Kategori Susu Olahan Terfavorit, Susu UHT Tembus Penjualan >70.000 pcs dalam 2 Minggu! 28 9 22 Article fnb Revisi scaled

Kategori Susu Olahan Terfavorit, Susu UHT Tembus Penjualan >70.000 pcs dalam 2 Minggu!   

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan mencukupi asupan gizi harian. Asupan bernutrisi tersebut dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan atau minuman, misalnya produk susu olahan. 

Data Tim Compas menemukan, produk pada kategori susu olahan mengalami peningkatan penjualan secara signifikan di e-commerce. Tercatat, total penjualan produk tersebut meningkat tajam hingga 91,79% pada Juli 2022 lalu di Tokopedia selama periode event WIB. Produk susu olahan yang laris terjual berasal dari kategori keju, susu UHT, dan susu bubuk. 

Kondisi ini menunjukkan masih tingginya minat konsumen Indonesia terhadap produk susu olahan terutama keju. Berdasarkan data per 31 Desember 2021 lalu, terbukti bahwa keju berhasil mencapai aset penjualan sebesar Rp767.72 miliar. Lantas, apakah keju masih menguasai kategori susu olahan terlaris pada bulan Agustus 2022 ini? 

5 Kategori Susu Olahan Terlaris di E-commerce Periode 16-31 Agustus 2022

kategori susu olahan

1. Susu UHT

Susu UHT merupakan jenis susu olahan yang terbuat dari susu sapi dengan metode pengolahan menggunakan teknologi pemanasan tingkat tinggi dalam waktu singkat. Susu UHT sebagai produk susu instan memang cocok jadi asupan tambahan yang bisa langsung dikonsumsi.

Produk susu UHT tersebut turut meramaikan event Tokopedia pada Juli 2022 dengan penjualan mencapai lebih dari 37.000 lebih pcs. Prestasi tersebut berhasil membuat susu UHT menduduki peringkat ketiga sebagai kategori susu olahan terfavorit saat itu. 

Pada periode ini, susu UHT berhasil menggeser posisi keju sebagai peringkat pertama kategori susu olahan terlaris di e-commerce dengan sales quantity sebesar >70.000 pcs hanya dalam dua minggu. Sementara total penjualan produknya mencapai angka yang cukup fantastis, yakni senilai Rp2.09 miliar lebih.

Kondisi ini menunjukkan adanya pergeseran konsumsi di mana konsumen cenderung mengonsumsi susu UHT dibandingkan keju. Selain itu, beberapa brand besar yang sukses jadi top produk susu UHT di antaranya Diamond, Greenfields, Ultra Milk, dan Frisian Flag. 

2. Susu bubuk

Mengikuti jejak susu UHT, susu bubuk juga masuk dalam jajaran produk terlaris saat event Tokopedia WIB Juli kemarin sebagai juara kedua. Produk turunan susu tersebut berhasil dengan sales quantity >36.000 pcs. 

Kali ini, susu bubuk juga berhasil mempertahankan posisi sebagai kategori susu olahan terlaris peringkat dua di e-commerce pada minggu kedua bulan Agustus 2022. Susu bubuk mengalami peningkatan sales quantity yang cukup bagus dibandingkan pencapaian pada event tersebut, yakni lebih dari 58.000 pcs.

Menurut data Compas Dashboard, ada tiga brand terunggul yang biasanya menguasai pasar susu bubuk tersebut. Beberapa brand tersebut terdiri dari Ensure, Hilo, dan Anlene. Lalu, apakah brand-brand tersebut berhasil mempertahankan posisinya pada periode ini? Temukan jawabannya melalui Team Compas dan dapatkan report data penjualan di e-commerce selengkapnya.

3. Keju

Peringkat ketiga kategori susu olahan terfavorit dengan total penjualan >44.000 pcs berasal dari produk keju. Dibandingkan dengan data penjualan saat event Tokopedia WIB bulan Juli lalu, sebenarnya sales quantity keju tersebut mengalami peningkatan. 

Namun, tidak sebesar dua kategori lainnya sehingga posisinya turun pada periode ini. Beberapa brand besar yang pernah tercatat dalam data Compas Dashboard dengan produk kejunya yang laris di antaranya Prochiz, Kraft, dan Meg Cheese.

4. Susu segar yogurt

Jenis susu olahan paling laku berikutnya adalah susu segar yogurt. Kategori tersebut tembus juara ketiga dengan total penjualan mencapai >18.000 pcs. Adapun sales revenue yang diperoleh senilai Rp762 juta lebih. 

Susu segar yogurt merupakan susu yang terbuat dari hasil fermentasi bakteri sehingga rasanya asam. Melansir dari HelloSehat, kandungan gizi susu segar yogurt tidak jauh berbeda dengan susu sapi. 

Hanya saja, yogurt diperkaya dengan bakteri probiotik yang bermanfaat bagi pencernaan. Untuk itu, mengkonsumsi yogurt dapat menjadi pilihan alternatif konsumen jika tidak suka meminum susu segar secara langsung. Tentunya, hal tersebut menjadi pertimbangan bagi konsumen yang turut mempengaruhi tingkat penjualan produk susu olahan pula. 

5. Susu kental manis

Susu kental manis sukses menduduki peringkat kelima kategori susu olahan di e-commerce dengan total penjualan >12.000 pcs. Sementara sales revenue kategori tersebut mencapai angka Rp451.67 juta.

Melansir dari Badan POM RI, susu kental manis merupakan jenis produk susu dengan kadar lemak tidak kurang dari dari 8% dan kandungan protein minimal 6,5%. Meski termasuk produk turunan susu, tapi konsumen tidak dianjurkan mengonsumsi sebagai minuman susu. Produk susu kental manis cocoknya menjadi toping atau campuran pada minuman dan makanan tertentu. 

Kesimpulan

Melalui data penjualan dari Compas Dasboard tersebut, dapat disimpulkan bahwa konsumen lebih menggemari produk susu UHT dibandingkan beberapa kategori susu olahan lainnya. Data penjualan tersebut dapat menjadi bagi perusahaan yang bergerak pada industri pengolahan susu ini. 

Dengan memiliki data penjualan, perusahaan dapat mengenali kompetitor dan lebih jeli melihat potensi pasar. Hal ini akan membantu perusahaan mencapai target konsumen secara tepat. Namun, data penjualan tidak bermanfaat jika perusahaan tidak mampu melakukan riset pasar. 

Melalui data Compas Dashboard, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.