jacquelle x disney
Advertorial

10 Top Kolaborasi Brand Masker Wajah di Shopee dan Tokopedia: Jacquelle x Disney Memimpin Brand Lokal!

Author: Farah Ramadhani

Kolaborasi brand atau co-branding merupakan strategi yang dinilai efektif dalam marketing. Strategi ini juga telah dilakukan oleh para brand lokal mulai dari kosmetik, skincare, hingga brand makanan.

Uniknya, ada salah satu brand lokal yang berhasil berkolaborasi dengan production house ternama! Brand tersebut adalah Jacquelle yang menjadi satu-satunya brand lokal yang berkolaborasi dengan Minnie Mouse Disney Indonesia.

Berkaitan dengan hal ini, tim Compas pun melakukan riset internal terkait performa produk masker wajah Jacquelle x Disney di kategori masker wajah selama bulan Agustus 2021. Riset ini menggunakan metode online crawling di Shopee dan Tokopedia. Langsung saja, berikut list top brandnya.

 

Top Brand Masker Wajah Kolaborasi di Shopee dan Tokopedia Periode bulan Agustus 2021: Jacquelle x Disney Memimpin Lokal!

jacquelle x disney

1. Mediheal

Brand asal Korea, Mediheal menjadi top brand kolaborasi masker wajah dengan market share 19.5%. Produk-produk Mediheal memang telah dipasarkan secara global sejak 10 tahun yang lalu melalui berbagai marketplace.

Mediheal melakukan kolaborasi dengan grup idol Korea Selatan, BTS, untuk beberapa produk masker wajahnya. Produknya yang paling laris terjual selama bulan Agustus 2021 adalah Mediheal x BT21 Face Point Mask

2. Jacquelle

Jacquelle menyusul di peringkat kedua list top brand masker kolaborasi dengan market share 15.4%. Menjadi brand lokal pertama yang masuk daftar, Jacquelle sekaligus menjadi pelopor brand lokal yang melakukan kolaborasi dengan Disney, lho!

Terdapat dua produk masker kolaborasi Jacquelle x Disney, yaitu Butter Clay Mask – Disney Alice in Wonderland Edition dan Disney Minnie Mouse Edition Primer Lipo Mask. Pada periode Agustus 2021 di Shopee dan Tokopedia, produk yang paling banyak terjual dari koleksi Jacquelle x Disney adalah Butter Clay Mask – Disney Alice in Wonderland Edition.

Produk masker kolaborasi Jacquelle x Disney ini memiliki fungsi utama untuk detox dan balancing kulit wajah. Butter Clay Mask – Disney Alice in Wonderland Edition juga dilengkapi dengan kandungan Niacinamide yang berfungsi untuk mencerahkan dan melindungi skin barrier

3. Luxcrime

Peringkat ketiga diduduki kembali oleh brand lokal, yaitu Luxcrime, dengan market share 14.9%. Uniknya, merek asal Indonesia ini berkolaborasi dengan brand minuman lokal, yaitu Janji Jiwa.

Produk yang ditawarkan adalah bundle produk mud mask dengan flask official Janji Jiwa. Namun, produk kolaborasi yang menjadi terlaris di periode kali ini adalah bundle Luxcrime Charcoal Mint + Turmeric Jasmine Mud Mask.

4. Miniso

Miniso menempati peringkat berikutnya dengan market share 12.0%. Brand asal China ini memang sudah terkenal sering melakukan kolaborasi dengan berbagai merek terkenal seperti Disney, We Bare Bears, dan Marvel.

Pada kategori masker, produk kolaborasi yang menjadi terlaris adalah Miniso We Bare Bears Compressed Mask. Menariknya, produk ini tidak memiliki kandungan spesifik. Compressed Mask merupakan produk masker yang harus direndam terlebih dahulu di essence atau serum pilihan Anda.

5. Erha

Brand lokal kembali masuk daftar top brands masker kolaborasi. Kali ini Erha menduduki peringkat lima dengan market share 9.1%. Erha mengeluarkan berbagai produk skincare kolaborasi dengan AQUA, salah satunya adalah masker wajah.

Produk masker kolaborasi terlarisnya di Shopee dan Tokopedia periode bulan Agustus 2021 adalah ERHA X AQUA Re-Fresh Hydrating Overnight Mask. Seperti namanya, produk masker kolaborasi ini memiliki fungsi utama untuk melembabkan kulit wajah di malam hari.

6. Laneige

Laneige merupakan brand asal Korea Selatan yang bersaing di peringkat keenam top brand masker kolaborasi dengan market share 9.1%. Laneige berkolaborasi dengan Netflix dengan memproduksi paket skincare limited edition.

Paket skincare limited edition ini dikemas dengan tema salah satu film Netflix, yaitu To All The Boys I’ve Loved Before. Produk masker kolaborasi terlarisnya di Shopee dan Tokopedia periode kali ini adalah Water Pocket Sheet Mask.

7. Holika Holika

Masih brand asal Korea Selatan, Holika Holika menyusul di peringkat ketujuh dengan market share 5.7%. Berkolaborasi dengan tokoh kartun asal Jepang, PEKO, Holika Holika memproduksi rangkaian produk Beauty & Care.

Pada kategori masker, produk yang paling banyak terjual selama bulan Agustus 2021 di Shopee dan Tokopedia adalah Holika Holika x PEKO Pure Essence Jelly Mask Sheet Strawberry. Produknya diklaim kaya akan vitamin C yang baik untuk mencerahkan kulit wajah.

8. Missha

Peringkat selanjutnya masih diraih oleh brand asal negeri ginseng, Missha. Merek skincare asal Korea Selatan ini berada di posisi delapan top brand masker kolaborasi dengan market share 5.4%.

Berkolaborasi dengan brand skincare Indonesia, Dewpre, Missha menawarkan paket skincare berisi 6 sheet mask Missha dan produk brightening cream dari Dewpre. Paket tersebut juga dilengkapi free gift berupa masker KF80.

9. Celebon

Celebon merupakan brand asal Korea Selatan selanjutnya yang berada di posisi kesembilan. Market sharenya pada kategori masker kolaborasi bulan Agustus 2021 di Tokopedia dan Shopee mencapai 4.8%.

Berkolaborasi dengan grup idol Korea Selatan, GFriend, sheet mask Celebon menampilkan foto masing-masing member untuk tiap varian produknya. Selama bulan Agustus 2021, produknya yang paling banyak terjual adalah Celebon Pomegranate Collagen Essence Mask.

10. Beauty Boss

Beauty Boss merupakan brand lokal yang menjadi penutup daftar top brand masker kolaborasi periode Agustus 2021 di Shopee dan Tokopedia. Market share yang diraih Beauty Boss di peringkat kesepuluh adalah 4.2%.

Berkolaborasi dengan beauty influencer Heny Harun, Beauty Boss menawarkan paket sheet mask yang sekaligus menjadi produk terlarisnya di periode kali ini, yaitu Beauty Boss x Heny Harun The Rescue Sheet Mask Set of 5.

 

Kesimpulan

Seperti yang diketahui, list top brand masker kolaborasi di atas masih didominasi oleh merek asal Korea Selatan. Jacquelle x Disney menjadi pelopor brand lokal pertama yang berhasil menyaingi produk-produk dari Korea Selatan.

Dengan berkolaborasi dengan Disney, performa penjualan Jacquelle menjadi lebih unggul dan berhasil meraih posisi kedua pada list top brand masker kolaborasi di Shopee dan Tokopedia selama bulan Agustus 2021. 

Ingin mendapatkan insight penjualan brand Anda di e-commerce? Compas Dashboard bisa membantu Anda! Data penjualan yang tersedia di Compas Dashboard meliputi list top brands, top listings, total sales revenue, total sales quantity dan market share.

Dengan bantuan data di Compas Dashboard, Anda bisa memonitor posisi brand Anda di antara para kompetitor di industri yang sama. Terdapat pula fitur periode waktu dan segmentasi produk yang membantu analisa pasar Anda menjadi lebih spesifik.

Penasaran dengan Compas Dashboard? Request diskusi bersama tim Compas dengan mengisi online form terlebih dahulu di link ini, ya. Jangan lupa follow juga Instagram Compas untuk informasi lebih lanjut. 


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment


Pastikan e-mail yang tertulis benar dan aktif karena kami akan mengirimkan Compas Market Insight ke e-mail tersebut.



Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.