6 Cara Mencapai Target Penjualan
Author: Ivana Deva Rukmana
Compas.co.id – Dalam berbisnis, umumnya ada target penjualan yang harus dicapai. Target penjualan memainkan peran yang cukup signifikan dalam pertumbuhan bisnis. Sebab, target penjualan dapat membantu melacak kemajuan penjualan di setiap periodenya.
Selain itu, target penjualan juga dapat menunjukkan kapabilitas bisnis sehingga bisa dijadikan sebagai tolok ukur untuk menyesuaikan strategi marketing yang cocok dan mengantisipasi persaingan pasar.
Apa itu Target Penjualan?
Target penjualan adalah jumlah penjualan yang ditentukan perusahaan dalam unit atau volume yang ditetapkan sebagai target untuk tim penjualan (sales) dalam periode waktu bulan, kuartal, atau tahun.
Angka atau jumlah yang dituju harus ditentukan melalui analisis yang tepat dan realistis berdasarkan trend dan kondisi pasar untuk dapat dicapai oleh tim penjualan. Target penjualan merupakan bagian dari rencana penjualan dan digunakan untuk mencapai sasaran kinerja yang telah ditetapkan dalam rencana pemasaran bisnis. Menyiapkan atau menetapkan jumlah yang dituju ini membantu Anda dan tim penjualan tetap fokus untuk mencapai tujuan bisnis.
Bagaimana Cara Menentukan Target Penjualan pada Bisnis Online?
Dilansir dari Hashmicro.com, ada 5 cara menentukan target penjualan. Kelima cara tersebut terintegrasi dalam sebuah strategi bernama SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, dan Time-bounded) sebagai berikut.
- Specific: Target penjualan yang ditentukan harus spesifik. Artinya, target harus memiliki dasar pencapaian yang pasti dan tidak mengambang. Target yang spesifik, salah satunya dapat ditunjukkan dalam bentuk angka yang bulat, bukan kisaran atau perkiraan. Misal, pada periode ini, brand A memiliki target penjualan yang harus tercapai sebanyak 100.000 unit produk.
- Measurable: Target penjualan yang baik harus measurable (dapat diukur). Artinya, perusahaan bisa mengetahui ukuran ketercapaian dari target penjualan yang telah dibuat.
- Attainable: Target penjualan yang baik adalah yang dapat diraih, baik oleh perusahaan tim penjualan, maupun setiap anggota dalam tim penjualan. Perusahaan harus menentukan capaian penjualan yang perlu seluruh tim yakini dapat mereka raih pada akhir periode. Jika perusahaan akan menaikkan target, maka harus membuat angka kenaikan yang memang bisa tercapai.
- Realistic: Target harus dapat kamu tentukan secara realistis. Setiap perusahaan sudah pasti mengharapkan hasil penjualan yang spektakuler. Namun, capaian penjualan yang spektakuler harus dapat kamu imbangi dengan kualitas produk atau benefit yang bisa konsumen dapatkan. Tanpa hal-hal tersebut, maka sudah pasti target justru akan menyulitkan sales. Maka dari itu, target harus kamu buat secara realistis, yaitu sesuai dengan kewajaran dan seimbang dengan faktor-faktor lain yang ada di dalam perusahaan.
- Time Bounded: Target yang baik harus punya batasan waktu. Artinya, ada batas berakhir untuk mengukur keberhasilan atas ketercapaian target tersebut. Perusahaan tidak dianjurkan untuk membuat capaian penjualan tanpa menentukan batas waktu penjualan tersebut dapat tercapai.
6 Cara Mencapai Target Penjualan pada Bisnis Online
Mencapai target penjualan memang susah-susah gampang. Namun, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Apalagi, jika Anda sudah menemukan cara dan strategi yang tepat untuk mencapai target. Nah, berikut 6 cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi target penjualan.
1. Tentukan Target yang Realistis
Dalam hal menentukan target pun ada yang perlu diperhatikan. Sebaiknya buatlah target yang realistis. Sesuaikan dengan ukuran pasar serta sumber daya yang Anda punya.
Jika pasar sedang lesu, jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan penjualan yang tinggi.
Hal ini justru membuat kerugian pada Anda. Lalu buatlah rencana tindakan yang akan dilakukan sesuai dengan strategi sales untuk mencapai target penjualan tersebut.
2. Tetapkan Deadline atau Tenggat Waktu
Setelah menentukan titik target yang akan dicapai, maka perlu dikontrol dengan menetapkan tenggat waktu. Tenggat waktu yang jelas membutuhkan penelitian dan waktu untuk menentukannya.
Jika sebelumnya Anda telah mempunyai sebuah bisnis, maka jadikan itu sebagai acuan pembanding dengan standar yang berlaku di bisnis serupa.
Namun jika belum, maka Anda bisa menentukan berdasarkan seberapa besar beban yang harus dikerjakan dan sumber daya dalam pengerjaannya. Anda bisa saja menentukan tenggat yang ketat, tetapi Anda pun perlu memberikan motivasi yang lebih serta reward kepada tim yang berpartisipasi.
3. Lakukan Riset Konsumen
Jika dahulu untuk mendapatkan tingkat penjualan yang tinggi Anda hanya perlu memikirkan produk yang akan dipasarkan, maka saat ini banyak hal yang telah berubah.
Kini kunci dalam kesuksesan bisnis adalah menciptakan, memberikan dan mengkomunikasikan nilai-nilai yang dipegang konsumen untuk memuaskan konsumen itu sendiri.
Ini karena masyarakat senantiasa berubah, baik dari segi selera, keinginan dan kebutuhan. Mereka juga lebih pintar dalam memilih mana produk yang sesuai dengan mereka dan mana yang tidak.
Untuk itu, yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti kebiasaan konsumen dalam menciptakan sistem pemasaran dan produk Anda. Agar mencapai hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Melalui ini Anda bisa menemukan kebiasaan-kebiasaan calon konsumen Anda. Setelah itu, bisa ditingkatkan dengan mengetahui kegiatan-kegiatan mereka
4. Bangun Hubungan Baik dengan Mitra sebagai Cara Mencapai Target Penjualan
Di balik bisnis yang berkembang pesat, ada hubungan kerja sama dengan mitra yang terjalin dengan baik. Kemitraan pada hakikatnya merupakan kerjasama atau gotong royong, baik secara kelompok maupun individu untuk mencapai suatu tujuan usaha yang dilakukan.
Mitra bisa dalam bentuk apa saja, bisa ituinvestor, kreditur, karyawan yang bekerja untuk Anda, supplier, klien, bahkan konsumen yang membeli.
Untuk membangun kerja sama yang baik, maka diperlukan sikap saling menghormati, saling mempercayai, serta mempunyai kesamaan visi dan misi.
Selain itu perlu ada upaya berupa strategi agar berbagai pihak ini mau bermitra dengan Anda. Ajukan rencana bisnis yang baik, pengelolaan keuangan yang rapi, kinerja yang optimal, serta bantuan ataupun layanan yang maksimal.
Hubungan baik ini akan menumbuhkan nilai bisnis Anda dan meningkatkan budaya yang saling melengkapi. Semakin tinggi nilai Anda dan semakin banyak kontribusi yang bisa diberikan, maka akan semakin banyak pula yang akan mengandalkan dan membuat bisnis Anda sebagai pilihan.
5. Lakukan Inovasi sebagai Cara Mencapai Target Penjualan
Hanya karena Anda telah membuat perencanaan di awal, bukan berarti Anda sudah bisa duduk tenang dan melihat keuntungan terus mengalir.
Rencana di awal hanyalah penuangan sebuah dugaan, dan Anda tidak akan tahu apakah dugaan itu akan benar terjadi atau justru berubah. Di dalam berbisnis Anda harus beradaptasi dengan teknologi baru, strategi pemasaran yang baru, anggota tim yang baru serta keinginan konsumen yang juga terus berubah.
Tetapkan pertemuan rutin dengan tim untuk meninjau kemajuan rencana Anda. Identifikasi setiap masalah dan capaian yang telah dan akan terjadi. Belajarlah dari masalah dan capaian tersebut. Lakukan inovasi secara terus menerus sehingga Anda mampu mengembangkan rencana penjualan Anda sesuai kebutuhan.
6. Belajar dari Pengalaman
Mendirikan bisnis adalah proses untuk terus belajar. Karena di dalam bisnis semua hal tidak selalu seperti yang dibayangkan. Akan ada kejutan-kejutan setiap tahun, bulan, hari bahkan jam ketika bisnis itu berjalan.
Tingkatkan keterampilan terus menerus karena jika Anda tidak dapat beradaptasi maka bersiaplah ditumbangkan oleh pesaing yang jumlahnya mungkin tidak pernah Anda duga.
Carilah berbagai sumber yang bisa dijadikan sebagai wadah untuk menyerap ilmu. Bisa dari media sosial, buku, podcast, program pelatihan, grup diskusi dan masih banyak lagi.
Yang harus selalu diingat adalah dalam proses penjualan, ada satu titik dimana Anda akan mendapatkan hambatan yang mungkin sulit diselesaikan.
Namun, kembali pada pedoman dasar ialah jalan keluarnya. Ketika Anda mempunyai rencana penjualan yang solid serta terperinci, mitra yang berdedikasi dan kemauan untuk belajar, maka Anda akan memiliki semua yang Anda butuhkan untuk tetap di jalur target Anda.
Kesimpulan
Selain pendekatan dan strategi yang baik, faktor lainnya yang memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan pencapaian target adalah “pengertian” dari perusahaan.
Perlu diingat bahwa perusahaan harus sadar betul dan mengerti bahwa tim sales tidak mudah mencapai target jika target yang ditentukan tidak realistis dan harus digapai dalam tenggat waktu yang singkat.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!
Source: Dashboard Compas.co.id