logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
7 brand teh terlaris

Produk Lokal Masih Menjadi Favorit! Lihat 7 Brand Teh Terlaris di Shopee dan Tokopedia

Produk Lokal Masih Menjadi Favorit! Lihat 7 Brand Teh Terlaris di Shopee dan Tokopedia

Author: Nimas Cemara

Selain kopi, Indonesia juga dikenal sebagai negara penghasil teh. Menurut laporan, Indonesia adalah salah satu produsen teh terbesar di dunia. Banyaknya perkebunan teh di dataran tinggi Indonesia yang kerap ramai menjadi kawasan wisata pun dapat menjadi salah satu bukti. 

Namun, ternyata tingkat konsumsi teh di Indonesia terbilang masih rendah. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena meminum teh belum tren di berbagai kalangan seperti kopi. Selain itu, pendiri House of Tea mengatakan bahwa mayoritas pelanggan atau masyarakat masih menganggap teh sebagai minuman murah.

Untuk menyiasati hal tersebut, produk lokal senior dan baru pun muncul untuk semakin mengenalkan teh kepada konsumen dan menggaet pasar kekinian. Berbagai brand teh perlahan membawa teh menjadi relevan dengan gaya hidup kaum urban dan milenial. Lalu, bagaimana perkembangan penjualan produk teh di Shopee dan Tokopedia?

Compas telah merangkum hasil riset internal data penjualan teh dari official store di Shopee dan Tokopedia dengan metode online crawling. Pada kategori Minuman dengan filter Teh, terdapat ± 2.7 ribu listing produk di official store di periode 17-31 Januari 2022.

7 Brand Teh Terlaris di Shopee dan Tokopedia Periode 17-31 Januari 2022

1. Tong Tji

Tong Tji merupakan salah satu produk lokal Indonesia yang telah berdiri sejak lama. Dalam peringkat brand teh terlaris, Tong Tji berhasil menduduki peringkat pertama dengan sales volume 23,2%. Tong Tji kerap memberikan edukasi tentang teh melalui akun Instagram untuk semakin mengenalkan teh kepada masyarakat.

Mengikuti produk unggulan Tong Tji, yaitu teh melati, produk dari Tong Tji yang paling digemari adalah teh celup Tong Tji Jasmine Tea. Teh celup ini dibuat dengan bunga melati asli membuat rasanya menjadi khas dan harum, namun tetap soft atau tidak terlalu menyengat.

2. SariWangi

Di peringkat dua, SariWangi hadir dengan sales volume sebsar 15,0%. SariWangi telah berdiri sejak tahun 1973 di dunia teh Indonesia. Untuk semakin mengenalkan teh, SariWangi kerap berbagi resep makanan dan minuman yang menggunakan teh di situs resmi atau akun Instagram.

Produk unggulan SariWangi adalah SariWangi Teh Celup Hitam 1.85G. Produk ini merupakan salah satu varian dari teh hitam yang diklaim sebagai jenis teh yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

3. Sosro

Produk lokal senior kembali menduduki peringkat atas. Kali ini Sosro berhasil menduduki peringkat tiga dengan sales volume sebesar 4,3%. Dengan tagline “Apapun makanannya, minumnya Tehbotol Sosro,” Sosro yakin bahwa teh bisa menjadi minuman yang cocok untuk segala situasi.

Tehbotol Sosro Tawar 350ml menjadi produk unggulan dari brand ini. Produk yang ditawarkan adalah dengan pembelian dua karton yang berisi 12 botol, konsumen akan mendapatkan gratis satu buah tote bag serba guna.

4. Haveltea

Produsen lokal yang menduduki peringkat keempat adalah Haveltea dengan sales volume sebesar 3,8%. Haveltea hadir sebagai produsen teh artisan yaitu teh yang diproses secara handmade. Banyak teh artisan juga diracik dengan herba atau bunga oleh seorang ahlinya.

Produk teh artisan Haveltea yang unggul adalah Amyra Lychee Mini Tin 15g. Produk ini adalah teh tubruk hasil kombinasi teh hitam dengan bunga calendula dan rasa buah ceri yang menyegarkan. 

5. Mamacia Treats

Di peringkat lima, Mamacia Treats hadir dengan sales volume sebesar 3,5%. Mamacia Treats adalah brand makanan penutup, makanan ringan, dan flower tea dengan konsep healthy food. Di akun Instagramnya, Mamacia Treats sering membagikan info mengenai pola makan dan hidup sehat.

Mamacia Treats Flower Tea adalah salah satu produk yang paling laris di kategori teh. Tersedia 40 jenis teh bunga seperti lavender, kamomil, rosella, dll. Mamacia Treats pun menuliskan khasiat masing-masing teh di laman official store-nya sehingga konsumen semakin awam.

6. Lipton

Kali ini, produsen luar hadir untuk menduduki daftar brand teh terlaris. Di bawah Unilever Indonesia, Lipton hadir di peringkat ke-6 dengan sales volume sebesar 3,3%. 

Produk terlaris dari Lipton adalah Lipton Chamomile Infusion. Teh celup ini dibuat dengan 100% bunga kamomil sehingga menghasilkan cita rasa manis yang khas dan menenangkan pikiran.

7. Teh 63

Di peringkat tujuh, brand Teh 63 hadir dengan angka 3,1% untuk sales volume. Teh 63 menghadirkan produk-produk teh berkualitas dari pohon canellia sinensis dan tanpa bahan pengawet.

Teh 63 Cha Wang menjadi produk yang paling digemari. Sesuai namanya, “Cha Wang” yang berarti “Teh Raja,” teh oolong impor ini menawarkan rasa dengan kualitas raja. Teh ini memiliki rasa lembut dan harum aroma bunga.

 

Sekian daftar brand teh terlaris dari tim Compas hari ini. Sebagian besar produk menawarkan berbagai varian teh yang menenangkan dan juga menyehatkan. Sebenarnya, menurut ahli, teh Indonesia adalah salah satu teh paling sehat karena mengandung antioksidan yang tinggi. 

Dalam usaha meningkatkan konsumsi teh, beberapa brand tersebut pun melakukan strategi penjualan dengan memberikan potongan harga dan free gift.

Anda dapat mengakses data penjualan teh maupun kategori makanan dan minuman lainnya, lo. Compas Dashboard dapat membantu Anda melakukan riset pasar untuk menaikkan strategi penjualan dan menjadi jawara di marketplace.

Data penjualan yang disediakan Comaps Dashboard meliputi top brand, top product listing, sales revenue, market share, dan posisi brand serta kompetitor Anda. Data tim Compas pun mudah dipahami dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Ketahui produk Compas lebih lanjut melalui Instagram kami atau langsung hubungi tim Compas untuk mengakses data di Compas Dashbord melalui link ini, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.