logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
top seller indomie

Compas Data Market Insight: Top 3 Seller Indomie yang Jadi Selera Konsumen di Shopee & Tokopedia

Compas Data Market Insight: 3 Top Seller Indomie yang Jadi Selera Konsumen di Shopee & Tokopedia

Author: Nimas Cemara

 

Compas.co.id – Mie instan menjadi salah satu makanan favorit warga Indonesia. Selain pembuatannya yang cepat, rasa yang menggugah selera pun menjadi andalan konsumen. Secara global, pasar mie instan memiliki nilai $51.65 miliar di tahun 2021, berdasarkan Fortune Business Insight, dan diproyeksikan bertambah ke $81 miliar di tahun 2029.

 

Salah satu brand mie instan yang sudah menjadi top of mind di Indonesia adalah Indomie yang sudah menjadi selera konsumen Indonesia. Compas Dashboard—FMCG e-commerce data market insight tools—memantau penjualan Indomie di e-commerce dalam 2 minggu di awal Juni mencapai Rp552 Juta. Total sales revenue tersebut tersebar di antara 250 official store yang menjual produk Indomie di Shopee & Tokopedia

Banner Insight

 

Artikel di bawah ini menginformasikan mengenai performa Top 3 Seller Indomie di e-commerce. Untuk mendapatkan data tersebut, tim Compas menggunakan beberapa fitur dan filter unggulan antara lain fitur top seller, fitur periode waktu yang bisa diatur sesuai keinginan, filter merchant, filter subkategori produk, dan filter seller type.

Ini Dia Top Seller Indomie di Shopee & Tokopedia

top seller indomie

1. iPangananDotCom Official Shop

Compas Dashboard melihat performa top seller di official stores di Shopee dan Tokopedia. Ternyata, peringkat 1 official store yang menjual produk mie instan Indomie adalah iPangananDotcom Official Shop di Shopee dengan market share sebesar 27,6%.

 

Penjualan produk Indomie dari seller ini selama 1–15 Juni 2023 sangat fantastis. Dengan menjual 1.3 ribu pieces mie instan Indomie, iPangananDotCom Official Shop berhasil meraup revenue sebesar Rp152 juta. Produk Indomie yang dijual seluruhnya dalam satuan 1 kardus.

 

iPangananDotCom Official Shop adalah hasil kolaborasi dari StoreSend Indonesia dan Perum BULOG. Dengan klaim harga yang dijamin lebih murah dan selalu gratis ongkos kirim, seller ini berhasil menarik banyak sekali pelanggan. Selain itu, garansi pengembalian produk apabila barang rusak atau tidak sesuai pun semakin menarik perhatian.

 

Strategi penjualan online dari iPangananDotCom Official Shop lainnya adalah selalu aktif ikut serta dalam campaign marketplace sehingga semakin banyak potongan harga yang diberikan.

Banner E-Commerce Report

2. Indomie Official Store

Toko resmi dari brand Indomie hadir di urutan kedua berdasarkan besarnya market share yang diraih. Indomie Official Store di marketplace Tokopedia berhasil meraih market share sebesar 11,82%.

 

Compas Dashboard memantau penjualan toko ini sepanjang awal bulan Juni dan mendapati sebanyak 1.6K produk Indomie terjual, setara dengan revenue Rp65 juta.

 

Di Tokopedia, official store ini selalu aktif “menyalakan” diskon hampir di setiap produknya untuk menarik konsumen. Selain itu, produk yang dijual pun seluruhnya dalam bentuk bundle yang beragam, mulai dari 4 pieces sampai 10 pieces.

3. Indomie Official Shop

Official store dari Indomie muncul lagi di urutan ke-3, kali ini datang dari marketplace Shopee. Toko ini berhasil mendapatkan market share sebesar 10, 56% selama 1–15 Juni 2023.

 

Uniknya, walau berada di urutan ketiga secara market share, Indomie Official Shop berhasil menjual produk Indomie lebih banyak dari dua seller sebelumnya yaitu sebanyak 1.9K produk. Angka ini pun sama dengan raihan revenue sebesar Rp58 juta. 

 

Mirip dengan official store-nya di Tokopedia, Indomie Official Shop juga menjual produknya dalam bentuk bundle 5 dan 10 pieces. Kemudian, seller ini juga memberikan Payday Sale untuk jangka waktu yang lama.

 

Kesimpulan

Berdasarkan pantauan Compas Dashboard, ternyata produk Indomie tersebar luas di marketplace. Selain tiga seller di atas, masih ada beberapa seller lain seperti Topserba Official Store dan KedaiMart Official Store yang juga masuk dalam deretan top seller. Mereka turut menyumbangkan penjualan yang signifikan bagi produk Indomie.

 

Dengan mengetahui distribusi produk di berbagai store di e-commerce, dibutuhkan insight dan strategi yang tepat agar dapat memilih tempat terbaik untuk menjual produk. Kemudian, info distribusi lokasi seller dari Compas Dashboard pun dapat sangat membantu untuk mendominasi performa penjualan di e-commerce.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.