Cari Tahu 5 Barang yang Paling Laris di Shopee

Cari Tahu 5 Barang yang Paling Laris di Shopee

Compas.co.id – Setiap pelaku bisnis tentu ingin jualannya laris di pasar. Untuk mencapai hal tersebut, pebisnis harus melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah dalam menemukan jenis barang yang harus dijual, misalnya barang paling laris di e-commerce

Kini, Anda lebih mudah menggapai hal tersebut dengan memanfaatkan platform digital seperti Shopee. E-commerce asal Singapura tersebut telah menyandang gelar unicorn dengan valuasinya mencapai 1$ miliar atau Rp14 triliun. Ini dapat membuka peluang Anda untuk meraih target konsumen dalam skala besar.

Guna memaksimalkan bisnis di e-commerce tersebut, sebaiknya ketahui barang paling laris di Shopee. Dengan begitu, Anda dapat tahu produk yang potensial cuan bagi bisnis Anda.

Baca juga: Ini 5 Brand yang Berpotensi Duduki Top 10 Produk Perawatan Rambut!

4 Cara Riset Barang dan Kategori Terlaris Shopee 

4 Cara Riset Barang dan Kategori Terlaris di Shopee

Bagaimana cara riset barang paling laris di Shopee? Tidak hanya barang, Anda bisa pula menemukan kategori produk terlaris di e-commerce tersebut dengan cara berikut ini. 

1. Memakai fitur produk terlaris

Sebagai pioneer e-commerce di Asia Tenggara, tentu saja Shopee menghadirkan aneka fitur yang menguntungkan penggunanya. Salah satunya adalah fitur produk terlaris. Fitur yang akan membantu Anda mendapatkan informasi mengenai barang paling laris di Shopee. 

Melalui fitur tersebut, Anda dapat mengamati kategori produk dengan harga terbaik, produk terlaris dengan harga paling murah, dan informasi lainnya. Data tersebut sangatlah penting sebagai bahan referensi bagi Anda dalam menjalankan strategi penjualan.  

2. Menggunakan fitur pencarian populer

Tak hanya fitur produk terlaris, Anda juga bisa memanfaatkan fitur pencarian populer yang tersedia di Shopee. Fitur tersebut berguna untuk memperoleh data seputar produk yang relevan dengan minat konsumen. 

Menariknya, Anda dapat mengoptimalkan pencarian dengan menekan tombol “ubah” hingga Anda dapat menemukan produk dengan jumlah dibawah 50 ribu. Makin sedikit jenis produk yang muncul, menunjukkan makin sedikit pula kompetitor Anda. Informasi tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai celah bisnis yang potensial menguntungkan. 

3. Memanfaatkan Halaman Shopee Mall

Sebagai online shop, e-commerce tersebut juga menghadirkan Shopee Mall yang menyediakan beragam menu seperti Toko Populer, Voucher Brand, Mall Flash Sale, dan lainnya. Anda dapat menggali data terkait barang paling laris di Shopee melalui menu Toko Populer dan Rekomendasi.

4. Melalui data penjualan

Jika Anda membutuhkan data secara instan, maka bisa memanfaatkan fitur yang tersedia di Compas. Dalam Compas Dashboard, Anda dapat mengumpulkan berbagai informasi data penjualan. Compas, sebagai layanan market insight menawarkan data riawayat penjualan yang dapat membantu Anda meraih peluang pasar dengan maksimal. 

Melalui data penjualan, Anda dapat melihat jenis barang terlaris hingga nama produknya. Selain itu, Anda juga bisa mengenali kompetitor bisnis sekaligus meninjau pencapaiannya. 

Baca juga: Apa Barang Paling Laku di Marketplace?

5 Barang yang Paling Laris di Shopee

5 Barang yang Paling Laris di Shopee

Selanjutnya, bagaimana data penjualan barang paling laris di Shopee pada kuartal II 2022? Hasil data Compas Dashboard menemukan bahwa barang terlaris di e-commerce tersebut pada kategori FnB dan Beauty&Care didominasi oleh produk perawatan dan kecantikan. Informasi selengkapnya dalam 5 produk terlaris tersebut dapat Anda simak berikut ini.

1. Pembersih wajah

Pembersih wajah menjadi kategori produk paling laris di Shopee dengan sales quantity hingga 1.8 juta. Sementara raihan sales revenue produk tersebut mencapai Rp97.2 miliar. Jumlah yang sangat fantastis sehingga produk ini begitu menjanjikan sebagai produk bisnis online.

Data tersebut menunjukkan akan tingginya daya beli konsumen pada produk pembersih wajah di Shopee. Beberapa top brand pembersih wajah di e-commerce tersebut di antaranya Garnier, Kahf, Pond’s, MS Glow, dan lainnya. 

2. Lipstik

Peringkat kedua barang terlaris di Shopee berasal dari produk lipstik. Total penjualan produk tersebut mencapai angka Rp75.3 miliar dengan sales quantity sebesar 1.7 juta. 

Bahkan, data Compas Dasboard mencatat penjualan produk lipstik di Shopee dan Tokopedia tembus hingga Rp14.8 miliar hanya dalam kurun waktu 2 minggu. Beberapa brand lipstik yang menguasai pasar e-commerce tersebut di antranya Maybelline, PINKFLASH, dan Madame Gie.

3. Serum wajah

Riset Tim Compas menyebutkan bahwa bulan Juli 2021 lalu, data penjualan serum di e-commerce sukses dengan capaian senilai Rp148 miliar. Maka, bukan hal yang mengejutkan jika produk serum wajah jadi barang paling laris di salah satu e-commerce tersebut. 

Kali ini, serum wajah berhasil menduduki posisi ketiga dengan total penjualan senilai Rp181.7 miliar dengan sales quantity sebanyak 1.6 juta. Berdasarkan data Compas, sebagian besar top brand tersebut berasal dari brand lokal seperti Scarlett, Somethinc, dan Azarine. 

Baca juga: 5 Top Brand Bedak Padat Terlaris 2022 di Shopee

4. Pelembab wajah

Masih dalam kategori Beauty, produk pelembab masuk daftar produk terlaris dengan total penjualan sebesar Rp136.2 miliar. Adapun sales quantity-nya sama dengan serum wajah. Sebagai bagian dari skincare, pelembab wajah merupakan produk yang wajib digunakan karena berperan penting dalam merawat skin barrier

Lantas, brand apa saja yang unggul penjualan produk pelembab wajahnya di e-commerce? Sama halnya dengan produk serum, top brand pelembab wajah juga berhasil didominasi brand-brand lokal seperti MS Glow, Wardah, dan Somethinc.

5. Body Lotion Body Butter

Barang paling laris di Shopee pada urutan kelima berasal dari kategori body lotion body butter. Kategori tersebut sukses menyabet posisi tersebut dengan total penjualan sebesar Rp78.9 juta dan sales quantity sebanyak 1.4 juta. Data tersebut membuktikan bahwa konsumen tidak hanya aware merawat wajah, tapi juga tubuh. 

Tak hanya merajai tangga penjualan produk serum, brand Scarlett juga menjadi top brand body lotion terlaris pada periode 1-15 September 2021 lalu. Kondisi ini menggambarkan kuatnya brand lokal tersebut dalam bisnis perawatan dan kecantikan kulit. 

Menurut riset Compas, sebenarnya ada beberapa barang terlaris tersebut dari kategori FnB. Namun, penjualan produk tersebut masih di bawah produk Beauty&Care. Beberapa kategori produk FnB yang laris di Shopee di antaranya mie pasta instan, biskuit kue kering, dan kecap sambal. 

Informasi tersebut menjelaskan bahwa menjual produk sesuai kebutuhan konsumen itu penting. Sebagian brand tersebut berhasil mempertahankan eksistensinya karena mampu mengenali target konsumen dan tahu jenis barang yang dibutuhkan pasar. 

Ingin brand Anda masuk jajaran produk terlaris tersebut? Kuncinya, melakukan riset pasar secara tepat sehingga perusahaan dapat memperoleh data penjualan sesuai kebutuhan bisnis. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.