Author: Nabila Suci Andini
Compas.co.id – Industri suplemen makanan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup sehat di era modern saat ini. Dari penggemar kebugaran hingga individu yang berusaha meningkatkan kesehatan mereka, suplemen makanan tetap menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Di dalam dunia e-commerce yang berkembang pesat, terdapat 10 brand yang telah muncul sebagai pemain utama dengan pangsa pasar tertinggi. Melalui Compas Market Insight Dashboard, Compas.co.id telah menemukan ke sepuluh brand tersebut. Berikut ini rangkumannya.
Hasil dari Compas Market Insight Dashboard Mengenai Top 10 Brand Kategori Suplemen Makanan Terlaris di E-commerce
1. Wookey Weight
Dalam dunia yang semakin sadar akan pentingnya kesehatan, minat masyarakat terhadap suplemen makanan terus meningkat. Di antara berbagai brand yang bersaing di pasar, satu nama telah menonjol sebagai pemimpin tak terbantahkan, yakni Wookey Weight. Dengan market share tertinggi yang tembus hingga 17.7% di e-commerce, Wookey Weight telah membuktikan dirinya sebagai kekuatan dominan dalam kategori suplemen makanan.
Salah satu kunci kesuksesan Wookey Weight adalah dengan menganggap kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama. Dibuktikan dengan unggahan di platform media socialnya, Wookey Weight sangat sering membagikan cerita dan testimoni dari setiap konsumennya. Pernyataan tersebut juga didukung oleh penjelasan dari Muhammad Khusnul selaku Founder dari Wookey Weight, Muhammad Khusnul menyatakan bahwa Wookey Weight telah membantu banyak orang, dan lebih dari 10 ribu testimoni pelanggan didapat oleh Wookey Weight (SWA, 2024).
2. Realfood
Realfood bukanlah nama yang asing dalam dunia suplemen makanan. Didirikan dengan visi untuk menyediakan solusi kesehatan yang alami dan berkualitas bagi konsumen, Realfood telah membangun fondasi kuat sejak awal. Mereka mengambil pendekatan yang berfokus pada keberlanjutan, transparansi, dan kualitas bahan-bahan alami, sehingga tak heran brand Realfood masuk dalam jajaran top 10 brand kategori suplemen dengan market share mencapai 6.5%. Tak hanya fokus pada pengembangan dan kualitas produk, Realfood juga memberikan layanan konsultasi khusus untuk program diet dan mendirikan komunitas hidup sehat. Dengan demikian, Realfood berhasil menciptakan rangkaian produk yang beragam sesuai kebutuhan konsumen agar dapat hidup sehat dan bugar.
3. Vitacimin
Di era saat ini kesehatan dan kesejahteraan memang menjadi prioritas utama bagi banyak individu, penggunaan suplemen makanan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup sehat. Vitacimin termasuk salah satu brand yang juga banyak dikonsumsi untuk menunjang gaya hidup sehat. Terbukti dengan hasil pantauan Compas.co.id, brand Vitacimin masuk dalam jajaran top 10 brand kategori suplemen makanan dengan market share tertinggi, 4%. Angka tersebut berhasil mengantarkan Vitacimin berada di peringkat ketiga, Sebagi brand yang sudah lama berada di industri ini, Vitacimin telah menegaskan bahwa brand tersebut dapat diperhitungkan dan diandalkan oleh konsumen.
4. Natur-e Indonesia
Industri suplemen makanan telah menjadi tonggak penting bagi individu yang peduli dengan kesehatan dan kesejahteraan mereka. Dalam pasar yang dinamis dan berkembang pesat di e-commerce, satu nama yang juga menonjol sebagai pilihan utama di kategori ini adalah Natur-E. Dengan posisi yang menakjubkan di peringkat keempat dan berhasil memperoleh market share tertinggi, Natur-E membuktikan bahwa brand tersebut dapat menjadi salah satu brand dengan produk suplemen makanan terlaris di e-commerce.
5. Blackmores
Di antara berbagai brand yang bersaing sengit di pasar e-commerce, Blackmores unggul daripada brand ternama lainnya dengan berhasil menempati urutan kelima dalam top 10 brand kategori suplemen makanan. Hasil pantauan dari Compas.co.id juga menunjukkan bahwa posisi tersebut diraih berkat market share yang diraih Blackmores, dimana persentase Blackmores lebih unggul daripada brand lain yang berada di urutan lima terbawah.
Sebagai pionir dalam industri suplemen makanan, Blackmores telah memimpin dengan dedikasi pada kesehatan holistik dan kualitas produk yang tak tertandingi. Didirikan pada tahun 1932 oleh Maurice Blackmore, brand ini telah tumbuh menjadi salah satu pemimpin global dalam kategori suplemen makanan (blackmores.co.id).
6. Seloxy
Brand Seloxy masuk dalam jajaran top 10 brand kategori suplemen makanan menyusul brand – brand lainnya. Seloxy berhasil memperoleh market share tertinggi di e-commerce berdasarkan jumlah produk yang terjual. Sama seperti produk suplemen makanan lainnya, Seloxy pun memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan manfaat utamanya adalah untuk menangkal radikal bebas, hal ini didapat dari kandungan antioksidan yang terkandung didalam produk Seloxy (Medicastore, 2022).
7. Cool Vita
Sejak didirikan, Cool Vita telah berkomitmen untuk menyediakan suplemen makanan berkualitas tinggi yang tidak hanya efektif, tetapi juga terjangkau. Pernyataan tersebut sesuai dengan data dari Compas Market insight Dashboard yang menunjukkan bahwa Cool Vita menempati posisi ke tujuh sebagai brand dengan produk suplemen terlaris di e-commerce, dimana Cool Vita turut serta meraih market share tertinggi. Selain itu, Cool Vita juga berhasil memanfaatkan potensi pasar e-commerce untuk menjangkau para konsumennya. Dengan strategi pemasaran yang cerdas dan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak terkemuka yang dapat dilihat jelas di Instagram Cool Vita, akhirnya membuat Cool Vita mencapai posisi yang kokoh di pasar suplemen makanan online.
8. Suplemen Astria
Dalam dinamika gaya hidup modern, menjaga kesehatan melalui konsumsi suplemen makanan menjadi semakin penting. Di antara brand – brand terkemuka di pasar e-commerce, Suplemen Astria berhasil menempati posisi ke delapan dalam top 10 brand kategori suplemen makanan. Hasil pantauan Compas.co.id juga menunjukkan bahwa suplemen Astria juga mendapat market share tertinggi.Dengan demikian, Astria telah berhasil mengukir namanya sebagai pilihan terpercaya bagi mereka yang peduli akan kesehatan mereka.
9. CDR
CDR juga masuk sebagai salah satu brand yang dipantau oleh Compas.co.id melalui Compas Market Insight Dashboard. CDR berada di posisi kesembilan dengan market share tertinggi dalam kategori suplemen makanan. Merujuk pada hasil pantauan Compas.co.id terhadap strategi yang diterapkan oleh CDR, hasilnya menunjukkan bahwa CDR terlibat aktif dalam mendukung kesehatan masyarakat melalui program dan/atau edukasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa CDR berupaya meningkatkan kesadaran tentang pentingnya suplemen makanan dalam mencapai kesehatan yang optimal.
10. Ambeno
Brand terakhir yang masuk dalam jajaran top 10 brand kategori suplemen makanan dengan market share tertinggi adalah Ambeno. Untuk memberikan edukasi ke masyarakat, Ambeno menerapkan strategi dengan menjalin mitra pada selebritas, seperti Bella Saphira, Sule, Anang Hermansyah, dll. Harapannya agar seiring berjalannya waktu, maka minat masyarakat terhadap produk herba, khususnya pada produk Ambeno meningkat.
Kesimpulan
Industri suplemen makanan telah menjadi bagian integral dari gaya hidup sehat di era modern, memikat minat dari berbagai kalangan mulai dari pecinta kebugaran hingga individu yang mengutamakan kesehatan. Dalam lanskap e-commerce yang berkembang pesat, sepuluh brand teratas telah muncul sebagai pemain utama dengan pangsa pasar tertinggi. Di antara nama-nama ini, Wookey Weight menonjol sebagai pemimpin dengan market share mencapai 17.7%. Keberhasilan Wookey Weight dipengaruhi oleh fokusnya pada kepuasan pelanggan, terbukti dari upaya mereka dalam memberikan testimonial secara aktif di media sosial. Selain itu, Realfood juga mencapai prestasi yang signifikan dengan pendekatan yang berfokus pada keberlanjutan dan kualitas bahan alami, sementara Vitacimin dan Natur-e Indonesia muncul sebagai pilihan utama bagi individu yang mengutamakan kesehatan mereka.
Di samping itu, brand-brand lain seperti Blackmores, Seloxy, Cool Vita, Suplemen Astria, CDR, dan Ambeno juga berhasil menempati posisi di jajaran top 10 dengan strategi pemasaran yang cerdas dan komitmen pada kualitas produk. Dari segi strategi pemasaran, Ambeno misalnya, menjalin mitra dengan selebritas untuk mendukung kampanye edukasi kepada masyarakat. Ke sepuluh brand di atas menegaskan bahwa dalam era yang semakin sadar akan kesehatan, suplemen makanan bukan hanya menjadi tren, tetapi juga menjadi bagian integral dari gaya hidup sehat yang diadopsi oleh banyak individu.