logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
produk dry shampoo Unilever

19 Produk Dry Shampoo Unilever Ditarik, Dove & TRESemme Justru Meraih Quantity Growth Hingga >100% di Tokopedia!

19 Produk Dry Shampoo Unilever Ditarik, Dove & TRESemme Justru Meraih Quantity Growth Hingga >100% di Tokopedia!

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Melansir dari Kompas, Unilever menarik 19 produk dry shampoo yang beredar di Amerika Serikat. Penarikan tersebut lantaran produknya diduga mengandung benzena, salah satu zat karsinogen penyebab kanker. 

Produk yang ditarik berupa dry shampoo yang berasal dari merek Dove, Nexxus, Suave, TIGI, dan TRESemme. Dove dan TRESemme merupakan dua merek sampo yang umum dijual di Indonesia baik offline maupun di official store e-commerce seperti Tokopedia. 

Meski diterpa isu tak sedap, pantauan Tim Compas mengungkap bahwa hal tersebut tidak langsung mempengaruhi penjualan produk Dove dan TRESemme di Tokopedia. Simak info selengkapnya berdasarkan data Compas Dashboard berikut ini. 

Tak Terpengaruh Isu, Ribuan Produk Dove & TRESemme di Tokopedia Ludes Terjual Dalam 6 Hari!

produk dry shampoo Univeler

Isu terkait produk dry shampoo Unilever tersebut terbit dalam Washington Post pada 25 Oktober 2022. Lantas, Tim Compas menelusuri performa penjualan dua brand sampo Unilever yang terpapar isu tersebut, yakni Dove dan TRESemme. 

Hasil riset menemukan, terdapat -/+ 116 listing produk Dove dan -/+ 71 listing produk TRESemme di official store Tokopedia. Sementara dari penjualannya, produk sampo TRESemme melejit kenaikannya dari 356 produk yang terjual pada periode 20-25 Oktober menjadi 1.017 produk selama 26-31 Oktober 2022. 

Kenaikan tersebut membuat pertumbuhan bisnis sampo TRESemme melonjak drastis hingga 185,67%. Hal yang sama juga dialami Dove yang tumbuh positif sebesar 138,61% dari penjualan sebanyak 935 produk (20-25 Oktober) menjadi 2.231 produk (26-31 Oktober 2022). 

Pencapaian tersebut membuktikan bahwa isu ini tidak berpengaruh langsung terhadap penjualan produk sampo Dove dan TRESemme. Di sisi lain, Unilever Indonesia mengungkap pihaknya tidak terlibat dalam penarikan dry shampoo tersebut. 

Pihak BPOM juga menyatakan hanya 2 produk yang memiliki izin edar dari 19 produk yang ditarik, sedangkan sisanya tidak terdaftar di BPOM. Selain itu, produk-produk yang ditarik dari pasar Amerika Serikat tersebut secara resmi tidak beredar di Indonesia. 

Meski penjualan Dove dan TRESemme masih aman, apakah isu tersebut berpeluang mempengaruhi penjualan produk perawatan rambut lainnya? Pantau data penjualan selengkapnya di Compas Dashboard dan temukan performa lebih dari 900 brand perawatan rambut lainnya!

Kesimpulan

Adanya isu tertentu yang sedang ramai tidak jarang mempengaruhi performa penjualan suatu produk. Dalam hal ini, penjualan produk sampo Dove dan TRESemme memang masih stabil di Tokopedia. 

Kendati demikian, perusahaan harus tetap waspada terhadap berbagai isu yang terus bermunculan karena berpeluang berdampak pada perubahan tren pasar. Tren pasar erat kaitannya dengan kebutuhan konsumen saat ini.

Perusahaan bisa lebih jeli memahami kebutuhan konsumen dengan memanfaatkan data penjualan dari riset pasar. Data tersebut juga berperan penting agar perusahaan makin mudah melihat peta persaingan bisnis, khususnya secara digital. 

Melalui data Compas Dashboard, Anda bisa memperoleh berbagai data riset pasar sesuai kebutuhan bisnis. Kembangkan bisnis Anda secara digital dengan menghubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas dan jadilah jawara di e-commerce!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.