Data Penjualan Sabun Bayi, Top 5 Brand dengan Market Share Tertinggi di E-commerce Periode 1-31 Januari 2023: Johnson’s Masuk 3 Besar!
Author: Salsabila
Compas.co.id – Produk sabun bayi adalah salah satu subkategori yang sangat penting di pasar FMCG saat ini, terutama mengingat persaingannya yang ketat di e-commerce. Pasalnya, kebutuhan akan sabun bayi yang aman dan efektif dalam menjaga kebersihan kulit bayi sangat tinggi, sehingga produk-produk yang terpercaya dan memiliki reputasi baik di pasaran menjadi sangat diminati oleh para konsumen.
Dalam Indonesia FMCG E-commerce Report 2022, diketahui bahwa kategori Mom & Baby memiliki addressable market sebesar Rp6.9 triliun. Adapun secara keseluruhan, jumlah produk terjual sebanyak 134 juta item di Tokopedia dan Shopee.
Mengingat juga jumlah bayi lahir yang meningkat artinya pasar untuk produk ini masih terbuka luas untuk di eksplor oleh brand. Data Compas Dashboard menyatakan 5 brand sabun bayi dengan market share tertinggi di e-commerce periode 1-31 Januari 2023 menjadi informasi yang sangat penting untuk diketahui oleh para C-levels dalam perusahaan terkait.
Dalam artikel ini akan membahas tentang data penjualan dari 5 brand sabun bayi tersebut dan menjabarkan strategi marketing seperti apa yang diimplementasikan oleh jajaran top brand sabun bayi tersebut. Dengan informasi ini, diharapkan dapat membantu para brand dalam mengambil keputusan strategis ke depannya.
Data Penjualan 5 Top Brand Sabun Bayi di E-commerce Sepanjang Januari 2023 dan Strategi Marketingnya
1. Zwitsal
Awal bulan tahun 2023 Zwitsal menjuarai subkategori Sabun Bayi terlaris di Tokopedia dan Shopee. Merek Zwitsal yang berada di bawah payung PT Unilever ini sejak dulu promosi iklannya sudah berlalu lalang di TV lokal mengenai aktivitas mandi dan perawatan tubuh bayi.
Brand color kuning dan oranye sudah melekat erat dalam benak masyarakat. Ditambah wanginya yang khas Zwitsal, aromanya pun tidak mudah hilang dalam indera penciuman. Makin usianya bertambah, strategi Zwitsal tak hanya berhenti sampai promosi iklan TV, melainkan mulai mengajak kerjasama jejeran public figure ternama Indonesia, terutama figur terkenal ibu mudah dengan balitanya. Sebut saja Nikita Willy serta pasangan Dinda Hauw dan Rey Mbayang.
Data Compas Dashboard memantau market share Zwitsal meraih angka paling tinggi, yakni 24,31%. Dengan besaran market share tersebut, penjualan bulan Januari 2023 senilai Rp1.5 miliar yang setara dengan 57.8 ribu item produknya dipercaya oleh para mama melalui pembelian di e-commerce.
Tapi apakah hanya menggandeng public figure cukup melambungkan brand awareness dan mendongkrak sales? Selain kerjasama dengan selebriti, Zwitsal memiliki kerjasama erat dengan dokter ahli anak, psikolog anak, dokter ahli kulit, chef, praktisi dunia parenting dan praktisi lain yang sekiranya terkait dengan dunia Mom & Baby. Mereka adalah sosok-sosok yang dekat hubungannya dengan para mama dan bayinya. Dampak dari kerjasama tersebut tentunya membuat masyarakat semakin percaya dengan Zwitsal karena mampu menghadirkan sosok informatif yang bermanfaat bagi masyarakat untuk memperluas ilmu parenting sejak anaknya masih bayi.
Terlihat dari media sosialnya, merek ini aktif sekali membuat berbagai acara online mengenai edukasi seputar Mom & Baby, lalu ada kulwap alias kuliah Whatsapp dari praktisi pula. Berbagai giveaway dan challenge pun ikut meramaikan aktivitas media sosial Zwitsal.
Tak hanya aktif secara online, Zwitsal juga selalu ditemukan di berbagai event offline Mom & Baby untuk menjaga eksposur produknya tetap tinggi. Event offline lainnya seperti acara Zwitsaland dengan berbagai aktivitas menyenangkan bagi si kecil dan Zwitsal Playground yang diadakan bersama Fimela.
Jika dilihat dari aktivitas marketingnya, wajar jika Zwitsal yang paling diminati dan menarik bagi orang tua sehingga mereka tak segan untuk selalu loyal pada merek yang ikonik dengan logo kepala bayinya ini. Strategi yang dilakukan Zwitsal ini tak hanya menyenangkan bagi anak, tapi juga orang tua mendapat banyak paparan ilmu parenting.
Baca juga: 6 Top Brand Susu Formula, Enfagrow Jagoan Utamanya Para Bunda!
2. Johnson’s
Pemenang top brand Sabun Bayi kedua diraih oleh Johnson’s Baby! Johnson’s merupakan merek perawatan tubuh bayi dan anak yang cukup lama berkontribusi dalam industri Mom & Baby di Indonesia.
Riset tim data Compas menyatakan di periode 1-31 Januari 2023 pendapatan yang diperoleh Johnson’s sebesar Rp906 juta. Atau setara dengan penjualan 21 ribu pieces sabun bayi yang menjadi pilihan para mama. Adapun pangsa pasar yang diambil oleh Johnson’s di angka 14,31%.
Tidak mau kalah saing dengan kompetitor utamanya, Johnson’s juga sering melakukan iklan promosi TV di lokal untuk menggaet masyarakat lebih luas. Secara online pun, Johnson’s sejak awal fokus pada produk-produk perawatan tubuh bayi. Hal itu dapat dilihat dari aktivitas media sosialnya banyak menampilkan foto keluarga bahagia dan berbagai kegiatan menarik bagi keluarga. Ditambah, merek ini bekerjasama dengan Tasya Kamila sebagai pilihan sosok public figure nya.
Merek asal Amerika Serikat ini juga rutin sharing edukasi dan tips perawatan seputar bayi di media sosialnya. Lalu membuat game, challenge, dan giveaway yang memberikan berbagai hadiah menarik terkait barang-barang keperluan bayi. Kegiatan edukatif lainnya terutama untuk orang tua yaitu banyak membuat live Instagram dimana para expert dalam dunia Mom & Baby sharing keilmuannya.
Sebagai salah satu top brand, strategi untuk membuat masyarakat loyal padanya adalah dengan membuat Johnson’s Parents Club. Club tersebut hadir agar orang tua dapat lebih mudah untuk saling sharing pengalaman, mendapatkan penawaran produk terbaik, saran ahli, dan berbagai informasi untuk mengembangkan ilmu parenting para orang tua.
Berkat kegigihannya untuk menjadi merek terbaik kepercayaan orang tua Indonesia, Johnson’s mendapatkan reward berupa Most Engaging Brand 2022 di kategori Baby & Kid’s Care.
3. Lactacyd
Selanjutnya ada Lactacyd Baby di top 5 brand Sabun Bayi Terlaris di e-commerce. Data Compas Dashboard melihat market share yang diraih oleh Lactacyd Baby sebesar 7,24%. Sales quantity bulan Januari 2023 sebanyak 4.9 ribu sabun bayi atau setara dengan revenue Rp458.1 juta.
Media sosialnya terlihat cukup aktif dengan banyak sharing video bertajuk “Ask The Expert” dimana pertanyaan para mama yang terpilih akan dijawab langsung oleh dokter anak. Kemudian banyak live Instagram dari ahli untuk sharing edukasi kepada orang tua. kegiatan seru juga ada seperti challenge dan giveaway dengan hadiah menarik.
Dari strategi marketingnya sendiri, belum terlihat Lactacyd melakukan kerjasama dengan public figure sebagai salah satu strateginya untuk meningkatkan brand awareness dan mendongkrak sales.
Lactacyd Baby memiliki program bernama Purpose Day 2022 dimana brand membuat gerakan donasi pembuatan sumber air baru di suatu area yang kekurangan air bersih. Setiap pembelian paket donasi seharga Rp100.000 yang berisi 2 produk yaitu Lactacyd Baby Extra Milky 150 ml dan Lactacyd Baby Gentle Care 60 ml. Program tersebut diadakan juga sebagai sarana promosi varian produk terbarunya agar masyarakat membeli tanpa pikir panjang.
4. Cetaphil
Cetaphil sudah terkenal dengan image produk perawatan tubuh bagi kulit sensitif dan alergi. Merek ini telah memperoleh reputasi yang sangat baik dalam menyediakan produk yang aman dan lembut bagi kulit yang sensitif. Selain itu, merek ini juga dikenal sebagai salah satu merek yang paling sering direkomendasikan oleh dokter kulit dan ahli kesehatan.
Terutama untuk bayi, produk-produk Cetaphil menjadi pilihan yang tepat bagi orang tua yang ingin memastikan bahwa kulit bayi mereka terlindungi dan dirawat dengan baik. Dengan fokus pada bahan-bahan yang lembut dan aman, Cetaphil tetap menjadi pilihan populer bagi mereka yang mencari produk perawatan tubuh yang dapat diandalkan dan aman untuk bayi.
Data Compas Dashboard melihat data penjualan Cetaphil sepanjang Januari 2023 ini mendapat market share sebesar 6,57%. Diikuti dengan pendapatan Rp416 juta yang kurang lebih setara dengan penjualan produknya sebanyak 2.9 ribu.
Beberapa produk sabun bayi Cetaphil Baby antara lain Cetaphil Baby with Organic Calendula Wash & Shampoo, Cetaphil Baby Gentle Wash & Baby, Cetaphil Baby Moisturising Bath & Wash. Walaupun produk Cetaphil tergolong premium, akan tetapi kualitasnya sudah dermatology-tested. Oleh sebab itu brand image sebagai produk perawatan tubuh yang aman bagi kulit sensitif dan alergi melekat erat dalam benak masyarakat.
Untuk semakin mengeksposur produknya lebih luas, Cetaphil mengikuti event offline seperti Female Daily Jakarta Beauty 2022 dan bekerjasama dengan Watson mengadakan event Skin Awareness Festival 2022.
5. Cussons
Terakhir ada merek Cussons yang masuk ke dalam top 5 brand Sabun Bayi pilihan orang tua di e-commerce. Merek di bawah naungan PT PZ Cussons Indonesia ini sudah berdiri sejak 1988 dan fokus pada 4 brand utama, yakni Cussons Baby, Cussons Kids, Imperial Leather, dan Original Source. Keempat brand tersebut bergerak di bidang FMCG.
Compas Dashboard melihat Cusson meraup Rp278.6 juta dengan 9.6 ribu sabun bayi dipercaya oleh orang tua sebagai produk terbaik bagi anaknya. Adapun market share yang berhasil dikuasai oleh Cussons sebesar 4,40%.
Merek ini ikut meramaikan aktivitas followersnya di media sosial dengan banyak melangsungkan giveaway dan challenge. Lalu mengadakan berbagai kompetisi menarik bagi para mama seperti mengupload foto dan bercerita mengenai foto tersebut dengan hashtag #CeritaCintaBunda.
Cussons membuat webinar online yang tak hanya ditujukan untuk bayi, tapi juga orang tua. Strategi ini dapat dikatakan baik sekali untuk diterapkan dalam industri Mom & Baby, karena walaupun produknya untuk bayi tapi yang perlu diambil hati dan kepercayaannya adalah orang tua terutama mamanya.
Cussons memiliki program Supermom Community dimana para mama berpeluang mendapatkan hadiah dengan cara menukarkan poin pembelian produk Cussons, kemudian bisa tergabung dalam aktivitas seru dan insightful serta dapat banyak voucher belanja. Program ini tentunya sangat menarik minat para mama karena bisa saling sharing dan mendapatkan banyak benefit dari Cussons.
Kesimpulan
Dari kelima top brand di atas, dapat terlihat suatu pola strategi yang sama yaitu mayoritas brand sama-sama dekat masyarakat dan banyak melakukan engagement dengan followers yaitu orang tua, terutama para mama. Mayoritas brand Mom & Baby tersebut juga aktif sharing edukasi serta tips dan trik yang berkaitan dengan dunia parenting.
Tak ketinggalan kerjasama dengan banyak ahli di dunia seputar parenting dan anak untuk menambah kepercayaan dari masyarakat. Khususnya di industri FMCG kategori Mom & Baby, kehadiran para ahli sangat besar perannya untuk menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Adanya kerjasama dengan ahli juga dapat membentuk persepsi masyarakat bahwa produk-produk brand tersebut terjamin keamanan dan kualitasnya.