logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Apa itu Text Mining untuk Data Science Bisnis

Apa itu Text Mining untuk Data Science Bisnis

Compas.co.idProses manajemen data memang banyak berhubungan dengan pengolahan angka dalam big data untuk mendapatkan informasi data penting demi perkembangan bisnis kedepannya. Akan tetapi sebenarnya manajemen data tak melulu berurusan dengan angka yang sifatnya kuantitatif, pengolahan data juga dilakukan dengan sumber data yang sifatnya kualitatif.

Banner Insight

Dalam artikel ini akan mengulas lengkap pengolahan data yang bersumber dari tulisan-tulisan tak terstruktur yang semakin banyak ditemukan dalam internet atau disebut text mining. Pengambilan data dari teks-teks tertulis tersebut juga semakin penting perannya dimana kecenderungan masyarakat saat ini adalah banyak berkomentar, mengulas, menulis review, dan membagikan pengalamannya secara terbuka di internet.

Apa itu Text Mining?

Text mining adalah suatu proses penambangan text yang dilakukan dengan mengeksplorasi dan menganalisa sejumlah besar data-data berupa text yang tidak terstruktur yang dibantu oleh software. Fungsi penggunaan software dalam text mining adalah untuk identifikasi pola, konsep, topik, kata kunci, dan atribut lainnya yang berhubungan dengan text dalam data.

Menambang dan menganalisa text membantu perusahaan menemukan business insights yang bisa jadi berharga. Insights berharga tersebut dapat ditemukan dalam dokumen, email marketing, artikel, komentar, copywriting di media sosial, dan sumber data berbasis text lainnya di internet dan media sosial.

Minat membaca data riset pasar untuk repositioning brand Anda dengan akurat di e-commerce tahun 2023 ini? Sekarang Anda dapat melakukannya dengan memiliki Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau langsung coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini

Berkat perkembangan teknologi di platform big data dan algoritma yang mendalam yang dapat menganalisa jumlah besar data-data yang tak terstruktur, proses text mining menjadi lebih praktis bagi seseorang yang bekerja di bidang ilmu data. Text mining ini hampir mirip dengan data mining. Perbedaannya yang paling mencolok adalah text mining berfokus pada text-text daripada data yang terstruktur.

3 Manfaat Text Mining untuk Data Science Bisnis

1. Dapat personalisasi layanan/konten

Saat ini konsumen semakin pandai untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Mereka banyak bercerita/sharing dan berkomentar dalam internet, terutama media sosial karena mayoritas konsumen menghabiskan waktu di dalam media sosial.

Baca Juga: 3 Jenis Konten Visual: Pilih Strategi yang Tepat untuk Bisnis Online Anda!

Dari aktivitas konsumen di internet dan media sosial, ilmuwan data dapat memanfaatkannya untuk merekomendasikan tim bisnis membuat konten-konten yang lebih personal kepada konsumen sesuai dengan apa yang mereka cari, apa keinginan mereka, serta lebih mendekati kebutuhan mereka. Tentunya dengan personalisasi akan berdampak pada meningkatnya brand awareness karena konten dari brand tersebut sudah sesuai dengan apa yang disukai oleh konsumen. 

2. Prediksi aktivitas penjualan lebih akurat

Text mining yang diterapkan dalam bisnis dapat Anda gunakan untuk memprediksi penemuan data-data yang berguna mengenai kesukaan dan kebiasaan beli pelanggan. Penggunaan text mining ini membantu bisnis untuk menghindari kesalahan langkah dalam membuat perencanaan bisnis masa depan. Dampak secara langsung bisa menurunkan angka sales revenue, sales quantity, dan market share perusahaan.

Dari segala aktivitas pelanggan, terutama yang berasal dari text, brand bisa tahu apa yang sedang berlangsung di pasar, apa yang sedang viral dimana itu bisa menjadi kesempatan bagus  bagi brand untuk meningkatkan exposure dan penjualan.

Banner E-Commerce Report

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Sales Growth yang Efektif untuk Bisnis Online

3. Dapat menganalisa segmentasi pasar dengan tepat

Setiap brand dan produk yang diluncurkan olehnya pasti memiliki target personanya masing-masing. Analisa segmentasi pasar ini juga bisa sedikit banyak didapatkan dari teknologi text mining. Dari konten-konten berbentuk tulisan di media sosial dan internet, tentunya dapat diketahui bagaimana user gambaran target personanya.

Contohnya produk data riset pasar Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 memiliki target persona seseorang yang posisinya ada di level manajer atau setara manager. Sebelum produk tersebut diluncurkan, tentunya dilakukan riset terlebih dahulu dan text mining bisa jadi juga diterapkan.  

Dari riset pasar, konsumen, dan kompetitor diketahui dari segi konten berupa text atau komentar atau tulisan di internet dan media sosial bahwa yang membutuhkan produk data pasar FMCG di e-commerce Indonesia adalah konsumen dengan target persona seperti di atas. 

Data riset pasar Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau langsung saja coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini

2 Contoh Penerapan Text Mining

1. Penerapan text mining dalam bidang kesehatan

Text mining memiliki potensi yang luar biasa di bidang kesehatan dan dapat terus dikembangkan untuk kemajuan dalam bidang medis, sekaligus memunculkan kesempatan-kesempatan bisnis baru di bidang ini. Dikatakan berpotensi karena literatur-literatur medis lebih terstandarisasi dan teratur rapi sehingga menjadikannya sumber informasi yang mudah ditambang.

Contoh penerapan text mining di bidang medis seperti yang dilakukan Anggraini et al (2021) dalam riset ilmiahnya yang berjudul “Text Mining – Analisis Teks Terkait Isu Vaksinasi Covid-19”. Ia menggunakan Rule-based Sentiment Analysis untuk ekstraksi informasi mengenai vaksinasi Covid-19 di media sosial yang gencar disebarluaskan oleh pemerintah agar menumbuhkan kepercayaan masyarakat kembali pada pemerintah.

Penelitian tersebut berhasil menangkap makna tersembunyi atau detail permasalahan dari kata kunci yang digunakan. Dari analisis text mining yang dilakukan diketahui bahwa isu yang sering dibicarakan adalah tentang vaksin Covid-19. Detail permasalahannya adalah isu penolakan, perbedaan jenis vaksin, efek samping, kandungan, bisnis pemerintah, trust issue, berbayar atau gratis dan sebagainya.

Salah satu yang membuat masyarakat menolak vaksin adalah kurangnya pendidikan atau edukasi terhadap vaksinasi, seperti manfaat vaksin COVID-19, kandungan vaksin, proses vaksinasi yang tidak jelas, dan hoax. Dari hasil tersebut diketahui ada kesenjangan informasi antara pemerintah dan masyarakat yang menimbulkan kesalahpahaman.  

2. Penerapan text mining dalam bisnis

Contoh penerapan text mining dalam bisnis adalah pada Customer Service. CS merupakan bagian frontline perusahaan dimana mereka adalah pihak yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Mereka mengetahui bagaimana respon atau perilaku pelanggan dari telepon, chat, email, komentar, dan review. Dari sumber informasi tersebut, dapat diambil informasi data penting untuk mengetahui bagaimana cara memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan di masa depan.

Banner Insight

Baca Juga: 7 Fungsi Data Mining dalam Bisnis

Mengetahui detail persona target pasar, kebutuhan, keinginan, pain points, dan lain-lain sifatnya sangat krusial bagi bisnis. Data pasar merupakan hal berharga bagi brand bisnis, terutama bagi brand yang berkecimpung di dalam industri FMCG di e-commerce Indonesia. Persaingan brand-brand dalam industri FMCG di e-commerce terkenal amat kompetitif, oleh karena memiliki data riset pasar seperti Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 adalah hal penting bagi brand Anda.

Sekarang Anda dapat membaca Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau langsung coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini

Anda juga bisa bertanya di DM Instagram Compas atau hubungi Team Compas. Compas siap mendampingi Anda menjadi brand pilihan kepercayaan konsumen di e-commerce tahun 2023!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.