Author: Salsabila
Compas.co.id – Kementerian Dalam Negeri merilis data kependudukan semester II tahun 2021 pada 30 Desember, khususnya angka kelahiran bayi dilaporkan sebanyak 691.259 jiwa. Banyaknya jumlah angka bayi baru lahir, membuat para ibu muda gencar mencari berbagai produk perawatan bayi. Salah satu tujuan yang selalu masuk ke dalam daftar belanja para ibu tentunya mendapatkan rekomendasi baby cream terbaik.
Tingginya populasi di Indonesia dan dorongan untuk memberikan produk terbaik untuk anak menjadikan market Mom and Baby terlihat menarik sepanjang tahun 2022 ini. Riset tim Compas dalam Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 menyebutkan Mom and Baby memperoleh addressable market sebesar Rp6.9 triliun dengan 134 juta unit produk terjual.
Market Mom and Baby menjadi cukup luar biasa di tahun 2022 karena adanya dukungan dari tiga kategori unggulan yaitu Susu Formula dan Makanan Bayi, Popok Bayi, dan Perawatan Bayi. Kategori Perawatan Bayi menarik dibahas karena memiliki potensi untuk terus bertumbuh di tahun 2023 karena jumlah kompetisinya lebih kecil daripada kategori Susu Formula dan Makanan Bayi.Terutama subkategori baby cream dalam FMCG yang performanya cukup gemilang dibanding yang lain.
Kebutuhan bayi tidak hanya seputar makanan, susu, dan popok saja. Kebutuhan bayi pun sama seperti orang dewasa yaitu menggunakan produk perawatan kulit seperti baby cream.
Data tim Compas melaporkan subkategori baby cream ini mengambil alih market share terbesar yaitu 27,5%. Kulit bayi yang cenderung sensitif membuat orang tua perlu mempertimbangkan sekian banyak produk dari rekomendasi baby cream terbaik yang bisa mengatasi iritasi, alergi, kering, dan masalah kulit lainnya pada bayi.
Riset tim Compas menemukan ada lima produk rekomendasi baby cream terbaik yang dipercaya oleh ibu muda di luar sana. Ranking 1 rekomendasi baby cream terbaik didapatkan oleh brand Mustela. Kemudian diikuti oleh Buds Organics, Beeme By Mama Shey, Johnson’s, dan Aveeno secara berurutan.
Brand Mom and Baby Anda memiliki peluang untuk berkembang dan masuk list top brand 2023. Data Compas juga menyebutkan angka addressable market yang diperoleh Shopee dan Tokopedia tahun 2022 sebesar Rp50.8 triliun dan mengalami kenaikan menjadi Rp61.9 triliun di tahun 2023, peluang tersebut hanya bisa direbut jika memiliki data riset pasar yang aktual dan akurat.
Detail data riset market bisa Anda dapatkan di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba dulu GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini.
Berikut adalah ulasan mengenai performa bisnis dan data penjualan rekomendasi baby cream terbaik periode 1-15 September 2022.
Simak Data Penjualan 5 Rekomendasi Baby Cream Terbaik di E-commerce
1. Mustela
Mustela menjadi nomor 1 pada subkategori baby cream terbaik di e-commerce dengan raihan market share sebesar 19,78%. Sales revenue yang diterimanya Rp811.3 juta setara dengan penjualan sebanyak 4.274 unit produk. Compas mencatat adanya peningkatan sales quantity dan sales revenue dari periode sebelumnya yakni sebesar +14,25% dan +2,84%.
Pada tahun 2022, Mustela meraih penghargaan dalam Brand Choice Award for baby cream. Hal tersebut menunjukkan bahwa Mustela mampu memahami kebutuhan dan harapan customernya. Ia bisa mengerti kekhawatiran para ibu yang bayinya punya masalah kulit sehingga bisa menciptakan produk dengan kualitas terbaik.
2. Buds Organics
Buds Organics meraih posisi kedua pada dalam rekomendasi baby cream terbaik di periode 1-15 September 2022. Share yang berhasil diambil alih oleh Buds sebesar 17,69%. Penjualan di periode tersebut tercatat 3.172 unit dengan pendapatan Rp725.8 juta. Walaupun angka sales quantity dan sales revenue tersebut mengalami penurunan tipis yakni -4,34% dan -3,60% secara berurutan.
Produk skincare bayi Buds Organics sudah berdiri sejak tahun 2000, diklaim sebagai skincare organik lantaran telah mengantongi sertifikat organik dari Ecocert. Kondisi kulit bayi yang berbeda dengan orang dewasa karena sensitif dan lebih mudah iritasi, memotivasi Buds untuk terus berinovasi dengan memberikan produk terbaik bagi setiap bayi. Peringkat 2 membuktikan Buds berhasil mendapatkan kepercayaan para ibu untuk menangani kulit bayinya.
3. Beeme By Mama Shey
Jika kedua brand di atas berasal dari luar negeri, brand skincare keluarga yang satu ini berasal dari Bandar Lampung. Sheyla Taradia Habib selaku owner Beeme mulai menjual produknya di tahun 2019.
Ide awalnya hanya iseng membuat pelembab alami dari video DIY di Youtube untuk penggunaan pribadi. Tak disangka ketika ia mencoba membagi pengalamannya dan nekat membuka pre-order, rupanya pesanannya laku dan selanjutnya malah terus kebanjiran order.
Bukti perjuangannya membangun Beeme tercatat dalam data riset Compas. Pada periode 1-15 September 2022, Beeme sukses menjual 3.627 unit produk dengan revenue Rp345.8 juta. Market share yang bisa didapatkannya sebesar 8,43%. Dari periode sebelumnya, terjadi kenaikan growth baik pada sales quantity maupun sales revenuenya sebesar +5,74% dan +3,67%.
Beeme lolos 3 besar rekomendasi baby cream terbaik karena paham betul mengenai pilihan para ibu, preferensinya, dan perilaku mereka sehingga dapat memberikan produk tepat bagi konsumennya.
Brand Anda bisa menjuarai kategori FMCG dan menjadi kepercayaan konsumen jika mempunyai data riset pasar yang merekam pergerakan pasar dengan akurat. Riset data tersebut bisa Anda baca di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini.
4. Johnson’s
Johnson’s duduk di posisi ke 4 dalam rekomendasi baby cream terbaik dengan sukses mencetak sales revenue Rp312.8 juta. Market share yang diambil oleh Johnson’s sebesar 7,63% pada periode 1-15 September 2022. Data Compas mencatat sales quantity dan sales revenue tersebut mengalami kenaikan growth sebesar +21,67% dan +6,47% secara berurutan.
Johnson’s merupakan brand skincare keluarga yang sudah dikenal dan dipercaya kualitas produknya oleh banyak keluarga di Indonesia sejak 1973. Variasi produk bayi yang disediakan Johnson’s mulai dari perawatan rambut, baby bath, baby cologne, baby oil, baby cream dan lainnya.
5. Aveeno
Yang terakhir ada brand Aveeno di nomor 5 rekomendasi baby cream terbaik e-commerce. Riset tim Compas menyampaikan bahwa pada periode 1-15 September 2022, market share Aveeno tercatat 3,92%. 950 unit produk laris terjual di pasar dengan sales revenue sebesar Rp160.8 juta.
Dari data tersebut juga diketahui bahwa sales quantity dan sales revenue tersebut mengalami penurunan sebesar -23,14% dan 29,70% secara berurutan. Kendati demikian, produk Aveeno tetap menjadi pilihan ibu muda untuk membantunya menjaga kesehatan, kelembaban, dan keseimbangan kulit bayi mereka.
Sedikit menilik brand ini, Aveeno merupakan brand produk skincare wanita dan bayi yang sudah berdiri selama 70 tahun. Oat merupakan bahan utama dalam setiap produknya yang dapat membantu meningkatkan proteksi natural kulit yang menjaga kulit bayi tetap seimbang dan sehat. Produk-produk Aveeno antara lain yang terkenal dan menjadi kepercayaan para ibu antara lain baby lotion, baby cream, dan baby wash.
Kesimpulan
Mayoritas brand mengalami peningkatan sales quantity dan revenue dari periode sebelumnya. Termasuk brand lokal milik Sheyla Tanaria Habib bernama Beeme By Mama Shey yang bahkan tembus 3 besar rekomendasi baby cream terbaik. Kinerja Beeme terbilang sangat spektakuler, apalagi jika dilihat bahwa empat brand lainnya adalah brand multinasional yang sudah mendistribusikan produknya di berbagai negara.
Brand lokal memang sedang tumbuh dan berkembang dengan luar biasa di tanah air. Pelayanan dan kualitas produk yang diberikan juga tidak kalah menarik daripada produk asing.
Baik brand multinasional maupun brand lokal seperti milik Anda tentu mampu mengambil kepercayaan konsumen jika Anda memahami konsumen dengan baik. Memahami konsumen dan pasar dengan baik artinya perlu memiliki data riset yang akurat dan aktual.
Memiliki data pasar artinya Anda memutuskan untuk berinvestasi dengan sungguh-sungguh menciptakan inovasi produk dan mendalami persona konsumen dengan tepat. Sekarang Anda bisa membaca dara riset pasar di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau boleh coba GRATIS dengan 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini. Anda juga bisa bertanya di DM Instagram Compas atau hubungi Team Compas.
Compas siap mendampingi Anda menjadi brand kepercayaan konsumen di e-commerce tahun 2023!