logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Cara Membangun Bisnis dari Nol

6 Cara Membangun Bisnis dari Nol

6 Cara Membangun Bisnis dari Nol

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Selain bekerja, membangun bisnis bisa menjadi salah satu alternatif dalam mencari uang. Namun, mendirikan bisnis sendiri— apalagi jika mulai dari nol— tentu bukan hal yang mudah.

Namun, jangan terlalu ambil pusing. Berikut, Compas telah merangkum 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun bisnis online dari nol!

 

Peluang Membangun Bisnis dari Nol di Era Digital

Era digital terus berkembang sampai saat ini, yang artinya era perdagangan bebas pun dimulai dan terus berkembang. Pastinya akan banyak peluang yang bisa di ambil, peluang menjadi sebuah berita baik para pemilik bisnis maupun yang baru ingin membangun bisnis. 

Tanpa modal yang besar dan tempat, seseorang dapat membangun bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi yang ada seperti media sosial. Hal ini disikapi dengan semakin banyaknya orang yang membangun bisnis berbasis online.

Beberapa contoh ide peluang membangun bisnis dari nol di era digital seperti membuka toko online, bisnis afiliasi, membuka jasa desain grafis, dan masih banyak lagi. Perlu dipikirkan juga bahwa membangun bisnis online dari nol juga memerlukan cara-cara yang baik agar bisnis online dapat berjalan dengan lancar dan terus berkembang ke arah yang lebih baik. Dibawah ini ada beberapa cara untuk membangun bisnis online dari nol.

 

6 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol

6 Cara Membangun Bisnis Online dari Nol

1. Kenali Apa Itu Bisnis Online

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membangun bisnis online adalah mengenali dahulu apa yang seluk-beluk bisnis online itu sendiri. Pada dasarnya bisnis online adalah sebuah kegiatan perdagangan, baik jasa maupun barang yang dilakukan dengan menggunakan internet sebagai penghubung antara pembeli dan penjual.

Saat ini, menjual produk barang atau jasa melalui online menjadi semakin mudah. Dahulu pada pedagang harus membuat situs atau web sendiri untuk memasarkan barang dagangannya, sekarang itu menjadi hal yang opsional. Apakah anda akan mendirikan website khusus untuk menjual produk atau menggunakan platform marketplace gratis yang sudah banyak tersedia.

 

2. Mengetahui Produk Apa yang Akan Dijual

Setelah mengetahui seluk-beluk bisnis online, Anda harus mengetahui bisnis di bidang apa yang ingin dibangun. Apakah bisnis barang seperti membuka toko online ataupun bisnis jasa seperti membuka jasa desain grafis. Jika membuka toko online maka Anda harus tahu tentang produk yang akan dijual, seperti bagaimana kualitasnya, manfaatnya, dan berbagai informasi detail tentang barang yang akan Anda jual.

Sedangkan untuk jasa, Anda harus memiliki skill yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan, seperti desain grafis berarti Anda harus memiliki skill, pengetahuan, dan alat-alat yang mumpuni di bidang tersebut.

 

3. Belajar dari Kompetitor

Sama seperti halnya bisnis offline, bisnis online pun memiliki banyak kompetitor alias pesaing. Bahkan bisa dibilang kompetitor di dalam bisnis online jauh lebih banyak dibandingkan dengan bisnis offline. Jika ingin bisnis menjadi sukses maka Anda tidak boleh mengabaikan para pesaing, sebaliknya Anda harus terus memperhatikan pesaing bisnis Anda.

Mulailah dengan memata-matai kompetitor seperti membuka toko online mereka di berbagai platform e-commerce, apa saja yang mereka jual, bagaimana review mereka, bagaimana pengemasan mereka, dan kelebihan ataupun kekurangan yang mereka miliki. Anda dapat belajar dari kompetitor maupun memanfaatkannya.

 

4. Melakukan Promosi

Selanjutnya, dalam berbisnis sudah pasti memerlukan promosi agar semakin banyak yang mengenal dan membeli produk. Promosi bisnis online jauh lebih mudah dibanding dengan bisnis offline. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan bisnis online, salah satu yang paling ampuh adalah dengan menggunakan sosial media.

Anda bisa melakukan promosi di sosial media dengan gratis maupun berbayar dengan menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk. Tentu saja Anda tidak bisa sembarangan memilih influencer, pilihlah influencer yang benar-benar profesional dan dapat mempromosikan produk Anda dengan baik. Jangan pilih influencer yang sekadar memiliki jumlah followers yang banyak tetapi tidak profesional dalam mempromosikan produk. Apalagi beberapa influencer juga memiliki tarif yang mahal untuk sekali posting di sosial media mereka. 

 

5. Menjaga Pelanggan Agar Tidak Berpaling

Pelanggan menjadi hal yang penting untuk memastikan bisnis tetap akan berjalan. Semakin banyak pelanggan, semakin berjalan baik juga sebuah bisnis. Untuk menjaga pelanggan agar tidak berpaling, Anda bukan hanya harus memberikan pelayanan yang terbaik, tetapi juga menjaga kualitas produk yang ditawarkan baik barang maupun jasa. 

Bagaimanapun juga, percuma saja jika Anda memiliki pelayanan yang baik tetapi kualitas produk yang diterima oleh pelanggan kurang baik, begitupun sebaliknya. Hal tersebut akan membuat pelanggan menjadi kapok dan enggan untuk membeli produk yang kita jual.

 

6. Mencari Supplier Yang Terpercaya 

Hal ini di khususkan untuk Anda yang memiliki bisnis online dibidang barang. Biasanya para pebisnis yang baru membuka online shop akan memilih menjadi reseller dibandingkan membuat produk mereka sendiri. Hal ini dikarenakan menjadi reseller tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Jika Anda memulai bisnis online dengan cara yang sama, maka Anda harus berhati-hati dalam memilih supplier untuk toko online Anda. Pilihlah supplier yang tidak hanya menawarkan harga yang tidak terlalu tinggi, tetapi juga memiliki kualitas barang yang bagus dan terjamin. Jangan sampai Anda terkecoh dengan supplier yang menawarkan harga yang murah tetapi berakhir kecewa karena kualitas produk yang mereka kirimkan tidak bagus.

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.