Bibir Bicara, Lip Tint Beraksi: 5 Merk Lip Tint Terbaik di Shopee Ini Sukses Mencium Kemenangan
Author: Salsabila
Compas.co.id – Riset data dari Virtue Market Research tahun 2023 melaporkan bahwa pasar global Lip & Cheek Tint bernilai $1.57 miliar pada 2022. Nilai pasar tersebut terproyeksi akan bertumbuh hingga $2.68 miliar pada tahun 2030.
Selama periode forecasting tersebut, yakni tahun 2020-2030, pasar Lip & Cheek Tint diperkirakan akan bertumbuh sebesar 6,91% per tahun karena adanya peningkatan permintaan untuk produk kosmetik yang terbuat dari bahan alami dan organik.
Kategori Beauty & Care memiliki peluang bagus dan masih besar untuk terus berkembang. Berdasarkan data market insight dari Indonesia FMCG E-commerce Report 2022, penjualan produk Beauty & Care sebanyak 703 juta pieces. Demikian revenue kategori Beauty & Care tersebut sepanjang tahun 2022 sebesar Rp24 triliun.
Adapun data Tokopedia WIB Februari 2023 mencatatkan penjualan produk-produk kecantikan dan perawatan diri selama event tersebut berlangsung sebanyak 453.9 ribu pieces.
Dalam artikel ini, Compas Dashboard digunakan untuk melihat siapa saja top 5 merk lip tint terbaik. Filter tanggal diatur dari tanggal 1-30 April 2023. Kemudian filter subkategori Lip Tint dipilih. Lalu filter merchant Shopee dengan tipe seller official store dan diurutkan berdasarkan sales quantity juga dipilih.
Hasilnya di bawah ini lah 5 merk lip tint terbaik periode April 2023. Apakah merk Anda ikut menjadi juara?
Implora Menjadi Salah Satu Merk Lip Tint Terbaik yang Memikat Hati Wanita
1. Focallure
Penjualan 26.1 ribu lip tint Focallure selama bulan April 2023 membuat brand asal China ini mengantongi Rp1.1 miliar. Adapun market share-nya sebesar 9,83%. Focallure meramaikan pasar Beauty & Care Indonesia sejak 2017 lalu.
Produk-produk makeup-nya mendapat perhatian dari para beauty influencer dan beauty enthusiast karena kualitas produk yang luar biasa. Kabar baik lainnya, harganya sangat ramah di kantong yang menambah hype produk-produk Focallure.
Focallure pun mengikuti acara-acara kecantikan dengan membuka booth di Surabaya X Beauty 2023 dan Yogyakarta X Beauty 2023. Dalam acara event kecantikan seperti itu, Focallure dapat memberikan sampel produk, menjelaskan manfaatnya, dan memberikan penjelasan langsung kepada calon konsumen.
Ini membantu untuk membangun brand awareness, mendapatkan feedback langsung, dan menghasilkan peluang penjualan.
2. Implora
Compas Dashboard dapat melihat siapa saja pemimpin di subkategori Lip Tint dan menemukan bahwa Implora menjadi juara 2 merk lip tint terbaik. Data Dashboard yang dilihat berdasarkan sales quantity, mencatatkan penjualan lip tint Implora sebanyak 20 ribu pieces. Revenue penjualan tersebut sepanjang bulan April sebesar Rp377.6 juta dengan market share 3,46%.
Oleh karena bersaing di industri Beauty & Care yang ketat, pembuatan content marketing Implora pun tidak bisa sembarangan. Konten-kontennya memperlihatkan bagaimana produk tersebut digunakan, memperlihatkan bahan lip tint yang di swatch sehingga audiens memiliki bayangan jelas sebelum memutuskan beli.
3. Barenbliss
Selanjutnya ada merk lip tint terbaik asal Korea Selatan, Barenbliss yang sukses dengan penjualan 20 ribu lip tint. Revenue Barenbliss adalah yang tertinggi, yakni Rp1.6 miliar. Market share lip tint nya mencapai angka 14,24%.
Menggunakan strategi influencer marketing dengan bekerja sama dengan penyanyi Ziva Magnolya sebagai Brand Ambassador. Ziva dari kalangan anak muda dirasa cocok untuk merepresentasikan brand yang berani tampil, fresh, dan kekinian.
Brand-brand kecantikan seperti Barenbliss fokus pada penggunaan bahan-bahan yang memenuhi kebutuhan konsumen seperti tahan lama, cruelty-free, cepat kering namun melembabkan bibir. Riset Barenbliss akhirnya berhasil menciptakan formulasi hingga masuk ke jajaran top merk lip tint terbaik.
4. Madame Gie
Compas Dashboard yang mampu memantau performa brand dan kompetitornya melihat penjualan lip tint Madame Gie di angka 14.7 ribu pieces. Dengan revenue Rp226.2 juta, pangsa pasar produk ini sebesar 2,07%.
Madame Gie sempat viral lantaran harga produknya yang tak masuk akal karena murah sekali. Tapi jangan salah, walaupun tidak membuat kantong bocor sama sekali, kualitas produknya patut diacungi jempol. Artinya produk Madame Gie tidak abal-abal apalagi berbahaya.
Walaupun memproduksi skincare juga, tapi produk makeup nya lah yang cukup terkenal di kalangan wanita karena memiliki banyak warna, jenis produk beragam dan dikemas dengan packaging menarik.
5. Azarine
Terakhir ada Azarine yang baru-baru ini mengundang kehebohan karena kolaborasinya dengan girlband Red Velvet untuk mempromosikan makeup series terbarunya. Lip tint Azarine terjual 14.7 ribu pieces dengan market share 9,46%. Demikian revenue dari penjualan tersebut mencapai Rp1 miliar.
Azarine masih gencar mempromosikan lip tint nya di kanal media sosial. Usahanya tidak sia-sia karena lip tint tersebut membuatnya menjadi salah satu merk lip tint terbaik periode April 2023 ini.
Produknya tidak hanya ada di channel online, tapi juga terdistribusi di toko-toko retail Beauty & Care seperti Watson, Guardian, Sociolla, dan Female Daily. Azarine juga membuka peluang bagi reseller dan stockist agar penyebaran produk semakin luas.
Kesimpulan
Permintaan untuk produk yang long-lasting, cepat kering tapi tetap melembabkan bibir membuat pasar kosmetik bibir tak ada matinya. Menggunakan strategi influencer marketing bersama para KOL tentunya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap brand dan kualitas produk.
Distribusi produk melalui kanal online seperti marketplace, toko retail dan membuka peluang reseller membuat produk-produk kecantikan tersebar di banyak wilayah sehingga meningkatkan brand awareness dan lebih memudahkan konsumen menemukan produk.