33  1

Gerakan Self-Love buat Kategori Lipstik Terlaris di Shopee dan Tokopedia Periode 1-15 September 2021

Author: Farah Ramadhani

Gencarnya gerakan self-love selama pandemi merupakan salah satu faktor tingginya penjualan kategori kosmetik walaupun pergerakan masyarakat sedang dibatasi. Berdasarkan survey oleh Note Cosmetics, 65% wanita masih menggunakan kosmetik walau di rumah saja. Hal ini membuat data penjualan lipstik terlaris di Shopee dan Tokopedia kategori kosmetik.

Seperti apa performa penjualan kategori lipstik di Shopee dan Tokopedia? Apakah brand lokal tetap bisa bersaing dengan brand internasional? Simak rangkuman hasil riset tim internal Compas berikut ini, ya.

 

Data Penjualan Lipstik Terlaris di Shopee dan Tokopedia Periode 1-15 September 2021

data penjualan lipstik terlaris

Pada kategori kosmetik, lipstik memiliki market share yang paling tinggi, yaitu 23.9%. Persentase tersebut sama dengan total penjualan sebesar Rp29 miliar yang tercapai dari kurang lebih 1 juta produk terjual selama periode 1-15 September 2021.

Data di atas dikumpulkan melalui metode online crawling situs Shopee dan Tokopedia dengan ketentuan toko yang diriset memiliki rating lebih dari 4. Total produk yang terlisting di kategori lipstik adalah kurang lebih 19 ribu.

 

Top Brand Lipstik Terlaris di Shopee dan Tokopedia Periode 1-15 September 2021

brand lipstik terlaris

Dengan total penjualan tertinggi di kategori kosmetik, kira-kira brand lipstik apa yang memiliki market share paling besar, ya? Simak selengkapnya di artikel ini.

1. Maybelline

Maybelline menduduki peringkat pertama lipstik terlaris dengan 20.1% market share. Produk terlarisnya adalah Maybelline Superstay Matte Ink Liquid Matte Lipstick yang memiliki 44 pilihan warna.

2. Implora

Brand lokal mulai menyusul di peringkat kedua. Implora memiliki market share 14.9% di kategori ini. Urban Lip Cream Matte merupakan produk terlaris dari Implora yang mengandung vitamin E dengan hasil akhir matte

3. Wardah

Wardah menjadi brand lokal berikutnya yang masuk top 3 brand lipstik terlaris di Shopee dan Tokopedia dengan 11.4% market share. Produk terlarisnya adalah Wardah Lip Cream Exclusive Matte, lipstik dengan hasil akhir matte.

4. Hanasui

Masih produk dari tanah air, Hanasui menyusul dengan market share sebesar 6.8%. Produk andalan sekaligus lini pertama di kategori makeup mereka, Mattedorable Lip Cream, menjadi produk terlaris dari Hanasui di periode ini.

5. Make Over

Masih lokal, Make Over menempati peringkat kelima dengan 5.5% market share. Powerstay Transferproof Matte Lip Cream menjadi produk terlaris Make Over yang memiliki 12 warna dan tahan hingga 14 jam.

6. Ms Glow

Berawal dari penyedia skincare, kini MS Glow juga menjual kosmetik bibir. .Performanya mencapai 4.2% market share pada periode ini. Produk terlarisnya adalah MS glow Glam matte yang memiliki hasil akhir matte dan transferproof.

7. Madame Gie

Brand lipstik lokal berikutnya adalah Madame Gie dengan market share 3.2%. Produk terlarisnya adalah Madame Gie Lip Matte Netizen yang mengandung almond oil dan calendula extract.

8. Pinkflash

Merupakan perusahaan asal China, Pinkflash berhasil masuk pasar kosmetik Indonesia dan meraih market share sebesar 2.7% di periode ini. Pinkflash Matte Lipstik merupakan produk terlarisnya di Shopee dan Tokopedia. Seperti produk terlaris dari brand di atas, Pinkflash Matte Lipstick juga memiliki hasil akhir yang matte namun tetap melembabkan bibir.

9. Focallure

Masih brand asal China, Focallure menyusul dengan 2.5% market share. FOCALLURE New Lipstik Cream Velvet-Mist Matte Lip Clay menjadi produk terlarisnya di periode ini. Formulanya diklaim ringan dan waterproof namun tetap nyaman digunakan seharian.

10. OMG (Oh My Glam)

Daftar lipstik terlaris periode ini ditutup oleh brand asal Indonesia, OMG (Oh My Glam!) dengan market share 2.2%. Produk terlarisnya adalah Matte Kiss Lip Cream yang memiliki hasil akhir matte dan tahan seharian serta dilengkapi jojoba oil.

 

Dari daftar top brand lipstik di atas, dapat disimpulkan bahwa rata-rata produk terlarisnya merupakan matte lipstick. Kata kunci lain untuk produk lipstik terlarisnya adalah waterproof dan moisturizing.

Riset lebih lanjut mengenai penjualan kategori lipstik ini dapat Anda akses lebih lanjut melalui Compas Dashboard. Tak hanya satu kategori, Anda dapat membandingkan data penjualan di berbagai kategori dan periode waktu sesuai kebutuhan.

Data yang tersedia di Compas Dashboard antara lain sales revenue, total produk terjual, ranking brand terlaris, dan daftar produk terlaris. Insight tersebut tentunya beguna untuk menentukan strategi pemasaran produk Anda berikutnya.

Tertarik dengan produk Compas? Follow dan hubungi kami melalui DM Instagram di link ini. Anda juga bisa langsung menghubungi kami melalui link ini. Tunggu info menarik lain dari Compas, ya!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us