Kembangkan Bisnis Online dengan 5 Cara Menentukan Segmentasi Pasar Ini!
Author: Nimas Cemara
Segmentasi pasar perlu dilakukan agar bisnis online Anda dapat berjalan sesuai target. Target pasar yang mungkin sudah Anda miliki sebelumnya akan menjadi lebih terfokus dengan melakukan segmentasi pasar.
Segmentasi pasar sendiri adalah strategi bisnis untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan kriteria tertentu seperti kebutuhan dan karakteristik. Jenis-jenis segmentasi pasar secara umum adalah perilaku, demografis, psikografis, geografis, dan waktu.
Agar penjualan bisnis online mengalami peningkatan dengan segmentasi pasar, Compas telah merangkum 5 cara untuk menentukan segmentasi pasar untuk Anda. Baca selengkapnya di bawah ini, ya!
5 Cara Menentukan Segmentasi Pasar
1. Tentukan Target Pasar
Target pasar adalah kelompok konsumen yang akan menjadi sasaran penjualan brand Anda dan dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan brand. Biasanya, target pasar memiliki kriteria dan sifat yang mirip, seperti jenis kelamin, usia, dan minat.
Ketika memilih target pasar, berikut adalah jenis konsumen yang perlu diperhatikan:
- Konsumen Baru
Ketika bisnis online Anda baru berdiri, perhatikan konsumen baru Anda agar dapat membuat fokus pasar di kemudian hari.
- Focused Consumer
Hal ini dilakukan dengan konsumen yang sudah ada untuk membuat bisnis online Anda menjadi semakin fokus pada target pasar yang sudah ditetapkan sebelumnya.
- Supported Consumer
Jenis konsumen ini berhubungan dengan kebutuhan produk penunjang Anda.
Setelah memperhatikan jenis konsumen, Anda dapat menentukan dan memilih jenis segmentasi pasar untuk bisnis online Anda seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu demografis, perilaku, dan geografis.
2. Kenali dan Pelajari Kebutuhan & Perilaku Konsumen
Langkah selanjutnya adalah mencari tahu kebutuhan konsumen untuk disesuaikan dengan produk bisnis online Anda. Mencari tahu kebutuhan konsumen dapat dilakukan dengan melakukan survei langsung atau melakukan tes produk.
Ketika kebutuhan konsumen sudah diketahui dan dianalisis sesuai produk, hal tersebut dapat membantu Anda untuk menyusun strategi bisnis dan evaluasi produk.
Kemudian, amati perilaku konsumen ketika menggunakan produk seperti bagaimana konsumen menggunakan produk tersebut. Memperhatikan tren produk tersebut adalah salah satu perilaku konsumen.
Untuk memastikan bisnis Anda tidak ketinggalan jaman dan tetap on trend, Anda dapat menggunakan fitur Compas Dashboard agar mengetahui apakah produk tersebut sedang naik daun atau tidak.
Mempelajari kompetitor juga dapat membantu untuk melihat tren karena kadang kompetitor bisa saja sudah ada di depan Anda. Dengan Compas Dashboard, Anda juga dapat melihat data penjualan brand-brand pesaing.
3. Analisis Data
Setelah mengamati dan mempelajari perilaku konsumen, Anda akan memiliki data terkait konsumen dan penjualan produk. Dengan data tersebut, Anda dapat mengetahui peluang produk yang akan dijual sesuai dengan segmentasi pasar yang dipilih.
Analisis data penjualan Anda dengan bantuan Compas Dashboard. Dengan menggunakan data Compas, Anda dapat mengetahui market share beserta kelemahan dan kekuatannya agar dapat memperoleh pasar yang lebih besar lagi.
Menganalisis data brand Anda juga dapat membantu untuk menyusun strategi penjualan dan pemasaran produk.
4. Menyusun Strategi Pemasaran
Dengan memilih segmentasi pasar, dibutuhkan strategi pemasaran yang berbeda pula untuk setiap segmen. Sesuaikan strategi pemasaran dengan target pasar yang Anda tuju.
Contohnya, apabila target pasar adalah pengguna produk skincare untuk tipe kulit wajah kering, strategi apa yang cocok agar brand Anda terdengar oleh konsumen? Untuk mengetahui tentang strategi pemasaran bisnis online lebih lanjut, sila baca artikel berikut ini!
5. Evaluasi Respon Pasar
Setelah menjalankan strategi pemasaran, Anda akan memiliki respon konsumen beserta data penjualan baru yang sudah menggunakan strategi pemasaran. Pelajari respon atau ulasan konsumen.
Kemudian, evaluasi respon konsumen dan lakukan evaluasi kembali data penjualan Anda agar performa bisnis online Anda mengalami peningkatan. Lakukan evaluasi kembali data penjualan dengan bantuan Compas Dashboard.
Dengan data Compas, Anda dapat mengetahui market insight secara real-time dari berbagai marketplace. Selain itu, Anda juga dapat data penjualan secara rinci seperti list top brands, top product listings, top sellers, total sales revenue, dan total sales quantity.
Selain itu, data Compas Dashboard dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan brand, seperti periode waktu, marketplace yang dipilih, dan kategori produk penjualan.
Tertarik untuk akses Compas Dashboard? Anda bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut!