Data Penjualan Masker di Tengah Pandemi

Data Penjualan Masker di Tengah Pandemi

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Pandemi Covid-19 berpengaruh hampir pada seluruh sektor kehidupan, terlebih di bidang kesehatan. Kemunculan virus corona diikuti dengan naiknya permintaan akan obat-obatan, vitamin, dan alat-alat kesehatan yang memadai.

Jika berkaca pada awal-awal kemunculan Covid, salah satu produk yang mengalami lonjakan demand adalah masker. Dikutip dari Liputan 6, pada awal 2020, harga masker pernah bahkan melonjak hingga Rp350.000 per box isi 50 pcs dari harga normal Rp30.000.

Meski mahal, hal ini tak menyurutkan minat masyarakat untuk tetap membeli masker demi alasan keamanan dan kesehatan. Dashboard Compas bahkan menunjukkan data penjualan produk masker yang masih mengalami kenaikan per tanggal 1—15 Januari 2022.

 

Sejarah Pandemi Covid-19 dan Dampaknya pada Penjualan Masker

Memasuki Maret 2020, pandemi Covid-19 mulai menghampiri Indonesia. Saat itu, kita tentu cukup sering mendengar kerabat, tetangga, dan teman-teman diumumkan positif Covid-19. 

Dengan pesat dan banyaknya kabar duka di awal pandemi, rasa sedih, khawatir, dan putus asa jadi terasa nyata. Namun, kejernihan pikiran sangat diperlukan untuk terus menjalani hidup, terlepas dari segala kemalangan yang menimpa. 

Sama halnya dengan negara lain, Indonesia menerapkan langkah pencegahan Covid-19 mulai dari pembatasan masuk ke Indonesia, mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan skala mikro hingga ke RT/RW. 

Tentu, kebijakan yang mengerem aktivitas masyarakat tersebut langsung berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Daya beli masyarakat kian menurun dan aktivitas sektor usaha ikut terhenti.

Covid-19 telah mengubah banyak hal, tetapi bukan berarti tak ada harapan. Di awal tahun 2022, Compas bahkan menemukan bahwa bisnis penjualan masker mengalami kenaikan performa sales yang signifikan. 

Hal ini menunjukkan bahwa pandemi tak hanya membawa kemalangan, tetapi juga kesempatan untuk berjuang.

 

Data Penjualan Masker di e-Commerce Selama Pandemi

Penjualan Masker di e-Commerce Selama Pandemi

Data yang diperoleh dari Compas Dashboard di atas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan Sales Revenue sebesar 146,8% untuk penjualan masker periode 1—15 Januari 2022.

Di kategori yang sama, Sales Quantity juga ditemukan mengalami peningkatan di periode 1—15 Januari 2022 di angka 198,4%.

 

Kesimpulan

Mengingat Comps Dashboard menunjukkan kenaikan yang signifikan terhadap data penjualan masker 2022 per periode 1—15 Januari, dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis jualan masker masih memiliki peluang yang lumayan besar.

Untuk mendukung tim penjualan dalam mencapai targetnya, tentu tak terlepas dari performa tim marketing dalam menerapkan strategi pemasaran yang engaging. Oleh karena itu, kemantapan strategi marketing juga amat diperhitungkan.

Strategi marketing yang mantap bisa didapatkan jika riset pasar dilakukan secara tepat dan akurat dengan data-data yang tepat pula. Masalahnya, dari mana kamu bisa mendapatkan data market insight yang tepat?

Melalui produk Compas, kamu dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.