logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
top seller permen

Compas Data Market Insight: 7 Top Seller Permen yang Menarik Perhatian Pecinta Manis

Compas Data Market Insight: 7 Top Seller Permen yang Menarik Perhatian Pecinta Manis

Author: Nimas Cemara

 

Compas.co.id – Permen sudah sejak lama menjadi sahabat di segala situasi. Sebagai pencuci mulut bahkan sampai menenangkan rasa mual untuk beberapa orang. Di antara rasa manis yang mendominasi permen, terdapat beberapa penjual yang berhasil mencuri perhatian dan memikat hati para pecinta permen. 

Pasar permen sendiri diprediksi akan mencapai USD 308.39 miliar di tahun 2029 selama periode forecast tahun 2022–2029 (Data Bridge Market Research). Lantas, Compas Dashboard–FMCG e-commerce market insight tools–mengulas tentang 7 top seller permen di e-commerce Indonesia.

Banner Insight

Dengan menggunakan beberapa fitur dan filter unggulan Compas Dashbooard, seperti fitur top seller; fitur periode waktu yang bisa diatur sesuai keinginan; filter merchant; filter subkategori produk; dan filter seller type, di bawah ini adalah 7 top seller permen di Shopee & Tokopedia dalam periode 1–15 Juni 2023.

7 Top Seller Permen Terpopuler yang Memikat Hati Pelanggan

top seller permen

1. Yupi Official Shop

Siapa yang tidak kenal dengan permen Yupi? Berdasarkan pantauan Compas Dashboard, Yupi Official Shop di Shopee langsung hadir di urutan pertama dengan penjualan sebanyak 2.8 ribu paket permen dan pendapatan sebesar Rp34.9 juta. Mereka berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 9,21%. 

Yupi adalah brand yang mengeluarkan produk gummies atau permen yang bertekstur kenyal. Dengan varian yang sangat banyak dan rasa manis yang pas, Yupi menjadi permen favorit di berbagai kalangan. 

Di official store-nya di Shopee, Yupi aktif memberikan diskon untuk produknya. Selain itu, Yupi juga berkolaborasi dengan berbagai brands lain dan memberikan hadiah gratis dari brand tersebut. Tidak hanya makanan, Yupi juga berkolaborasi dengan brand alat tulis seperti Kenko. Untuk pembelian tertentu akan mendapatkan pulpen dari Kenko.

Berbagai promo special deals juga diberikan oleh Yupi Official Shop sehingga semakin menarik perhatian konsumen untuk mendapatkan berbagai produk dengan harga yang menarik.

Banner E-Commerce Report

2. Yupi Store

Berada di posisi kedua dengan market share yang cukup jauh, Yupi Store di Tokopedia turut mencuri perhatian para pecinta manis. Seller ini menjual sebanyak 2.2 ribu paket permen dan revenue sebesar Rp28.8 juta, yang membuat mereka memiliki market share sebesar 7,60%, dalam kurun waktu dua minggu.

Mirip dengan tokonya di Shopee, Yupi Store juga menjual produk kolaborasi. Namun, sedikit berbeda, Yupi Store ternyata juga menyediakan produk-produk dengan special gifts berupa paket menarik dan lucu yang cocok dijadikan kado spesial untuk orang tersayang.  

3. Unifam Official Store

Berpindah dari produk gummies, di urutan berikutnya, Unifam Official Store di Tokopedia berhasil menjual 0.3K paket permen dengan pendapatan sebesar Rp16.8 juta, mendapatkan market share sebesar 4,43%. 

Unifam Official Store milik PT United Family Food adalah perusahaan yang terkenal dengan produk permen susu Milkita. Selain Milkita, Unifam juga memiliki produk permen Jagoan Neon, Super Zuper, Split, Cola Candy, dsb. 

Dengan potongan harga yang terus aktif di laman official store, pembeli dapat membeli berbagai jenis produk permen dengan harga terjangkau. Kemudian, pemberian hadiah gratis juga diterapkan oleh Unifam untuk semakin menarik konsumen.

4. Eternaland

Di peringkat 4, Eternaland menyumbangkan penjualan 0.3K paket permen dan revenue sebesar Rp16.7 juta. Dalam periode 1–15 Juni 2023, Eternaland berhasil meraih market share mencapai 4,41% di Tokopedia.

Eternaland adalah distributor resmi makanan dan minuman ringan dari Amerika Serikat yang telah beroperasi sejak tahun 2017. Tidak hanya online, Eternaland juga memiliki toko offline di daerah Jakarta Utara. Konsumen dapat menemukan berbagai jenis permen dan makanan ringan lainnya yang tidak ada di Indonesia di toko ini.

5. Shopee Supermarket

Dalam pertarungan yang manis ini, Compas Dashboard melihat Shopee Supermarket juga ikut bersaing. Hadir di urutan kelima, seller Shopee Supermarket hadir dengan penjualan 0.7K paket permen.

Dalam waktu dua minggu di awal bulan Juni, Shopee Supermarket juga berhasil mengantongi revenue Rp15.8 juta. Mereka merebut market share sebesar 4,16%.

6. Unifam Official Shop

Hadir lagi dari PT United Family Food, di posisi ke-6 ada Unifam Official Shop di Shopee. Seller ini turut meramaikan pertempuran manis ini dengan penjualan 0.8K paket permen. Penjualan tersebut setara dengan revenue sebesar Rp14.3 juta dan market share 3,77%.

Produk yang dijual tidak jauh berbeda dengan official store mereka di Tokopedia. Namun, terlihat penekanan yang kuat pada penampilan produk dan promosi di Unifam Official Shop di Shopee. Seller seringkali menggunakan gambar produk yang menarik dan jelas, disertai dengan penawaran khusus seperti diskon, voucher, atau promo beli satu gratis satu yang bertujuan untuk menarik perhatian pembeli untuk melakukan pembelian langsung melalui platform Shopee.

7. KKV Indonesia Official Shop

Terakhir, KKV Indonesia Official Shop di Shopee berhasil menarik perhatian dengan penjualan sebanyak 1.5 ribu paket permen dan revenue Rp13.9 juta, dengan pangsa pasar 3,67%.

KKV Indonesia adalah toko retail yang menjual berbagai jenis barang, salah satunya adalah permen dan makanan ringan, baik online maupun offline. Dengan harga yang sudah terjangkau di toko offline, KKV Indonesia Official Shop masih memberikan diskon di toko online-nya sehingga konsumen semakin ingin membeli di official store-nya.

Kesimpulan

Selama periode 1–15 Juni 2023, pasar permen di Shopee dan Tokopedia didominasi oleh Yupi Official Shop sebagai top seller permen terpopuler. Mereka menarik pelanggan dengan varian produk yang beragam, penawaran khusus, dan kolaborasi dengan merek lain. 

Seller lainnya juga berhasil menarik perhatian pelanggan dengan strategi pemasaran mereka yang unik. Mereka menawarkan diskon, hadiah gratis, dan promosi khusus untuk menarik pembeli. Dalam persaingan sengit di pasar permen, para penjual ini berusaha keras untuk menawarkan produk berkualitas dan memenangkan hati pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.