daftar top brands

Daftar Top Brands di Compas Dashboard: Pelajari Kompetitor Bisnis Online Anda!

Author: Farah Ramadhani

Salah satu cara sukses memulai bisnis adalah dengan memperhatikan kompetitor di industri yang sama. Riset kompetitor dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, mulai dari melihat langsung di e-commerce atau menggunakan jasa perusahaan big data.

Compas merupakan perusahaan big data yang menyajikan penjualan e-commerce di kategori FMCG (beauty & care, mom & baby, food & beverages, dan health). Dari data Compas, Anda bisa mempelajari kompetitor dan mengadaptasi strategi penjualannya hingga menjadi jawara di e-commerce. Sebelum itu, pelajarai arti kompetitor bisnis terlebih dahulu di bawah ini.

Apa Itu Kompetitor Bisnis Online?

Kompetitor bisnis tidak hanya ada pada pasar online saja, tetapi juga pasar fisik atau offline. Suatu perusahaan bisa dikatakan kompetitor dari bisnis Anda jika mereka menyajikan produk yang masih berada di kategori yang sama.

Seringkali, kompetitor dianggap sebagai tantangan atau hambatan dalam berbisnis. Faktanya, dengan sudut pandang yang tepat, mengetahui kompetitor dapat membuat bisnis online Anda lebih unggul, lho.

Misalnya, dengan mengetahui kompetitor, Anda juga akan memonitor strategi penjualan apa yang telah mereka lakukan. Carilah celah dimana Anda dapat masuk dan menyaingi kompetitor. Nah, data dari Compas Dashboard bisa membantu Anda melakukan monitor dan mempelajari kompetitor. 

Ketahui Top Brand Kategori untuk Bantu Bisnis Online Anda

daftar top brands

Kompetitor penting perannya untuk perkembangan bisnis Anda. Mungkin, beberapa orang beranggapan bahwa kompetitor adalah musuh dari brandnya. Namun, jika Anda memanfaatkan data kompetitor dengan benar, strategi penjualan bisa improve dengan signifikan, lho.

Compas Dashboard bisa memberikan data kompetitor, salah satunya adalah daftar top brands. Daftar tersebut dilengkapi dengan data sales revenue, sales quantity da juga market share. Dari data-data tersebut, Anda bisa melihat brand mana yang memiliki angka penjualan tersbesar.

Dari top brands, Anda bisa juga mempelajari strategi apa yang digunakan oleh brand tersebut sehingga bisa menjadi jawara di e-commerce. Misal, Somethinc terus menjuarai top brand kategori serum. Ternyata, brand ini terus melakukan campaign berupa promosi diskon atau product bundling di e-commerce.

Selain itu, Anda juga bisa melihat bagaimana Somethinc melakukan marketing di periode tertentu. Misalnya, bukan berdasarkan study case sebenarnya, pada bulan Juli lalu Somethinc meluncurkan produk barunya, sunscreen dengan strategi endorse KOL Instagram dan Tiktok.

Ternyata, strategi menggunakan KOL tersebut dapat melipatgandakan penjualan Somethinc pada kategori perawatan wajah, yang awalnya stuck di ranking 6 menjadi masuk ke top 3. Berdasarkan data tadi, strategi yang sukses melipatgandakan penjualan tadi bisa diadaptasi untuk produk brand Anda sendiri. 

Selain itu, Anda juga bisa memonitor posisi brand Anda di daftar top brands. Berdasarkan monitor tersebut, Anda jadi bisa menentukan strategi mana yang berhasil atau butuh ditingkatkan. 

Berdasarkan data top brands yang dikolaborasi dengan top listings, Anda juga bisa mengetahui produk andalan dari brand yang berhasil menjuarai daftar tersebut. Dengan begitu, brand Anda akan mendapat pertimbangan sebelum meluncurkan produk baru.

Selain top brands, Anda juga bisa mengakses data pendukung lain untuk meningkatkan penjualan brand. Diantaranya ada top product listings, total sales revenue, total sales quantity, dan market share

Dengan data dari Compas Dashboard, Anda bisa mendapatkan actionable insight untuk meningkatkan penjualan seperti yang telah dicontohkan di atas. Tertarik untuk akses Compas Dashboard?

Anda bisa langsung request untuk diskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Jangan lupa follow Instagram Compas di link ini untuk mendapatkan insight ringan seputar meningkatkan penjualan di e-commerce, ya!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.