Compas Data Market Insight: Mengungkap Strategi 7 Top Brand Face Wash Pria di Shopee & Tokopedia

Compas Data Market Insight: Mengungkap Strategi 7 Top Brand Face Wash Pria di Shopee & Tokopedia

Author: Nimas Cemara

Compas.co.id – Kesehatan dan kebersihan wajah sangat penting untuk semua orang. Baik pria atau perempuan, salah satu langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit pria adalah menggunakan face wash

Untuk pasar skincare pria, Future Market Insight memproyeksikan angka US$28,344.8 juta di tahun 2029. Memfokuskan ke brand face wash pria, Compas Dashboard–FMCG E-commerce Market Insight Tool–pun ikut memantau performa pasarnya di Shopee & Tokopedia. 

Berdasarkan pantauan Compas Dashboard pada periode 1-15 Mei 2023, tujuh brand face wash pria mendominasi pasar. Dengan bantuan menggunakan fitur top brand, fitur periode waktu yang bisa diatur sesuai keinginan, filter merchant, filter subkategori produk, dan filter seller type, artikel ini akan membahas strategi brand face wash pria beserta produk unggulannya.

7 Brand Face Wash Pria yang Merajai Pasar

face wash pria

1. Garnier Men

Garnier Men, dengan penjualan sebanyak 13.4 ribu produk, berhasil meraih puncak dan menjadi peringkat 1 untuk brand face wash pria. Merek ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar Rp845.1 juta, memberikan kontribusi yang signifikan pada market share sebesar 23,34%. Mereka memang memiliki daya tarik yang kuat bagi konsumen.

Product listing yang menjadi penyumbang angka penjualan tertinggi adalah (PAKET HEMAT ISI 2) Garnier Men Oil Control. Strategi menuliskan kalimat “Paket Hemat Isi 2” di judul produk dapat menarik perhatian konsumen untuk promo bundling ini. 

Selain menggunakan keyword yang tepat dan bundling, strategi memberikan potongan harga juga dilakukan oleh Garnier Men. Konsumen semakin dimanjakan dengan mendapatkan produk dengan kuantitas lebih banyak namun dengan harga yang lebih terjangkau.

2. Nivea Men

Nivea Men hadir di peringkat kedua. Meskipun jumlah penjualannya “hanya” 6.7 ribu produk face wash pria, mereka berhasil menghasilkan pendapatan sebesar Rp380.9 juta, dengan market share 11,77%. Dalam persaingan yang ketat, Nivea Men mampu mempertahankan posisinya dengan kontribusi yang tidak bisa dianggap remeh.

Banner Insight

Sama seperti pesaingnya di peringkat sebelumnya, Nivea Men juga menggunakan promo bundling untuk top product listing mereka. Namun, penggunaan keyword yang berbeda diterapkan oleh Nivea Men. Brand ini memilih untuk menggunakan keyword “Twinpack” dalam mempromosikan produk face wash-nya. Produk apa yang menjadi andalan Nivea Men?

3. Kahf

Sorotan selanjutnya di peringkat ketiga jatuh pada merek lokal Kahf yang berhasil menjual 6.5 ribu produk. Merek ini menghasilkan revenue sebesar Rp352.7 juta, memberikan andil sebesar 11,39% pada market share. Perlahan namun pasti, Kahf berhasil meraih tempat di hati konsumen.

Listing produk yang menjadi unggulan Kahf adalah Kahf Triple Action Oil and Comedo Defense Face Wash 100 ml – Sabun Wajah Pria. Walau tidak tertulis di judul produk, Kahf menuliskan tiga fungsi produk (face wash, masker, dan exfoliator) di bagian deskripsi produk. Pemberian hadiah gratis, potongan harga, dan voucher toko juga diberikan untuk produk serbaguna ini.

4. Ms Glow For Men

Ms Glow For Men hadir dengan penjualan sebanyak 5.5 ribu produk. Walau kuantitas penjualannya ada di peringkat empat, brand ini mampu mengumpulkan revenue sebesar Rp391.5 juta. Meskipun market share-nya “hanya” 9.67%, merek ini menunjukkan daya saing yang tinggi di industri ini.

Melalui produk Energizer Facial Wash, MS Glow menawarkan produk 3in1. Produk ini memiliki fungsi lain selain face wash yaitu sebagai masker dan dan face scrub sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan banyak manfaat dalam satu kemudahan produk.

5. Pond’s Men

Di peringkat lima berdasarkan sales quantity, Pond’s Men hadir dengan penjualan sebanyak 5.1 ribu produk. Mereka berhasil menghasilkan revenue sebesar Rp211.4 juta dan market shar sebesar 8,91%. Pond’s Men menunjukkan bahwa kehadiran mereka tidak bisa dianggap enteng.

Banner E-Commerce Report

Produk unggulan dari brand ini yang menjadi top listing produknya adalah produk face wash pria pertama yang diklaim memiliki fungsi brightening scrub pertama di Indonesia. Produk ini juga memiliki ekstrak ginseng dan vitamin B3 yang berguna untuk membersihkan kotoran berlebih. Produk apa yang menjadi produk unggulan Pond’s Men?

6. Clorismen

Clorismen hadir dengan menjual 4.1 ribu produk face wash. Clorismen menghasilkan pendapatan sebesar Rp313.1 juta dengan market share 7,15% di periode 1–15 Mei 2023 di Shopee & Tokopedia. 

Berbeda dengan produk face wash dari brand lain, produk unggulan Clorismen yaitu Clorismen Soap – Sabun Muka Pria Untuk Kulit Cerah Bebas Kusam & Jerawat adalah produk sabun batang. Dengan bentuk dan tekstur yang berbeda dari produk lainnya, Clorismen menawarkan experience tersendiri dari produknya.

7. Men’s Biore

Terakhir di urutan ketujuh, Men’s Biore berbagi jumlah penjualan dengan Clorismen sebesar 4.1 ribu produk terjual. Men’s Biore menghasilkan revenue sebesar Rp139.9 juta dengan market share 7,13%. Meskipun memiliki penjualan yang serupa, keduanya memberikan kontribusi berbeda pada persaingan ini.

Produk Men’s Biore Micro Scrub Sabun Muka Pria menjadi top produk listing dari brand ini. Di laman produk di official store-nya, Men’s Biore menampilkan foto Brand Ambassador dengan foto produk. Selain itu, mereka juga menuliskan highlight dari produk dan memberikan hadiah gratis untuk pembelian produk.

Kesimpulan

Dalam persaingan yang ketat ini, ketujuh brand face wash pria ini berhasil memenangkan hati konsumen melalui strategi pemasaran yang tepat dan produk berkualitas tinggi. Dengan promo bundling, penggunaan keyword yang cerdas, produk multifungsi, dan pengalaman pengguna yang unik, mereka mampu memposisikan diri mereka sebagai pemimpin pasar dan terus mendapatkan kepercayaan konsumen. 

Dalam industri perawatan kulit pria yang semakin berkembang, strategi pemasaran yang cerdas dan produk yang berkualitas tinggi menjadi kunci kesuksesan dalam meraih pangsa pasar yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2025 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.