logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Pelembap Wajah Terlaris 2022, Berikut 10 Top Brand dengan Angka Market Share Tertinggi!

Pelembap Wajah Terlaris 2022, Berikut 10 Top Brand dengan Angka Market Share Tertinggi!

Author: Ivana Deva Rukmana


Compas.co.idSkincare kini telah menjadi kebutuhan dan trend yang dilakukan banyak orang. Hal ini dibuktikan perawatan kulit wajah khususnya baik dilakukan setiap hari dengan tambahan menggunakan pelembab wajah.

Menurut pantauan Compas, sejak 2021 pasar kosmetik di Indonesia semakin berkembang dengan mengungguli transaksi penjualan di e-commerce sebesar 46,8% 

Hal ini tak lepas dari fenomena di mana makin banyak orang yang sudah merasa nyaman berbelanja online lantaran terkena dampak Covid-19.

Melihat peluang tersebut, para pemilik brand pun berlomba-lomba membuat produk-produk skincare yang unggul, salah satunya pelembap wajah.

 

Data Market Share Produk Pelembap Wajah Terlaris 2022 Periode 16—30 Juni

data penjualan top brand pelembap wajah market share tertinggi

 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Compas Dashboard, pada periode 16—30 Juni 2020 terdapat sekitar 51.500 listing product di Shopee dan Tokopedia untuk kategori pelembab wajah.

Melalui data tersebut, Tim Internal Compas menemukan 10 top brand pelembap wajah dengan capaian market share tertinggi.

 

1. MS Glow

Belakangan viral karena masalah plagiarisme merek dagang, local brand yang satu ini justru melejit. Dengan angka market share yang mencapai 11.7%, MS Glow resmi jadi juara satu dalam jajaran top brand pelembap wajah periode 16—30 Juni 2022.

Kebekenan MS Glow di pasar kosmetik tak lepas dari berbagai strategi marketing yang mereka terapkan. Salah satu yang fenomenal adalah strategi menggaet banyak selebgram, seperti Rachel Vennya, Vicky Alaydrus, dan Keanu untuk mempromosikan produknya. 

Tak hanya itu, brand yang satu ini bahkan sempat menggegerkan netizen karena berhasil mempromosikan produknya hingga Time Square New York.

Buah dari usahanya, lahir salah satu produk terlaris jebolan MS Glow, yakni MS Glow Moisturizing Juice. Produk ini hadir dalam 3 varian, yakni Watermelon, Yuzu, dan Cactus & Grapeseed.

 

2. Skintific

Di urutan kedua, ada brand Skintific yang akhir-akhir ini fenomenal dengan inovasi produk 5X Ceramide-nya.

Skintific yang merupakan brand asal Kanada berhasil menduduki peringkat kedua di jajaran top brand pelembap wajah dengan capaian market share di angka 9.7%. 

Usut punya usut, kesuksesan ini ternyata berasal dari viralnya salah satu produk Skintific di TikTok. Mengutip dari BeautyNesia, produk Skintific yang viral di TikTok adalah moisturizer-nya yang memiliki kandungan 5X Ceramide.

Hasilnya, banyak konsumen yang menjajal rangkaian produk berfomulasi Ceramide dari brand ini, salah satunya Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisturizer 30G yang diklaim ampuh untuk melembapkan kulit sekaligus memperkuat skin barrier.

 

3. Wardah

Selanjutnya, ada pemain lama di bidang kosmetik yang berhasil menempati peringkat ketiga. Yup, siapa lagi kalau bukan Wardah. Pada periode ini, Wardah berhasil mencapai market share di angka 4.2%.

Terkenal dengan identitas “halal”, Wardah populer sebagai pelopor merek kosmetik halal Indonesia. Tak jarang juga Wardah mendandani model dan brand ambassadornya dengan balutan hijab.

Selain melekatkan konsep “brand halal”, strategi lainnya yang dilakukan Wardah adalah berinovasi dalam menciptakan produk dan memasarkannya dengan cara mendiskonkan produk-produk tersebut.

Buah dari usaha tersebut, muncul salah satu produk primadona pada kategori pelembap wajah, yaitu Wardah Lightening Night Cream Advanced Niacinamide dengan kandungan Niacinamide dan mempunyai fragrance yang lebih modern.

 

4. Pond’s

Selanjutnya, Pond’s Hadir di urutan keempat dalam daftar top brand pelembab wajah terlaris dengan angka market share yang mencapai 3.12%. 

Melansir dari Liputan 6.com, Pond’s telah hadir di Indonesia selama 25 tahun dan setia menemani perempuan Indonesia untuk menjaga dan merawat kulit perempuan Indonesia tetap cantik dan alami.

Di balik kesetiaannya, Ponds telah melakukan berbagai strategi marketing, seperti membagi segmentasinya produknya ke gender pria dan wanita, memberikan diskon produk hingga mengadakan giveaway melalui Instagram resminya.

Hasilnya, terdapat produk tokcer dalam kategori ini, yaitu Ponds Juice Moisturizer Watermelon Extract 20 gr yang diklaim dapat membuat kulit glowing dengan kandungan natural origin extract dam natural derived moisturizing.

 

5. L’Oreal

Di peringkat kelima, ada pemain lama asal Kanada, yakni L’Oreal Paris dengan perolehan market share di angka 2.23% untuk kategori produk pelembap wajah.

Dalam kategori pelembap, beauty brand yang didirikan oleh Liliane Bettencourt ini menjagokan L’Oreal Paris Glycolic Bright Glowing Day Night Cream.

Suksesnya L’Oreal hingga dapat mencapai prestasi ini tentu dibarengi dengan berbagai strategi marketing dalam mengarungi pasar kosmetik. Strategi tersebut diantaranya seperti melakukan diskon produk dan membuat segmentasi produk untuk wanita dan pria. 

Alhasil, terdapat salah satu produk terlaris dalam kategori ini yaitu L’Oreal Paris Glycolic Bright Glowing Day Night Cream yang dapat membantu meningkatkan cahaya kulit, menyamarkan noda hitam, serta terdapat kandungan antioxidant Vitamin E yang membantu melawan munculnya kulit kusam pada malam hari untuk kulit tampak glowing dan merata.

 

6. Somethinc

SOMETHIC menduduki peringkat 6 untuk kategori produk pelembap wajah terfavorit periode 16—30 Juni 2022. Beauty brand dengan tagline  “Be You, Be Somethinc!” ini berhasil mendongkrak performa produk pelembapnya hingga mencapai angka market share sebesar 1.98%.

Adapun produk pelembap wajah yang menjadi unggulan brand lokal ini bernama SOMETHINC Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel yang bermanfaat melembapkan kulit hingga 24 jam, menjaga elastisitas kulit, memperkuat skin barrier, dan mencerahkan kulit.

Untuk strategi marketing-nya, SOMETHINC termasuk aktif membagikan konten di media sosialnya seputar tips, rekomendasi, dan tutorial makeup. Apalagi, SOMETHINC juga kerap menggunakan artis-artis Korea Selatan dalam mempromosikan produknya, seperti NCT Dream dan Han SoHee. Ramainya akun Instagram SOMETHINC turut dimeriahkan oleh event giveaway yang diadakan tiap kali ada peluncuran produk  baru.

 

7. Whitelab

Whitelab, local brand kecantikan yang telah ada sejak 2020 ini berhasil menduduki peringkat keenam dalam daftar top brand pelembap wajah dengan angka market share sebesar 1.68%. 

Suksesnya Whitelab dalam menjual produk-produk kecantikannya adalah hasil dari sejumlah strategi marketing yang mereka terapkan, mulai dari giveaway hingga menggunakan jasa influencer untuk promosi produk.

Strategi tersebut menghasilkan angka market share yang baik untuk produk pelembap wajahnya, yakni Whitelab Brightening Night Cream dapat mencerahkan wajah, menghilangkan dark spot dan merawat kulit berjerawat

 

8. Olay

Olay, brand asal Afrika Selatan sukses menduduki peringkat kesembilan dalam top brand pelembab wajah terfavorit dengan market share di angka 1.58%. 

Dilansir dari Fimela.com, Olay selalu memperluas varian dan memperkaya inovasinya selama bertahun-tahun untuk mengatasi kebutuhan perempuan. Hal ini berlatar belakang pemahaman Olay bahwa para wanita dapat memiliki keinginan, kebutuhan, dan aspirasi yang berbeda-beda.

Hasilnya, terdapat produk terlarisnya dalam kategori ini, yakni terlaris Olay Set Perawatan Anti Aging Krim Pelembab yang bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah dalam waktu lama, mengencangkan pori-pori, dan membantu mengurangi kerutan wajah.

 

9. Scarlett

Scarlett, brand skincare lokal yang didirikan sejak tahun 2017 oleh Felicya Angelista ini sukses masuk daftar top brand pelembab wajah favorit dengan memiliki jumlah market share di angka 1.20%.

Salah satu strategi marketing yang mereka lakukan untuk mendekatkan kepada konsumen adalah dengan menggunakan channel artis dan influencer untuk mempromosikan produknya. 

Tak hanya itu, berdasarkan pantauan tim Compas, Scarlett juga kerap kali menerapkan strategi diskon produk hingga giveaway. Produk terlarisnya dalam kategori ini adalah Scarlett Whitening Brightly Ever After Day Cream yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam.

 

10. Emina

Posisi kesepuluh diduduki oleh Emina dengan angka market share mencapai 1.12%. Brand dengan tagline “Born to be Loved” ini mengingatkan bahwa setiap wanita memiliki kecantikan masing-masing.

Emina sendiri merupakan produk kecantikan yang targetnya fokus kepada pasar remaja. Hal ini dibuktikan dengan produk-produk yang dibanderol dengan harga affordable dan penggunaan kemasan produk yang eye catching.

Emina memiliki strategi marketing yang unik, salah satunya dengan memaksimalkan konten marketing di Instagram menggunakan balutan warna-warna pastel yang cocok untuk remaja. 

Selain itu, strategi lainnya yang digunakan brand ini adalah kerap mengadakan diskon di e-commerce. Hasilnya, salah satu produknya masuk jajaran produk pelembap terlaris, yakni Emina Bright Stuff Moisturizing Cream 20 ml yang memiliki formula lembut yang mengandung SPF15 untuk memberi perlindungan terhadap matahari.

 

Kesimpulan

Berdasarkan data dan riset strategi marketing yang didapat oleh tim internal Compas, dapat disimpulkan bahwa performa penjualan brand MS Glow dan Skintific sangat bagus pada periode ini.

Hal ini dibuktikan dengan posisi MS Glow dan Skintific yang mampu menduduki peringkat pertama dan kedua dalam top rank pelembap wajah periode 16—30 Juni 2022. 

Terlebih, berkat viralnya produk 5X Ceramide milik Skintific di TikTok yang turut mengundang lebih banyak konsumen untuk menjajal produk-produknya.

 

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!


Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.