai Rp5.7 miliar dengan sales quantity sebesar 289,6 ribu produk. Hal ini menggambarkan bahwa konsumen Indonesia memang doyan akan camilan. 

4. Sereal

Kategori makanan selanjutnya yang bagus untuk ide jualan makanan online, yaitu sereal. Meski makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi, tapi sereal dapat jadi pilihan alternatif bagi yang sedang diet atau ingin sarapan praktis. 

Hal ini dapat dilihat dari total penjualan produk sereal selama kuartal II 2022, yakni meraih Rp8.6 miliar dengan sales quantity sebanyak 225,9 ribu produk. Sementara data terbaru Compas Dashboard menunjukkan beberapa merek yang berhasil jadi top produk sereal di antaranya Fitbar, Energen, Quaker, Nestle, dan Simba.

5. Cokelat

Siapa yang tidak suka cokelat? Hampir semua orang rasanya menyukai makanan manis yang satu ini. 

Cokelat jadi makanan terlaris di e-commerce dengan total penjualan senilai Rp6.3 miliar dan sales quantity mencapai 198,7 ribu produk. Contoh olahan produk cokelat yang bisa Anda jadikan bisnis di antaranya minuman cokelat, selai, permen, dan lainnya. 

5 Tips Membuka Bisnis Makanan Online

5 Tips Membuka Bisnis Makanan Online

Kini, banyak perusahaan besar yang awalnya berfokus pada penjualan konvensional beralih untuk memaksimalkan pemasaran secara online. Bagi perusahaan besar pun, memasarkan produk dengan online tentu membutuhkan strategi yang tepat. 

Apalagi bisnis makanan online yang kompetitornya tidak sedikit. Agar penjualan berjalan maksimal, berikut kiat-kiat dalam membuka bisnis makanan online di e-commerce yang bisa Anda coba. 

1. Tentukan ide dan konsep bisnis

Apabila Anda sudah menentukan ide dan konsep bisnis dalam bentuk konvensional, maka sebaiknya diganti ke arah usaha secara digital. Langkah awal bisa Anda mulai dengan melakukan riset pasar dan produk terlebih dahulu. 

Ini merupakan hal penting agar produk yang Anda jual sesuai kebutuhan pasar. Apabila Anda menjual produk A secara langsung dan laris, belum tentu produk A tersebut juga akan laris di e-commerce. Untuk itu, lakukan riset secara tepat untuk memperkuat ide dan konsep bisnis Anda. 

2. Perhitungkan modal secara akurat

Jika bisnis sudah berjalan lalu bertransformasi ke e-commerce, maka Anda perlu menyiapkan budget dalam masa transisi tersebut. Perhitungkan modal dengan akurat agar pengeluaran perusahaan sesuai kebutuhan. 

Biasanya, biaya paling besar digunakan untuk dana operasional atau maintenance marketing dalam bisnis seperti pembelian domain untuk website dan pembiayaan digital marketing. Tak hanya itu, Anda juga perlu mengalokasikan dana untuk promosi digital. 

3. Desain menarik toko online

Sebelum meluncurkan toko online di e-commerce, alangkah baiknya membuat sketsa desain dulu. Hal tersebut guna memberikan gambaran visual secara kasar toko online yang akan dibuka. 

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mendesain toko online, yakni memastikan bahwa tampilan desain user friendly dan menarik. Selain itu, lengkapi dengan foto, banner, atau visual produk yang jelas, informatif, dan memikat mata. 

Untuk jualan makanan online, buatlah desain yang tidak memiliki daya tarik visual. Namun, juga menggiurkan seolah membuat konsumen untuk mencicipi makanan tersebut. Sebagai tambahan, pastikan deskripsi produk makanan informatif dengan disertai sertifikasi seperti label Halal dan BPOM.

4. Menerapkan strategi digital marketing

Menjalankan bisnis jualan makanan online tanpa menerapkan strategi digital marketing, sama saja membawa usaha itu menuju kegagalan. Kunci kesuksesan berjualan online adalah memahami dan menjalankan strategi tersebut secara tepat. 

Ada banyak pilihan untuk melakukan digital marketing. Mulai dari promosi di media sosial, membuat artikel di situs, email marketing, dan lainnya. Intinya, manfaatkan platform digital yang paling potensial dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Promosi produk makanan biasanya lebih menarik di Instagram, YouTube, atau TikTok karena pembuatan konten lebih bebas dalam berkreasi. Dalam mempromosikannya, bisa berkolaborasi dengan food influencer agar brand awareness produk bisnis Anda meningkat. 

5. Evaluasi dan tingkatkan pelayanan

Setelah menjalankan strategi marketing, perusahaan harus melakukan evaluasi untuk meninjau performa bisnis dan kinerja karyawan. Melalui evaluasi, Anda dapat melihat kelebihan dan kekurangan selama menjalankan bisnis jualan makanan online tersebut. 

Hasil evaluasi dapat dijadikan panduan untuk mengambil keputusan dalam penerapan strategi berikutnya. Tak hanya itu, strategi tersebut harus diikuti pula dengan peningkatan pelayanan pada konsumen. 

Semoga informasi ide jualan makanan online yang laris tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi bisnis Anda. Perlu Anda catat, setiap bisnis pasti membutuhkan data sebagai panduan dalam melihat kondisi pasar. Perusahaan dapat memperolehnya dengan melakukan riset pasar. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment


Pastikan e-mail yang tertulis benar dan aktif karena kami akan mengirimkan Compas Market Insight ke e-mail tersebut.



Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.