10 Barang Paling Laku di Tokopedia

10 Barang Paling Laku di Tokopedia Periode April – Juni 2022

10 Barang Paling Laku di Tokopedia Periode April – Juni 2022

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Semenjak Tokopedia memutuskan kolaborasi atau merger dengan Gojek, kedua perusahaan tersebut makin kokoh di industri digital. Dari segi performa, Tokopedia berhasil mencatatkan nilai transaksi yang melejit 67,3% secara tahunan dibandingkan periode sebelumnya. 

Laporan iPrice mengungkap, jumlah kunjungan ke Tokopedia mencapai 157,23 juta pengguna per bulan selama kuartal I tahun ini. Data tersebut semakin menguatkan posisi Tokopedia sebagai pemimpin pasar e-commerce dari sisi jumlah kunjungan ke situs web. 

Bagi perusahaan, tentu ini merupakan kesempatan untuk memanfaatkan platform tersebut guna meningkatkan penjualan. 

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Cara Riset Produk Terlaris di Shopee

Cara Riset Barang Paling Laku di Tokopedia

Cara Riset Barang Paling Laku di Tokopedia

Optimalkan strategi bisnis Anda di Tokopedia dengan melakukan riset barang paling laku di e-commerce tersebut. Berikut caranya yang bisa Anda terapkan.

1. Riset manual di halaman produk

Cara manual untuk melakukan riset produk, yakni melakukan pencarian langsung di halaman produk Tokopedia. Masukkan kata kunci yang ingin Anda cari. 

Berikutnya, halaman produk akan menampilkan berbagai macam barang dan lihat foto produk satu per satu. Biasanya, produk terlaris akan muncul di bagian awal dan memiliki label “Terlaris” pada visual produk. 

2. Riset produk terlaris di halaman toko

Bagi yang memiliki toko di Tokopedia, Anda juga bisa riset barang paling laku melalui halaman toko. Caranya, buka halaman statistik toko dan scroll ke halaman data produk. 

Maka, Tokopedia akan menampilkan 5 produk yang paling laris secara otomatis. Jika ingin melihatnya secara detail, klik “Lihat Semua” dan data barang terlaris akan tersaji secara lengkap. 

3. Riset praktis di Compas Dashboard

Namun, disarankan memanfaatkan fitur Compas Dashboard jika Anda membutuhkan riset data yang lebih praktis. Fitur tersebut tidak hanya menawarkan data mengenai barang paling laku, tapi juga berbagai data penjualan untuk mengetahui performa bisnis Anda. 

Menariknya lagi, Anda bisa meninjau deretan kompetitor terkuat yang perlu diwaspadai. Data tersebut terangkum secara akurat dan aksesnya mudah di Compas Dashboard. 

Caranya, kunjungi situs Compas.co.id lalu klik “Produk”. Kemudian, scroll ke bawah dan cari kategori data yang Anda butuhkan. 

Baca juga: 5 Cara Riset Pasar untuk Memulai Bisnis

10 Barang Paling Laku di Tokopedia Periode April – Juni 2022

10 Barang Paling Laku di Tokopedia Periode April - Juni 2022

Barang apa saja yang paling laku di Tokopedia? Temukan info selengkapnya melalui data Compas Dashboard berikut ini. 

1. Mie pasta instan

Penjualan paling laris di Tokopedia kuartal II – 2022 diawali dengan produk mie pasta instan. Produk tersebut laku terjual lebih dari 430 ribu produk pada periode tersebut. 

Beberapa merk produk tersebut yang mendominasi pasar di Tokopedia berasal dari brand mie instan lokal. Brand tersebut di antaranya Indomie, Mie Sedaap, Best Wok, dan Lemonilo. 

2. Sabun mandi

Produk berikutnya ada dari kategori perawatan tubuh, yakni sabun mandi. Produk sabun mandi meraih penjualan sebesar 264 ribu produk lebih. 

Dalam data Compas Dashboard, sabun mandi paling laris berasal dari produk sabun hotel. Sabun hotel memang dijual per satuan dengan harga yang sangat terjangkau. Tak mengherankan jika konsumen membeli produk tersebut dalam jumlah besar sekaligus sehingga data penjualannya melonjak.

3. Pembersih wajah

Barang paling laku di Tokopedia selanjutnya dari kategori perawatan wajah, yaitu pembersih wajah. Produk pembersih wajah laris terjual lebih dari 263 ribu produk periode ini. 

Sementara top brand pembersih wajah dikuasai oleh Garnier, Wardah, Pond’s, Cetaphil, dan MS Glow. Kelima brand tersebut meraih penjualan rata-rata lebih dari 110 ribu produk. 

4. Jus sirup

Produk ini di Tokopedia mencapai penjualan sebanyak 214 ribu produk lebih dalam rentang tiga bulan tersebut. Jus sirup memang salah satu produk F&B yang paling laris di e-commerce

Produk jus sirup terlaris dipegang oleh ABC Sirup Squash Delight Jeruk Florida. Penjualannya di Tokopedia sebesar 124 ribu produk lebih.

5. Shampo

Kali ini, ada kategori perawatan rambut, yakni shampo. Hampir sama dengan jus sirup, shampo juga meraih penjualan lebih dari 214 ribu produk. 

Beberapa merk shampo yang populer di e-commerce di antaranya Lifebuoy, Head & Shoulders, Clear, Pantene, dan Dove. 

Baca juga: Ternyata Ini Dia 5 Minuman Kemasan Paling Laris di E-Commerce

6. Body lotion body butter

Produk perawatan tubuh ini sukses jadi barang paling laku di Tokopedia dengan penjualan sebanyak 194 ribu produk lebih. Body lotion body butter termasuk kategori perawatan tubuh terlaris di antaranya produk lainnya. 

Apalagi dengan tren kulit glowing dan mulus saat ini membuat produk tersebut kian laris di pasaran. 

7. Parfum dan wewangian

Tak hanya bersih, tubuh juga perlu wangi agar orang membuat orang sekitar nyaman. Sebab itu, konsumen membutuhkan parfum atau wewangian di e-commerce

Produk ini ludes dengan penjualan lebih dari 193 ribu produk. Jika ditelusuri lagi, sekarang ini banyak perusahaan yang berhasil mengembangkan produk parfum atau wewangian lokal. Beberapa brand lokal parfum ternama di antaranya HMNS Perfume, Oullu, dan Saff & Co.  

8. Kopi

Setelah deretan produk Beauty&Care tersebut, selanjutnya ada dari kategori F&B, yakni kopi. Kopi memang jadi salah satu minuman favorit konsumen Indonesia dengan penjualannya kisaran angka 179 ribu produk. 

Riset Tim Compas menemukan, penjualan produk kopi sachet lebih unggul di Tokopedia ketimbang Shopee pada bulan Januari 2021. Sementara top brand kopi sachet terlaris periode 17-31 Januari 2022 terdiri Kapal Api, Arutala, dan Tropicana Slim. 

9. Biskuit kue kering

Analisis Tim Compas menunjukkan konsumen Indonesia sepertinya menyukai camilan seperti biskuit kue kering. Terbukti, produk ini laris manis hingga 176 ribu produknya terjual. 

Brand yang berhasil merebut pasar berasal dari Jepang, Oreo. Kemudian diikuti beberapa brand lokal seperti Chocolatos, GERY, dan Roma. 

10. Serum wajah

Barang paling laku di Tokopedia urutan ke-10 kembali ke produk perawatan wajah, yakni serum. Serum telah terjual lebih dari 170 ribu produk dan penjualannya didominasi oleh brand-brand lokal. 

Daftar brand serum lokal yang unggul di e-commerce berwarna khas hijau tersebut di antaranya Wardah, Somethinc, Azarine, dan Whitelab. 

Demikian info seputar barang paling di e-commerce bernuansa hijau tersebut. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda. Apabila tertarik mengulik data lebih lanjut, sebaiknya lakukan riset pasar sesuai kebutuhan bisnis. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2025 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.