logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Data Penjualan Tokopedia WIB dan Lonjakan Sales Produk Olahan Susu

Data Penjualan Tokopedia WIB dan Lonjakan Sales Produk Olahan Susu

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Dilansir dari Data Indonesia, diketahui terdapat 205 juta pengguna internet di seluruh Indonesia per Januari 2022. Dapat Dikatakan, angka pengguna internet nyaris menutupi jumlah penduduk Indonesia yang sebesar 250 juta jiwa.

Besarnya jumlah pengguna internet turut memperbesar pangsa pasar dan peluang bisnis online di Indonesia. Terbukti, kini Indonesia banyak dimasuki perusahaan e-commerce asing, seperti Amazon, AliBaba hingga Shopee. 

Tak ingin tertinggal, aplikasi karya anak bangsa pun turut meramaikan ladang bisnis online yang satu ini. Yup, siapa lagi kalau bukan Tokopedia!

Sebagai salah satu pioneer di dunia e-commerce, Tokopedia terkenal rutin mengadakan berbagai sale event guna menyokong para seller “Tokped” untuk menjual lebih banyak produk. Salah satu sale event yang diadakan Tokopedia adalah WIB. Event WIB sendiri merupakan singkatan dari kalimat Waktu Indonesia Belanja.

Pada Juli 2022, Compas berhasil mengumpulkan data penjualan Tokopedia WIB. Pada sale event yang dijalankan selama bulan Juli tersebut, Compas menemukan bahwa produk olahan susu mengalami lonjakan sales yang signifikan.

 

Data Penjualan Tokopedia WIB Juli 2022 Kategori Olahan Susu

data penjualan tokopedia wib

Pada event Tokopedia WIB selama bulan Juli 2022, Tim Internal Compas menemukan bahwa produk susu olahan jadi kategori makanan dan minuman dengan angka product share tertinggi, yakni sebesar 35%.

Karena tertarik pada angka product share yang begitu besar, pada report Tokopedia WIB kali ini, Compas pun memutuskan untuk mengangkat topik mengenai tren penjualan produk olahan susu selama event tersebut berlangsung.

Lebih spesifiknya, produk olahan susu manakah yang mendominasi penjualan di Tokopedia WIB? Apakah itu keju, yoghurt, atau malah susu kental manis?

data penjualan susu olahan tokopedia wib

Ternyata— berdasarkan Compas Dashboard— produk yang berhasil mendulang angka penjualan terlegit di Tokopedia WIB adalah keju, susu UHT, dan susu bubuk dengan masing-masing angka penjualan sebesar 35.8K, 37.4K, dan 36.1K selama bulan Juli 2022.

 

Penjualan Produk Keju di Tokopedia WIB

Seperti yang telah disampaikan melalui infografik di atas, dapat diketahui bahwa produk keju menjadi kategori susu olahan dengan angka penjualan “terlezat”, yakni sebesar 35.8K.

Selama periode Tokopedia WIB, Compas Dashboard menunjukkan bahwa top 3 brands yang berhasil menduduki puncak penjualan adalah Prochiz, Meg Cheese, dan Kraft.

 

Penjualan Produk Susu Bubuk di Tokopedia WIB

Pertumbuhan sales susu bubuk jadi juara dua selama periode Tokopedia WIB bulan Juli. Pasalnya, produk turunan susu ini berhasil mengalami peningkatan performa penjualan sebanyak 56,42% dibanding periode sebelumnya. Adapun sales quantity yang berhasil dicapai susu bubuk berada di angka 36.1K.

Berdasarkan data Compas Dashboard, 3 brand teratas yang menjuarai subkategori susu bubuk adalah Ensure, Hilo, dan Anlene.

Lantas, bagaimana dengan brand susu bubuk beken lainnya seperti Milo dan Dancow? Apakah keduanya berhasil mempertahankan posisi di jajaran 10 top brand? Dapatkan jawabannya melalui Contact Us untuk mendapatkan Tokopedia WIB report versi premium. 

 

Kelezatan Penjualan Produk Susu UHT di Tokopedia WIB

Tak ketinggalan, kelezatan UHT berhasil membawa produk olahan susu ini menduduki peringkat ketiga di Tokopedia WIB dengan prestasi penjualan di angka 37.4K.

Adapun 3 brand yang berhasil menjajaki takhta penjualan untuk merek susu UHT teratas selama event Tokopedia WIB adalah Frisian Flag, Diamond, dan Greenfields.

Berhasil mengibarkan bendera kemenangan, prestasi penjualan Frisian Flag di periode ini mencapai angka sales quantity 8.9K dengan peningkatan penjualan sebesar 111,37% sehingga berhasil menggeser posisi Diamond di ranking pertama.

 

Kesimpulan: Tren Penjualan Produk Olahan Susu di Tokopedia WIB

Pada event bulanan Tokopedia WIB periode Juli 2022, Tim Internal Compas melihat adanya peningkatan sales di kategori Makanan & Minuman. Adapun subkategori yang paling menonjol adalah Susu Olahan dengan angka sales quantity sebesar 134.2K produk.

Adapun brand dengan penjualan paling prestatif adalah Prochiz yang berhasil mengalahkan semua kompetitornya di kategori keju dengan pertumbuhan sales di angka 453%.

 

“Ingin mengakses data penjualan Shopee dan Tokopedia lebih lengkap? Book Gratis Demo Compas Dashboard DI SINI sekarang juga!”

 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.