logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Apa Barang Paling Laku di Marketplace

Apa Barang Paling Laku di Marketplace?

Apa Barang Paling Laku di Marketplace?

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Berjualan di marketplace memang susah-susah gampang. Sebab, selain memantau performa penjualan kompetitor, Anda pun harus rajin-rajin mencari produk dengan banyak peminat. Cara termudah untuk mengetahui produk dengan peminat terbanyak adalah dengan mencari tahu seberapa laku produk tersebut di pasaran.

Jika Anda berbisnis online melalui aplikasi e-commerce, tentu Anda dapat mencari produk terlaris di setiap kategori secara mudah dengan bantuan fitur filter yang disediakan aplikasi.

Namun, cara tersebut tentu akan menguras banyak waktu dan tenaga  karena Anda harus memfilter berbagai macam kategori dengan keywords yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, melalui artikel ini, Compas— sebagai spesialis data penjualan e-commerce— akan membantu memberikan solusi dengan menyajikan data penjualan tentang kategori barang paling laku di semester pertama tahun 2022.

 

3 Sub Kategori Barang Paling Laku di Marketplace

Beberapa waktu lalu, Compas telah menerbitkan market insight report 1 semester untuk produk-produk FMCG di Shopee dan Tokopedia yang terjual selama bulan Januari—Juni 2022.

Melalui market insight 1 semester, Compas menemukan bahwa perawatan kecantikan jadi kategori FMCG dengan angka sales quantity terbesar. Adapun 3 subkategori yang jadi pemimpin dalam produk kecantikan adalah perawatan wajah, perawatan tubuh, dan kosmetik bibir.

3 Sub Kategori Barang Paling Laku di Marketplace

Subkategori Perawatan Wajah

Perawatan wajah mencapai sales quantity tertinggi di kisaran angka 19 juta. Subkategori ini membawahi 3 jenis produk yang populer di e-commerce, yakni pembersih wajah, serum wajah, dan pelembap wajah dengan capaian sales quantity masing-masing sebesar 3,8 juta, 3,3 juta, dan 3,1 juta.

Bicara mengenai angka penjualan, maka subkategori perawatan wajah lah yang harus dinobatkan sebagai barang paling laku di marketplace Indonesia, khususnya Shopee. Hal ini mengingat tingginya demand akan produk perawatan wajah hingga berhasil meraih sales quantity sebesar 19 juta.

 

Subkategori Perawatan Tubuh

Menyusul perawatan wajah, subkategori perawatan tubuh berada di urutan kedua. Berdasarkan Compas market insight report 1 semester, sales quantity produk perawatan tubuh mencapai angka lebih dari 5 juta.

Subkategori perawatan tubuh sendiri menaungi berbagai produk dengan demand yang lumayan tinggi, mulai dari sabun, body lotion hingga lulur dan scrub.

 

Subkategori Kosmetik Bibir

Riasan bibir menjadi salah satu step makeup yang tidak boleh dilewatkan. Sebab, tanpa polesan kosmetik bibir, wajah akan terlihat pucat dan tidak segar. Tak heran, produk-produk kosmetik bibir jadi salah satu yang terlaris di berbagai marketplace.

Hal ini pun dibuktikan melalui masuknya kosmetik bibir di urutan ketiga sebagai barang terlaris di marketplace dengan sumbangan sales quantity terbesar. Compas Dashboard mencatat bahwa subkategori kosmetik bibir ini hampir mencapai angka 5 juta untuk sales quantitynya.

Masuk ke dalam jajaran top 3 kategori barang terlaris, produk kosmetik bibir sendiri terdiri dari beberapa jenis, diantaranya terdapat lipstick, lip tint, lip gloss, lip matte, dan lip pencil. Perbedaan jenis lip product ini didasarkan pada perbedaan fungsi, karakteristik, dan hasil finish yang didapatkan.

3 Cara Mencari Barang Jualan Online Paling Menjanjikan

3 Cara Mencari Barang Jualan Online Paling Menjanjikan

1. Riset Pasar dari Berbagai Kanal

Yang pertama, Anda dapat melakukan riset pasar melalui berbagai kanal digital seperti Google Search atau Facebook. Cara ini merupakan cara riset pasar yang paling konvensional.

Pasalnya, Anda harus menyelami tiap-tiap blog, artikel, grup, dan forum untuk mengetahui tren pasar. Cara ini dapat memberikan hasil yang optimal bila dilakukan secara telaten. Namun, tentu menghabiskan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

 

2. Riset Pasar dengan Compas Market Insight Report

Tim Internal Compas secara rutin meluncurkan Compas Market Insight Report yang berisi data penjualan dari tiap kategori produk dengan prestasi penjualan terbaik di event sales tertentu, seperti Tokopedia WIB, Harbolnas, Shopee 8.8, dan Tokopedia Cantik Fest. Selain itu, Compas juga membuat report besar seperti market insight report 1 semester.

Melalui informasi dan data penjualan yang ditampilkan Compas Market Insight, Anda bisa melakukan riset terkait kategori produk yang tengah jadi tren di e-commerce. Dengan begitu, Anda pun bisa mengetahui, kira-kira produk apa saja yang penjualannya selalu stabil di marketplace.

 

3. Riset Pasar Melalui Compas Dashboard

Melakukan riset pasar melalui Compas Market Insight Report sekilas memang terlihat praktis. Namun, jika Anda memilih riset melalui market insight report, itu berarti Anda harus siap menunggu penerbitan tiap-tiap report. Sebab, market insight report oleh Compas tidak diluncurkan setiap hari.

Lantas, bagaimana kalau Anda memiliki urgensi untuk melakukan riset pasar? Ya, Compas Dashboard lah solusinya!

Dengan Compas Dashboard, Anda bisa melakukan riset pasar sesuka hati sekaligus memantau performa penjualan para kompetitor Anda, baik itu brand maupun pemilik toko online. Apalagi, jika Anda memang fokus pada bisnis FMCG. Sebab, Compas Dashboard memuat data-data penjualan produk-produk FMCG, yakni kategori beauty and care, kesehatan, makanan dan minuman, serta mom and baby.

Aspek-aspek penjualan yang ditampilkan Compas Dashboard pun sangat mendetail. Anda dapat melihat angka real dari performa penjualan kompetitor, mulai dari market share hingga sales revenuenya.

Kabar baiknya, kini Anda dapat menjajal Compas Dashboard secara gratis melalui 30 Mins Demo Compas Dashboard. Buktikan sendiri keunggulan data penjualan yang disediakan oleh Compas dan jadilah pemenang di e-commerce!

 

Compas Siap Membantu Bisnis Online Anda

Sebagai spesialis penyedia data penjualan e-commerce, Compas tentu selalu siap membantu Anda dalam menjalankan bisnis online di platform e-commerce. Data penjualan yang disediakan oleh Compas Dashboard dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti untuk riset pasar, memantau penjualan kompetitor hingga dijadikan tolok ukur sebagai

Dengan melakukan riset pasar dan pemantauan terhadap performa kompetitor, sebuah perusahaan atau bisnis dapat mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang paling efektif untuk memperoleh keuntungan.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, kamu juga bisa menjajal Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.