shampo terlaris

Top 10 Brands Shampo Terlaris di Shopee dan Tokopedia: Lokal Bersaing!

Author: Farah Ramadhani

Tak hanya dijual di toko offline,  saat ini telah banyak produk-produk shampo terlaris yang dijual melalui e-commerce. Compas telah melakukan riset terkait penjualan shampo di Shopee dan Tokopedia periode 1-15 Oktober 2021.

Dari data yang dirangkum dari riset Compas, ternyata shampo pencegah kerontokan dan kebotakan rambut memiliki demand yang cukup besar. Baca artikel ini untuk tahu data penjualan shampo selengkapnya di periode 1-15 Oktober 2021. 

 

Top Brand Shampo Terlaris di Shopee dan Tokopedia Periode 1-15 Oktober 2021

shampo terlaris

1. L’Oreal

Peringkat pertama Shampo terlaris periode 1-15 Oktober 2021 diraih oleh brand asal Paris, L’Oreal. Performa penjualannya di Shopee dan Tokopedia menghasilkan market share sebesar  9.7%.

L’Oreal Paris Fall Resist 3x Complete Set menjadi produk terlaris di periode ini. Paket bundle tersebut berisi shampoo, conditioner, dan hair mask yang dikhususkan untuk perawatan rambut mudah rontok. 

2. Kelaya

Kelaya menjadi brand lokal yang berhasil menyusul L’Oreal di peringkat kedua dengan market share sebesar 9.1%. Merek asal Indonesia ini telah berdiri sejak tahun 2015 dan menyediakan solusi untuk rambut rontok.

Pada periode ini, produk terlaris dari Kelaya adalah Hair Treatment Shampoo. Produk Kelaya diklaim menggunakan bahan natural seperti lidah buaya, minyak kemiri, dan minyak kelapa yang efektif untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan.

3. Pantene

Merupakan bagian dari P&G, Pantene berhasil meraih ranking ketiga top brand shampo dengan market share 6.8%. Dilansir dari situs resminya, Pantene memiliki 11 jenis produk shampo dengan fungsi yang berbeda-beda.

Produk Pantene dengan penjualan tertinggi di Shopee dan Tokopedia periode 1-15 Oktober 2021 adalah Pantene Shampoo Hair Fall Control. Seperti namanya, produk tersebut berfungsi untuk mengurangi rambut rontok karena patah.

4. Head & Shoulders

Masih bagian dari perusahaan P&G, Head & Shoulders menyusul di daftar shampo terlaris peringkat keempat. Market share brand asal Amerika ini mencapai 5.6% untuk penjualan di periode kali ini.

Head & Shoulders dikenal sebagai shampo anti ketombe terbaik sejak tahun 1961. Oleh karena itu, produk terlarisnya untuk periode ini adalah Head & Shoulders Shampoo Cool Menthol Anti-Dandruff yang berfungsi untuk menghilangkan ketombe.

5. Erha

Brand Erha berawal dari klinik kecantikan yang didirikan di Jakarta pada tahun 1999 lalu. Erha terus melakukan pengembangan dan mulai memproduksi perawatan rambut. Pada periode kali ini, Erha berhasil meraih market share 4.3% di kategori shampo terlaris.

Produk terlaris dari Erha selama 1-15 Oktober 2021 adalah HairGrow Shampoo. Fungsi utama dari produk tersebut adalah untuk mengatasi kerontokan pada pria maupun wanita tanpa kandungan SLS. 

6. Dove

Dove merupakan anak perusahaan dari Unilever dan berhasil menempati posisi keenam top brand shampo periode 1-15 Oktober 2021. Performa penjualannya di Shopee dan Tokopedia menghasilkan market share sebesar 3.8%.

Dove 3 In 1 Super Shampoo Hair Serum merupakan produk terlarisnya di periode kali ini. Teknologi yang dipakai produk ini merupakan perpaduan antara shampo dan serum yang memiliki fungsi menghilangkan ketombe, anti-lepek, serta mencegah rambut rontok.

7. Makarizo

Makarizo merupakan brand lokal yang menyediakan berbagai produk perawatan rambut seperti shampo, conditioner, hingga hair mask. Market share yang dimiliki merek asal Indonesia ini mencapai 3.7%.

Produk terlarisnya di periode 1-15 Oktober 2021 adalah Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo Aloe & Melon. Seperti namanya, produk ini merupakan perpaduan shampo dan conditioner yang didesain untuk mengatasi kerontokan rambut.

8. Kerastase

Peringkat selanjutnya ditempati oleh brand asal Paris, Kerastase, dengan market share sebesar 3.2%. Dilansir dari situs resminya, Kerastase bekerja sama dengan para ilmuwan di L’Oréal Advanced Research dalam mengembangkan produknya.

Kerastase Bain Densite merupakan produk terlarisnya di Shopee dan Tokopedia selama 1-15 Oktober 2021. Fungsi utama dari shampo tersebut adalah untuk mengatasi kerontokan rambut dan kebotakan.

9. Tresemme

Masih brand asal Paris, Tresemme merupakan perusahaan di bawah Unilever yang menduduki peringkat kesembilan top brand shampo dengan market share sebesar 3.2%. Hingga saat ini, Tresemme memiliki 7 jenis produk shampo dengan fungsi yang berbeda.

Produk terlarisnya di Shopee dan Tokopedia pada periode ini merupakan Tresemme Shampoo Keratin Smooth. Dengan kandungan Argan Oil, produk ini didesain untuk rambut kering agar lebih lembut dan mudah diatur.

10. Selsun

Selsun menjadi penutup daftar top brand shampo periode 1-15 Oktober 2021 di Shopee dan Tokopedia. Anak perusahaan Rohto Indonesia ini memiliki market share 2.6% dan menempati peringakat sepuluh.

Selsun Yellow Double Impact menjadi produk terlaris dari brand asal Amerika ini. Produknya diklaim dapat mengatasi ketombe berat dalam 2 minggu dengan kandungan Selenium Sulfida 1% dan Zinc PtO 1%. 

Data produk shampo terlaris di atas didapat melalui riset internal tim Compas menggunakan metode online crawling di Shopee dan Tokopedia selama 1-15 Oktober 2021. Pada kategori shampo, terdapat kurang lebih 20.2 ribu listing produk (-/+ 17.4 ribu listing di non-official store dan  -/+ 2.7 ribu listing di official store).

Terdapat beberapa penyesuaian data saat riset, antara lain toko yang masuk kriteria pengumpulan data merupakan official dan non-official store di Shopee dan Tokopedia dengan rating di atas 4.

Ingin akses lebih lanjut data penjualan produk di kategori beauty lainnya? Compas Dashboard bisa membantu Anda dengan menyediakan data seperti top brands, total sales revenue, total sales quantity, market share, hingga daftar produk terlaris.

Data di Compas Dashboard mudah dipahami dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Terdapat pula pengaturan periode waktu yang bisa diubah sesuai kebutuhan. Tertarik untuk Akses Compas Dashboard?

Ketahui informasi lebih lanjut tentang Compas melalui Instagram kami di link berikut ini. Anda juga bisa langsung menghubungi tim Compas dengan klik disini. Yuk, jadi jawara di e-commerce dengan Compas Dashboard!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment


Pastikan e-mail yang tertulis benar dan aktif karena kami akan mengirimkan Compas Market Insight ke e-mail tersebut.



Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com