Author: Salsabila
Compas.co.id – Industri FMCG merebut pasar e-commerce tahun 2022 dengan perolehan Addressable Market di dua e-commerce raksasa Indonesia yaitu Shopee dan Tokopedia sebesar Rp50.8 triliun. Berdasarkan prediksi tim data Compas, tahun 2023 akan terjadi peningkatan angka Addressable Market menjadi Rp61.9 triliun kedua e-commerce tersebut.
Dalam Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 khususnya bidang Health, sampai November 2022 terpantau mendapatkan total Addressable Market sebanyak Rp12 triliun. Angka tersebut sama dengan 201 juta unit produk Health terjual habis. Pencapaian ini berhasil didapat berkat dukungan dari tiga kategori Health yaitu suplemen makanan, alat medis, dan perawatan diri.
Suplemen makanan sendiri merebut setengah pasar Health dengan market share 56%. Kategori suplemen makanan ini pun didorong oleh penjualan dari subkategori kesejahteraan, diet detox, dan fitness.
Angka spektakuler tersebut dapat diraih oleh brand Health Anda hanya jika memiliki data market terkini. Data Compas dibutuhkan oleh setiap bisnis FMCG karena menyediakan riset pasar yang lengkap dan akurat. Dengan membaca laporan data FMCG, Anda bisa menentukan e-commerce mana yang paling tepat sesuai dengan kategori FMCG Anda.
Anda dapat membaca Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini sehingga keputusan bisnis yang Anda dan tim buat bisa membawa brand Anda mendapatkan positioning yang tepat.
Dalam subkategori Suplemen Kecantikan terbaik di periode 1-15 September 2022, data riset Compas melaporkan bawah Noera By Reisha menjadi pemenangnya. Penasaran dengan kinerja bisnisnya hingga menjadi Suplemen Kecantikan terbaik? Simak ulasan produk-produk Suplemen Kecantikan terbaik ini berdasarkan data Compas berikut.
Juara 1 Suplemen Kecantikan Terbaik Direbut oleh Brand Lokal Noera By Reisha!
1. Noera By Reisha
Data riset Compas memantau pasar Health dan mendapati Noera By Reisha juara 1 dalam Suplemen Kecantikan terbaik. Reisha Novandita selaku owner Noera mengusung konsep kecantikan natural dalam setiap produknya. Brand lokal asal Bandung yang baru-baru ini merayakan ulang tahunnya yang keempat, menjadi juara berkat collagen drink-nya.
Pantauan tim data Compas, penjualan Noera pada periode 1-15 September 2022 mencapai 6716 unit produk. Penjualan produk tersebut setara dengan sales revenue Rp1.6 miliar. Noera pun berhasil merebut market share sebesar 26,14%. Itu adalah market share terbesar dibanding yang lain.
Collagen drink sehat dan lezat dari Noera membuat masyarakat berlomba-lomba untuk menjadi glowing di tahun 2023. Noera percaya bahwa perawatan tubuh wanita tidak hanya butuh skincare eksternal saja, tapi juga dukungan dari skincare internal seperti collagen drink tersebut.
Kerjasamanya dengan beauty influencer dan selebriti seperti Tasya Farasya, Fuji, dan Jovi Adiguna turut membooster penjualan produknya. Pada September 2022. Collagen drink Noera menjadi pemenang dalam Top Brand Award di kategori collagen drink terfavorit.
2. Beaudelab
Juara 2 Suplemen Kecantikan terbaik diambil oleh Beaudelab. Data Compas yang didapat menggunakan metode online crawling pada official stores di Shopee dan Tokopedia, melaporkan 5.513 produk Beaudelab habis terjual dan menjadi kecintaan para konsumennya. Beaudelab juga mampu meraih market share di angka 21,88%.
Meliani Muljoredjo mendirikan Beaudelab pada tahun 2019 dengan modal nekat. Buah nekat, kerja keras, dan kreativitasnya mengantarkan Beaudelab meraih sales revenue senilai Rp1.4 miliar pada periode 1-15 September 2022. Ia bekerjasama dengan banyak selebriti dan influencer ternama, sebut saja nama Suhay Salim, Brisia Jodi, Audi Marissa, Jovi Adiguna, Aghnia Punjabi, hingga Rachel Vennya.
Beaudelab sukses meraih juara 2 dalam subkategori Suplemen Kecantikan terbaik lantaran produknya tak eksklusif untuk wanita saja, tapi juga pria. Strategi marketing tersebut membuat masyarakat percaya bahwa produk perawatan diri sifatnya inklusif bagi siapapun tanpa pandang gender.
Sejak awal Beaudelab berdiri, produknya memang banyak bergerak di bidang minuman sehat untuk membantu merawat tubuh dan kulit. Produknya antara lain Slimming & Detox Tea, SlimFazz Tea Drink, Collagen Powder Drink, Acnalogy Powder Drink yang dikhususkan bagi konsumen yang memiliki permasalah jerawat, Fiber & Meal Rep Powder Drink.
3. Flimty
Flimty menduduki juara 3 subkategori Suplemen Kecantikan terbaik. Brand yang menggunakan Brand Ambassador Deddy Corbuzier ini meraih market share 7,26%. Flimty adalah produk minuman berserat untuk kesehatan dan membantu diet. Tim data Compas melaporkan penjualan Flimty mencapai Rp456 juta yang setara dengan 1.595 unit produk terjual.
Flimty berhasil mendapatkan penghargaan di Top Brand Award sebagai fiber drink pilihan masyarakat. Produk yang dijual Flimty antara lain Flimeal yang berfungsi sebagai minuman pengganti makanan yang membantu dalam proses diet, lalu ada Flimbar yaitu snack bar sehat dan enak khas Flimty yang dapat memberi efek kenyang lebih lama sehingga saat diet tidak mudah lapar, ada juga Flimburn yang berisi 60 kapsul dalam satu botol untuk membantu menahan nafsu. Selain itu tentu produk paling terkenal yaitu Flimty Fiber Drink yaitu minuman kesehatan yang segar dan bisa membantu menurunkan berat badan serta kaya antioksidan.
Strategi Flimty adalah membuat challenge diet seperti #6weeksdietchallenge, #30dayswithFlimty. Dari challenge tersebut dapat dilihat dengan nyata bahwa produk Flimty terbukti mampu membantu masyarakat menurunkan berat badannya.
Brand suplemen Anda juga bisa masuk ke jajaran top brand jika memiliki riset data akurat. Saat ini Anda dapat membaca data riset pasar langsung di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini sehingga keputusan bisnis yang Anda buat di tahun 2023 bisa tepat sasaran.
4. Byoote
Mungkin ada yang belum familiar dengan produk satu ini, tapi Byoote berhasil masuk ke 5 besar Suplemen Kecantikan terbaik. Owner Byoote adalah Listia Magdalena atau yang lebih dikenal dengan nama Paopao. Ia adalah seorang konten kreator dan Youtuber yang terkenal dari channelnya yaitu LDP (Last Day Production).
Pantauan tim Compas menyebutkan brand Byoote meraih share 6,68% dengan sales revenue pada periode 1-15 September 2022 sebesar Rp419.4 juta. Revenue tersebut setara dengan 984 produknya terjual.
Produk andalan Byoote yang membuatnya masuk 5 besar ini adalah collagen drink yang dapat menyamarkan garis halus, mencerahkan kulit, memberi kelembaban dan kesehatan kulit, serta menjaga elastisitas kulit.
5. Natur-E
Di posisi ke 5 Suplemen Kecantikan terbaik, ada brand Natur-E dengan raihan market share di angka 3,59%. Data Compas menyebutkan bahwa Natur-E dengan tagline “Your Favorite Inside-Out Skincare Routine” berhasil membuat 5.271 produknya terjual dengan sales revenue setara dengan Rp225.7 juta.
Natur-E sudah terkenal sejak lama dengan berbagai variasi produk suplemen kesehatan dan perawatan kulitnya yang mengandung Vitamin E alami. Produk suplemen berbentuk kapsul seperti Natur-E antara lain Natur-E 100 IU Daily Nourishing, dan Natur-E 300 IU Daily Nourishing, kemudian ada rangkaian skincare Natur-E Brightening White Series, juga ada berbagai varian hand & body lotion.
Kesimpulan
Suplemen kecantikan makin menarik minat masyarakat. Terutama di zaman ini sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Tingginya pendidikan dan status ekonomi masyarakat menyebabkan mereka sangat perhatian dalam memilih produk Suplemen Kecantikan terbaik.
Oleh karena masyarakat yang semakin cerdas dalam menggunakan produk Kesehatan, tentu mereka tidak sembarangan memilih Suplemen Kecantikan terbaik. Maka brand Anda pun harus semakin cerdas dan kreatif pula membuat strategi pasar dan mengambil peluang pasar yang ada agar mendapat positioning yang tepat di e-commerce.
Anda bisa mendapatkan data pasar kategori Health dengan membacanya di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini sehingga Anda bisa membuat strategi pemasaran yang ciamik dan menemukan celah pasar di tahun 2023. Anda juga bisa bertanya di DM Instagram Compas atau hubungi Team Compas.
Compas siap mendampingi brand Anda menjadi Top Brand 2023!