77.6% Penjualan Lipstik di Toko Online Dikuasai Brand Lokal
Author: Compas
Seo Ye-Ji, Aktris drama Korea di serial It’s Okay to Not Be Okay bikin kita pecinta drakor terpengaruh soal penampilan dia, ya. Dari mulai outfit, eyeliner sampai ke lipstiknya.
Nah, kita jadi penasaran ada nggak sih brand lokal yang bikin mirip Seo Ye-Ji? Waduh, kalo bikin mirip Seo Ye-Ji sih sulit ya tapi kalo mirip warna bibirnya kita punya!
Wardah dengan tagline “Inspiring Beauty” buat kita percaya produk lipstiknya bisa bikin mirip Seo Ye-Ji khusus untuk warna bibir kita ya.
Brand Wardah Menguasai Marketplace
Berdasarkan data yang kita dapat dari Compas, 77.6% penjualan lipstik sebulan terakhir dikuasai oleh brand lokal Wardah yang didirikan dari sejak tahun 1995 oleh Nurhayati Subakat di kawasan Cibodas, Jawa Barat.
Menguasai market place sebulan terakhir bikin kita nggak kaget kalo wardah sekarang ini memiliki deretan pabrik besar semi otomatis di Kawasan Industri Jatake Tangerang.
Kemunculan produk lipstik terbarunya yang bernama Velvet Matte Lip Mousse dengan berbagai varian warna dari warna bold hingga warna nude bikin penjualan Wardah terus meningkat sampai saat ini.
Kalo dilihat dari reviewer tim Buka Lapak, produk lipstik yang terbaru dari Wardah ini sangat worth it untuk dibeli walaupun hasilnya matte, tapi tidak membuat bibir kering dan membuat bibir halus.
Varian Paling laris di Marketplace
Jelas, varian paling laku yang warnanya sering dipake sama Seo ye-ji yaitu Velvet Matte Lip Mousse Shade 08 Brown Creator karena cocok juga sama skin tone perempuan Indonesia.
Velvet Matte Lip Mousse Shade 08 Brown Creator mendominasi penjualan kosmetik wardah dengan presentase 35,8% terjual yang totalnya mencapai Rp. 106 Juta.
Dengan harga mulai dari 60 ribu sampai 70 ribu, Wardah Official Store lebih banyak diburu di Shopee karena banyaknya voucher gratis ongkir dengan harga produk tersebut terlihat pada Minggu ke-4 tipe Shade 08 Brown Creator terjual sampai 27 Juta.
Tidak hanya untuk produk lipstick, kamu bisa dengan mudah mendapatkan data lengkap seputar total penjualan dari setiap kategorinya. Dengan mengakses Compas Quick Report, tersedia data transaksi top brand di marketplace pada periode tertentu.
Optimasi Toko Online dengan Data Akurat
Kamu bisa mengoptimasi produk di toko online mu sesuai dengan tren dan minat pasar saat itu. Tanpa perlu riset lama, Compas QR menyediakan data valid pembelian suatu kategori di e-commerce.
Kamu juga bisa menganalisa top seller sebagai kompetitormu dalam kategori yang sama. Berdasarkan riwayat pembelian konsumen, data pada Compas QR membantu menentukan strategi bisnis selanjutnya untuk toko online mu.
Menangkan penjualan tertinggi di kategori produkmu dengan Compas QR!
These data provide by compas.co.id, click here for more experience.
Lihat juga:
- Data Penjualan Kosmetik Wajah 2021: Brand Lokal Kuat Bersaing
- Data Penjualan Skincare Lokal Tembus 600 Juta Seminggu
Metodologi riset: Tim Riset Telunjuk melacak data harga, penjualan, dan transaksi belanja online di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak terhadap produk-produk Makeup Lips: Lip Cream. Data sampel diambil berdasarkan periode tanggal 30 Juli hingga 28 Agustus 2020