Data Penjualan Paket Skincare Glowing Januari 2023: NBS Paket Extra Glow Menang! White Story dan Whitelab Menyusul
Author: Salsabila
Compas.co.id – Berkenaan dengan data pasar Compas per quarter di tahun 2022, industri Beauty and Care adalah kategori FMCG yang paling bertahan di antara yang lainnya. Dari Q1 ke Q2, nilai growthnya mengalami penurunan tipis. Dan dari Q2 ke Q3 growthnya naik positif.
Tiap quarter terlihat memiliki tren kecantikan masing-masing, tapi kategori Paket Kecantikan terlihat mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding yang lain. Menunjukkan bahwa produk kecantikan dalam bentuk paket atau bundling lebih diminati konsumen.
Penasaran brand Beauty and Care apa saja yang menang di subkategori Paket kecantikan awal tahun 2023? Cek data penjualannya, isi Paket Kecantikannya dan strategi-strategi yang diimplementasikan oleh brand sehingga masuk list top 3 brand Beauty and Care berdasarkan sales volume.
NBS Paket Extra Glow Juara 1 Lagi di Awal Tahun 2023
1. NBS Paket Extra Glow
NBS (Noni Beauty Skin) milik Noni Ayi lagi-lagi juara 1 dalam subkategori Paket Kecantikan lokal. NBS sendiri merupakan brand kecantikan dan perawatan tubuh yang baru berdiri di tahun 2019.
Namun jangan salah, walaupun masih hijau dalam industri yang ketat persaingannya ini–terutama di e-commerce–NBS sudah menunjukkan sepak terjangnya. Bukti sepak terjang brand lokal asal Bogor ini masuk dalam pantauan tim data Compas.
Data Compas dashboard melaporkan brand ini sukses menjual 1,1 ribu NBS Paket Extra Glow di Shopee official storenya periode Januari 2023. Angka tersebut sekitar 15,2% secara sales volume untuk penjualan Paket Kecantikan lokal isi >2 pcs, dengan fokus Glowing/ Brightening yang berada di kisaran harga Rp100.000-Rp250.000.
Mengintip isi dari NBS Paket Extra Glow yang yang laris di Shopee, ada 5 pcs produk yang harganya hanya Rp215.000. Harga yang dipasang NBS tersebut cukup murah dan masuk kantong konsumen jika dilihat dari banyaknya produk dan manfaatnya dalam satu paket kecantikan.
NBS Paket Extra Glow berisi set perawatan wajah lengkap, yakni day cream 100 gr, night cream 100 gr, serum glowing 10 ml, toner 60 ml, dan facial wash 100 ml. Bahan unggulan yang digunakan dalam NBS Paket Extra Glow ini ada niacinamide dan extra collagen. Untuk kandungan serum glowingnya sendiri mengandung Ethyl Ascorbic Acid yaitu vitamin C yang stabil dan sangat cocok digunakan bagi produk pencerah kulit.
Apa rahasia strategi NBS dapat menjadi juara 1 seperti ini?
Sebab produknya sudah terjamin halal dan aman, maka NBS berani membuka peluang reseller, agen, dan stockist seluas-luasnya. Itu yang membuat NBS menang, karena produknya tersebar di seluruh wilayah Indonesia sehingga eksposur produk dan brand yang didapatkan lebih besar.
Berkaitan dengan hal itu, riset tim data Compas menyatakan dalam Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 bahwa nonofficial stores menguasai sebaran penjualan FMCG di seluruh marketplace. Sebabnya nonofficial stores memiliki harga produk yang cenderung lebih kompetitif. Selain itu, nonofficial stores juga memiliki ketersediaan produk yang lebih beragam dan varian produk yang lebih banyak sehingga mampu mengungguli Official Stores dengan jumlah rasio sebesar 17:1.
Hal lain yang membuatnya lebih unggul adalah kerjasamanya dengan banyak public figure ternama yang tak hanya perempuan, tapi juga laki-laki seperti Irwansyah, Ritchie Ismail, Atta Halilintar, dan Fadli Faisal. Kerjasama tersebut tentu saja untuk menjangkau segmen pria. Sekaligus menanamkan keyakinan bahwa produk skincare tak hanya berlaku bagi wanita. Akan tetapi pria juga sudah sewajarnya peduli dan merawat kulitnya menggunakan NBS Paket Extra Glow.
2. White Story Paket Wajah Brightening + Arbutin Glow Serum
Juara bertahan nomor 2 selanjutnya ada White Story dengan Paket Wajah Brightening. Di periode sebelumnya yakni 1-31 Desember 2022, White Story berhasil unggul dari Azarine yang menempati posisi ke 3.
Data Compas dashboard melihat brand lokal ini berhasil menjual >1000 produk paket kecantikan sepanjang Januari 2023. Atau sekitar 14,6% secara sales volume untuk penjualan paket kecantikan lokal di official store di Shopee, dengan isi produk >2 pcs yang range harganya Rp100.000 – Rp250.000.
Paket Wajah Brightening ini berisi 5 pcs produk yang bisa membuat wajah glowing maksimal. 5 produk tersebut yaitu day cream 15 gr, night cream 15 gr, toner 60 ml, facial wash 60 gr, dan Brightening Face Serum 20 ml.
Harganya yang di bawah Rp250.000 dirasa cukup masuk akal bagi konsumen yang cukup sensitif terhadap harga. Dalam free report “Indonesia FMCG E-commerce Report 2022” dikatakan bahwa berdasarkan Jakpat, harga merupakan faktor ke 4 yang dilihat konsumen sebelum membuat keputusan beli atau tidak.
Strategi yang dilakukan brand milik Jessica Lin diantaranya kerjasama dengan public figure/influencer. White Story ingin turut serta mengimplementasikan tren Beauty and Care di e-commerce tersebut. Baru-baru ini diketahui White Story mengalokasikan biayanya untuk menggandeng Bright Vachirawit–selebriti Thailand–dan Amanda Manopo sebagai Brand Ambassadornya.
Dari hal tersebut, yang menarik adalah White Story memutuskan untuk tidak menggunakan artis Korea Selatan seperti brand Beauty and Care lainnya seperti Scarlett, Somethinc, Azarine, Whitelab dan lainnya. Hal tersebut bisa jadi karena perempuan Indonesia cukup menyukai selebriti Thailand karena dinilai tampan/cantik dengan kulitnya yang putih sehingga mampu mengundang hype yang tinggi juga.
Penggunaan laki-laki sebagai Brand Ambassador dilakukan dengan tujuan membuat produk White Story tidak eksklusif untuk perempuan saja. Jadi persepsi yang tertanam dalam benak masyarakat adalah laki-laki tak perlu malu untuk merawat kulitnya lagi dan hal yang wajar jika kaum laki-laki mulai sadar untuk memperhatikan kondisi kulit.
3. Whitelab Brightening Paket Wajah
Terakhir ada Whitelab yang berhasil menggeser posisi Azarine dan masuk list top 3 brand subkategori Paket Kecantikan. Paket Wajah Brightening Whitelab berhasil membawa brand lokal ini menduduki nomor 3. Bagaimana performa Paket Kecantikan tersebut?
Data Compas dashboard menyebutkan tingkat sales volume Paket Wajah Brightening di angka 13,4%. Atau setara dengan 1000 Paket Kecantikan yang terjual di official store di Shopee sepanjang bulan Januari 2023, dengan isi produk >2 pcs yang range harganya Rp100.000 – Rp250.000.
Mari intip isi Paket Wajah Brightening Whitelab yang dibanderol dengan harga <Rp250.000 ini. Terdiri dari 5 pcs berupa day cream 20 gr, night cream 20 gr, brightening toner 100 ml dan facial wash 100 gr. Powerful ingredients yang digunakan oleh brand yang baru berdiri tahun 2020 ini adalah niacinamide yang berperan besar untuk mencerahkan kulit, melembabkan kulit, menyamarkan noda hitam serta mengatasi jerawat. Lalu ada juga kandungan collagen yang terkenal untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.
Berbicara tentang strategi, dari postingan di media sosialnya terlihat Whitelab menggunakan model laki-laki untuk mempromosikan produk dan brandnya. Hal ini sama dengan kedua kompetitornya dimana memilih model laki-laki untuk menjangkau segmentasi pasar laki-laki dan menormalisasi kaum pria yang rajin merawat kulit wajahnya.
Selain itu Whitelab juga terlihat banyak menjalin kerjasama endorsement dengan sejumlah influencer dan selebriti tanah air untuk mendongkrak brand awareness dan penjualannya. Tidak hanya kerjasama dengan public figure, tapi juga dengan brand terkenal lain seperti Whitelab X Gudetama.
Kesimpulan
Dari analisa ketiga brand di atas, NBS Skincare bisa menjadi juara 1 dengan tingkat penjualan tertinggi di antara yang lain karena membuka peluang reseller, agen, dan stockist. Oleh karena itu distribusi penjualannya lebih luas sehingga eksposur terhadap brand dan produknya lebih tinggi.
Membuka peluang reseller, agen, dan stockist juga menjadi keuntungan tersendiri karena berdasarkan data pasar Compas, jumlah nonofficial store di e-commerce lebih mendominasi daripada official store.
Walaupun baru berdiri kurang dari 5 tahun, semua brand di atas mampu membuktikan diri bahwa dalam urusan Paket Kecantikan, mereka layak bersaing di pasar Beauty and Care ini.
Dari ketiganya pun diketahui bahwa semakin banyak menggunakan model lelaki dengan tujuan menjangkau segmentasi laki-laki. Brand-brand perawatan tubuh perlahan berusaha melakukan normalisasi laki-laki yang menggunakan skincare karena merawat tubuh, termasuk wajah adalah hak semua orang tanpa melihat gender.