logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
kolaborasi brand kosmetik

5 Kolaborasi Brand Kosmetik dengan Brand F&B, Implora X Relaxa Tembus Penjualan Rp131.8 Juta!

5 Kolaborasi Brand Kosmetik dengan Brand F&B, Implora X Relaxa Tembus Penjualan Rp131.8 Juta!

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.idIndonesia Brand Forum (IBF) 2022 mengungkapkan bahwa kolaborasi termasuk kunci kesuksesan brand. Sudah ada beberapa brand yang membuktikan manfaat dari kolaborasi ini terutama dalam mendorong brand awareness produk.

Contoh kolaborasi yang berhasil menyita perhatian publik, yakni brand kosmetik E.l.f x Dunkin’ Donuts. Kolaborasi brand tersebut viral dengan lebih dari 30,4 juta views di TikTok sejak pertama kali diluncurkan pada 3 April 2022.

Sebagian besar brand juga membuktikan bahwa kolaborasi tidak harus dengan segmen bisnis yang sama. Hal inilah yang dilakukan berbagai brand kosmetik di Indonesia yang menggaet brand makanan dan minuman (F&B) untuk berkolaborasi. 

5 Kolaborasi Unik Brand Kosmetik x Brand F&B

kolaborasi brand kosmetik

1. Implora x Relaxa

Dalam berkolaborasi, Implora menggaet brand permen lokal, Relaxa. Perpaduan kesegaran permen Relaxa dihadirkan dalam lip cream Implora dengan aroma anggur dan sensasi mint. 

Menurut data Compas Dashboard, produk yang bertajuk Implora x Relaxa Matte Lipcream tersebut sukses menempati urutan ketiga sebagai top product Implora sejak satu bulan peluncurannya. Total penjualan produk kolaborasi ini mencapai Rp131.8 juta sepanjang periode 12 Mei – 12 Juni 2022. 

2. Luxcrime x Tango

Tak mau kalah, Luxcrime juga mengkolaborasikan produknya bersama brand wafer lokal, Tango. Guna memikat atensi konsumen, Luxcrime meluncurkan face palette dengan kemasan eksklusif khas Wafer Tango. 

Tak hanya kemasannya yang unik, face palette tersebut juga beraroma wafer Tango perisa cokelat. Namun, penjualan produk limited edition tersebut tak sewangi aromanya. 

Tercatat, produk Luxcrime x Tango Face Palette hanya menduduki peringkat 43 sebagai top product Luxcrime dengan total penjualan mencapai Rp99.8 juta. Pencapaian tersebut diperoleh selama penjualan periode 17 Agustus – 17 September 2022 di Shopee dan Tokopedia. 

3. Dear Me Beauty x KFC

Pertama kali diumumkan pada 19 Oktober 2021 di Instagram @dearmebeauty, brand kecantikan ini berkolaborasi bersama KFC dengan menghadirkan Hydrating Primer Sheet Mask. Kolaborasi ini pun berlanjut pada beberapa produk Dear Me Beauty lainnya seperti Primer Sunstick SPF 50+ PA++++, Skin Barrier Water Cream, 30 Seconds Meltaway Balm, Face Serum, dan Face Cleanser versi KFC. 

Begitu unik, kolaborasi ini tentunya menarik animo masyarakat terutama beauty enthusiast. Kolaborasi brand ini tidak hanya pada produk skincare saja. Dear Me Beauty juga menghadirkan varian produk kosmetik versi KFC, mulai dari lip gloss, lip tint, foundation.

Berdasarkan data Compas Dashboard, produk Dear Me Beauty x KFC Primer + Foundation Breathable Cushion SPF36 PA+++ tercatat paling sukses. Produk kolaborasi tersebut berhasil masuk dalam 3 produk terlaris dari Dear Me Beauty selama periode 16-31 Maret 2022 di Shopee.

4. Mirael x Chatime

Berbeda dengan beberapa brand sebelumnya yang menggandeng brand makanan, kali ini Mirael menggaet brand minuman kekinian, Chatime. Ada dua produk kolaborasi yang diluncurkan, yakni Milk Tea Body Wash dan Milk Tea Sugar Scrub. 

Dalam pantauan Tim Compas, Mirael tembus posisi kedua sebagai top brand waxing pada periode 4-17 April 2022 di Shopee. Melalui campaign #7HariMandiSkincare, sales volume brand tersebut meningkat hingga 21,4%. 

5. Studio Tropik x Kopiko

Kolaborasi “Cantik Anti Ngantuk” ini dikenalkan oleh Studio Tropik dalam varian produk kosmetik bibir khas Kopiko, brand permen kopi lokal nan legendaris. Terinspirasi dari cita rasa permen Kopiko, Studio Tropik hadir dengan 2 shade coffee lip treat, yakni varian Americano dan Cappucino. 

Dari segi penjualan, produk tersebut telah terjual hingga 2.000 pcs pada minggu pertama setelah launching. Kolaborasi ini juga mendapat sambutan antusias dari banyak audiens Studio Tropik di laman Instagramnya. 

Kolaborasi brand apa lagi yang menguntungkan? Temukan jawabannya melalui Compas Dashboard dan dapatkan data riset secara akurat untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Strategi Co-Branding, Ampuhkah Dongkrak Penjualan Produk?

Strategi kolaborasi antar brand sebenarnya bukanlah hal baru dalam dunia bisnis. Strategi ini biasa disebut co-branding, strategi pemasaran dalam aliansi yang bertujuan menguntungkan semua pihak. 

Mengutip dari publikasi Tri Septin MR, strategi co-branding memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan seperti memperluas brand awareness, peningkatan penjualan hingga menembus pasar baru. 

Kendati demikian, strategi ini tidak lantas mendongkrak penjualan kedua pihak yang berkolaborasi. Bisa saja hanya salah satu pihak yang penjualannya meningkat signifikan sehingga pihak lain dapat merasa dirugikan. 

Apalagi jika kolaborasi brand tersebut tidak sesuai dengan personality masing-masing produknya sehingga dapat mengubah pandangan publik terhadap brand tersebut. Sebab itu, strategi co-branding ini tidak bisa ditelan mentah begitu saja

Kesimpulan

Kolaborasi brand memang menarik perhatian massa terutama dari perpaduan dua brand yang berbeda personality seperti kosmetik dengan produk makanan. Untuk itu, strategi ini sangat cocok untuk mendongkrak brand awareness tapi tidak menjamin penjualannya sukses. 

Dapat dilihat produk Luxcrime x Tango yang tidak lantas jadi produk terfavorit konsumen di e-commerce, meski terbilang unik dan menarik. Justru produk-produk Luxcrime lainnya yang lebih unggul.

Tren pasar juga selalu berubah sehingga strategi co-branding ini tidak selalu berhasil dijalankan setiap brand. Ada kalanya kolaborasi brand mendapat antusiasme yang tinggi, tapi penjualannya naik di awal saja karena konsumen yang merasa FOMO. 

Maka dari itu, perusahaan harus melakukan riset terlebih dahulu untuk melihat kecenderungan pasar, tren, dan kebutuhan konsumen. Riset pasar akan mematangkan strategi tersebut tepat diterapkan atau tidak dan menawarkan opsi lainnya dalam memasarkan produk. 

Riset pasar bisa Anda mulai melalui Compas Dashboard yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Kembangkan bisnis Anda dengan menggunakan data riset yang akurat dan cepat. Tertarik memulai? Segera hubungi Team Compas atau DM Instagram Compas dan jadilah jawara di e-commerce!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.