5 Brand Lokal Makeup Terlaris di Tokopedia
Author: Lia Sutiani
Compas.co.id – Dalam pantauan Tim Compas maupun beberapa lembaga survei, terlihat bisnis kosmetik di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Justru industri tersebut menampilkan tren yang positif di saat beberapa sektor menurun akibat ekonomi melemah.
Data penjualan kosmetik wajah menurut Compas Dashboard pada awal tahun 2022 ini telah meraih angka Rp129.1 miliar. Penjualan produk kosmetik di e-commerce juga didominasi oleh brand-brand lokal.
Bagaimana industri kosmetik ini jadi bisnis yang begitu menggiurkan belakangan ini? Mari, simak informasi selengkapnya bersama data Compas Dashboard berikut ini.
Perkembangan Industri Makeup di Indonesia
Menurut data Kementerian Perindustrian, industri kosmetik di Indonesia tumbuh sebesar 7% sepanjang tahun 2019. Sementara BPOM mencatat, terjadi kenaikan jumlah perusahaan yang bergerak di industri tersebut sebesar 20,6%.
Perusahaan meningkat dari 819 industri pada 2021 menjadi 913 industri pada Juli 2022. Sebanyak 83% UKM yang mendominasi peningkatan industri kosmetik tersebut.
Kondisi ini menunjukkan bahwa ada peluang bisnis yang potensial sehingga banyak pemain lokal yang ingin terlibat aktif dalam industri tersebut. Padahal saat itu pandemi Covid-19 sedang berlangsung.
Studi Kantar Indonesia mengungkap, total segmen kecantikan dan perawatan pribadi pada masa new normal (Q4 2020 – Q1 2021) justru tumbuh hingga 3%. Selain itu, data perizinan dari BPOM menemukan bahwa terjadi peningkatan perizinan notifikasi kosmetik dari 73.000-an pada 2019 menjadi 75.500 notifikasi pada 2020.
Data tersebut membuktikan besarnya minat dan potensi bisnis kosmetik di Indonesia yang tetap bertumbuh meski diterpa pandemi sejak awal Maret 2020. Tentu saja pemain lokal tidak ingin ketinggalan untuk meraup keuntungan dari tren ini.
Tak mengherankan jika banyak brand-brand kosmetik lokal yang kini hadir mencoba merebut pasar. Menariknya lagi, brand makeup lokal tersebut berhasil menguasai pasar pada kuartal I 2022 di salah satu raksasa e-commerce di Indonesia, Tokopedia.
Siapa saja brand makeup lokal tersebut? Mari, simak data selengkapnya sebagai berikut.
Baca juga: Top 10 Brand: Data Penjualan Pembersih Wajah di Shopee dan Tokopedia
5 Brand Lokal Makeup Terlaris di Tokopedia
1. Madame Gie
Brand makeup lokal ini mampu meraih total penjualan senilai Rp4 miliar dengan sales quantity lebih dari 159 ribu produk terjual sepanjang Januari – Juni 2022. Meski termasuk pemain baru dalam industri kosmetik, data tersebut menunjukkan performa Madame Gie tidak bisa diremehkan.
Brand yang didirikan oleh artis ternama Indonesia, Gisella Anastasia, pada tahun 2018 tersebut menawarkan produk kecantikan yang berkualitas tapi terjangkau. Inilah yang menjadi keunggulan brand ini mengingat harga jadi pertimbangan utama dalam membeli produk menurut survei Katadata Insight Center (KIC) pada Juni 2022 lalu.
2. Wardah
Berikutnya ada pemain lama, yaitu Wardah dengan total penjualan hingga Rp8.2 miliar. Sementara produk yang terjual mencapai 139 ribu produk lebih.
Dari segi brand awareness, produk kosmetik Wardah termasuk populer di kalangan masyarakat Indonesia karena sudah ada sejak tahun 1995. Artinya, brand ini performanya tetap konsisten di tengah ketatnya persaingan industri kosmetik di Indonesia.
Apa strateginya? Sebagai pemain lama, Wardah terus melakukan inovasi untuk menghadirkan produk yang menyesuaikan tren dan kebutuhan konsumen.
Wardah juga aktif membangun brand awareness baik melalui promosi di iklan atau menggaet beberapa public figure Indonesia seperti Raline Shah, Dewi Sandra, dan Dinda Hauw. Tak ketinggalan, brand ini juga sudah tenar dengan label “Halal” sehingga melekat di hati konsumen muslim Indonesia.
Baca juga: Jadi Favorit, ini 10 Top Brand Serum Terlaris 2022 di Shopee dan Tokopedia!
3. Make Over
Masih satu naungan di bawah perusahan Wardah, PT Paragon Technology and Innovation (PTI), Make Over sukses jadi brand makeup lokal terlaris di Tokopedia dengan total penjualan sebesar Rp12.2 miliar. Adapun produk yang terjual lebih dari 93 ribu produk.
Tak hanya itu, riset Tim Compas juga membuktikan bahwa brand ini meraih sejumlah prestasi lainnya. Tercatat, Make Over berhasil menduduki top brand kosmetik di bawah brand global, Maybelline, dengan penjualan mencapai Rp27.1 miliar pada Maret 2022.
Brand makeup ini memang sudah lama populer di kalangan konsumen Indonesia. Kepopuleran Make Over juga tak lepas dari promosi lewat selebritas tanah air seperti Paula Verhoeven.
4. Somethinc
Brand yang satu ini juga naik daun, tapi kali ini bukan karena menjadikan artis Indonesia sebagai brand ambassador melainkan idol K-pop, NCT Dream. Ditinjau dari penjualannya di Tokopedia, Somethinc memperoleh total penjualan hingga Rp3.7 miliar dengan sales quantity sebanyak 38 ribu produk lebih.
Brand ini tidak hanya sukses dalam menjual produk kosmetik, tapi juga skincare. Terbukti, Somethinc mampu masuk jajaran top brand skincare lokal terlaris di urutan ketiga pada 2021.
5. Emina
Selanjutnya, masih bersaudara dengan Wardah dan Make Over, Emina masuk brand makeup lokal terfavorit dengan total penjualan sebesar Rp1.7 miliar. Untuk sales quantity, nilainya lebih dari 38 ribu produk laku terjual.
Bedanya dengan beberapa brand makeup sebelumnya, Emina menawarkan produk yang lebih dikhususkan bagi remaja berusia 12 tahun ke atas. Sebab itu, brand ini unggul dari segi bahan karena aman untuk anak remaja.
Baca juga: Compas Market Insight Report Tokopedia Ramadan 2022
Besarnya Peluang di Industri MakeUp Lokal
Setelah meninjau ulasan tersebut, lantas bagaimana dengan peluang industri makeup lokal di Indonesia? Dari data Compas Dashboard, dapat disimpulkan bahwa brand-brand makeup lokal mampu bersaing dengan brand impor di pasar kosmetik Indonesia.
Hebatnya lagi, sebagian brand tersebut juga menembus top brand makeup pada tahun 2022 ini. Hal tersebut menjadi bukti bahwa brand-brand makeup lokal memang berkualitas sehingga digemari konsumen Indonesia.
Melansir dari Bisnis Tempo, Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, menjelaskan bahwa ada sejumlah sektor yang paling bertahan saat resesi ekonomi 2023 nanti terjadi. Salah satu sektor tersebut, yakni industri kosmetik atau perawatan tubuh.
Maka, bagi perusahaan yang bergerak di industri ini tidak perlu risau berlebihan karena masih ada potensi bisnis di sektor tersebut. Dalam menghadapi ketatnya persaingan, perusahaan harus menerapkan strategi bisnis yang tepat melalui riset pasar.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!