5 Top Brand Diet Detox dengan Penjualan di atas Rp500 Juta dalam 2 Minggu, Flimty Tembus Rp3 Miliar!
Author: Lia Sutiani
Compas.co.id – Diet detox sempat jadi tren di tengah maraknya program diet. Diet detox juga biasa dikenal detoksifikasi, cara untuk membersihkan racun dalam tubuh.
Banyak kalangan selebriti maupun influencer yang mempopulerkan diet detox tersebut. Hal ini turut menarik audiens untuk membeli produk diet detox sebagai langkah menuju tubuh ideal. Alhasil, banyak perusahaan yang bergerak di industri suplemen kesehatan yang mengembangkan produk diet detox.
Ada berbagai jenis produk diet detox yang dijual di e-commerce. Penjualan produk diet detox tersebut juga masih dikuasai pemain lama, yakni Flimty. Brand ini unggul menduduki top brand diet detox dengan market share mencapai 55,40% pada periode 1-15 Juni 2022.
Kali ini, Flimty kembali sukses mempertahankan posisinya sebagai top brand diet detox pada periode 1-15 September 2022. Bahkan, penjualannya tembus di angka Rp3 miliar dalam rentang waktu 2 minggu saja.
Menariknya lagi, ada beberapa brand baru yang masuk top 5 brand diet detox terlaris di e-commerce. Siapa saja brand tersebut? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.
Data Penjualan di e-Commerce: 5 Top Brand Diet Detox Terlaris Periode 1-15 September 2022
1. Flimty
Brand yang mengusung semangat “Fit, Slim, and Healthy” ini sukses menduduki peringkat pertama sebagai top brand diet detox dengan sales quantity lebih dari 20 ribu produk. Sementara total penjualannya mencapai Rp3.9 miliar dengan market share sebesar 36,35%.
Market share tersebut termasuk paling tinggi di antara beberapa brand diet detox lainnya. Artinya, Flimty mendominasi pasar diet detox di e-commerce.
Mengenai strategi, Flimty menerapkan beberapa cara dalam memasarkan produknya. Mulai dari promosi berupa iklan, konten di website, atau kolaborasi dengan tallent endorsement.
Flimty juga aktif memasarkan produknya melalui agen, yakni menawarkan harga khusus bagi konsumen loyal yang bersedia menjadi agen Flimty. Secara tidak langsung ini termasuk sistem reseller yang turut mendorong penjualan produk.
Ditambah lagi, Flimty makin kokoh menguasai pasar diet detox berkat kerja sama dengan beberapa artis hingga influencer untuk menjadi endorser. Endorser yang dipilih juga bukan sembarangan agar bisa menyesuaikan persona produk Flimty.
Sebab itu, kini Flimty menggandeng Youtuber ternama sekaligus fitness enthusiast, Deddy Corbuzier. Pemilihan Deddy Corbuzier sebagai brand ambassador memang tepat untuk menaikkan brand awareness karena ada kesesuaian antara persona Flimty dengan citra sang Youtuber tersebut.
Keberhasilan Flimty tersebut juga dibuktikan selama dengan torehan prestasi. Mengutip dari lama Instagram @flimtyfiber, Flimty berhasil meraih Top Brand Awards dan Top Brand Shopee pada 2021-2022. Selain itu, pada periode 2018-2022 mendapat predikat Trusted with Result sehingga meningkatkan kepercayaan publik terhadap kualitas produknya.
2. Herwell
Posisi kedua top brand diet detox berhasil diraih Herwell dengan total penjualan mencapai Rp1.1 miliar dan sales quantity sebanyak 3.800 produk lebih. Dibandingkan dengan Flimty, market share brand ini jauh lebih rendah, yakni hanya sebesar 9,73%.
Menurut pantauan Tim Compas, Herwell tetap konsisten masuk dalam jajaran brand diet detox terlaris sepanjang tahun 2022 ini. Bahkan, posisinya tetap sama berdasarkan data penjualan produk diet detox periode 1-15 Juni 2022.
Data tersebut membuktikan brand tersebut mampu menjaga performanya. Lalu, apa kunci strateginya?
Hasil analisis Tim Compas menemukan, Herwell aktif mempromosikan produknya di Instagram @herwell sekaligus menyapa para konsumen setianya. Menariknya, Herwell juga menyediakan Instagram khusus bagi konsumen yang ingin memberikan review atau testimoni.
Cara ini dinilai cukup jitu untuk meningkatkan kepercayaan konsumen akan kualitas dan manfaat produk Herwell. Di sisi lain, brand tersebut juga menggaet public figure sebagai endorser produknya.
Tak main-main, Herwell berkolaborasi dengan Miss Grand International (MGI) 2022 dan influencer kondang asal Indonesia, Ivan Gunawan. Tak mengherankan jika brand tersebut begitu populer terutama di kalangan body goals enthusiast.
3. Fibre First
Apabila periode 1-15 Juni 2022 lalu brand ini berada pada peringkat ketujuh, kali ini Fibre First berjaya di posisi ketiga sebagai top brand diet detox. Brand tersebut mampu menaikkan penjualan dengan sales revenue mencapai Rp616.2 juta dengan market share sebesar 5,68%.
Brand asal Jepang di bawah naungan PT Kobe Nutri Farma tersebut menawarkan strategi berupa Money Back Guarantee. Strategi tersebut memberikan jaminan pengembalian uang bagi konsumen yang merasa tidak puas dengan produknya selama 30 hari.
Di sisi lain, Fibre First juga menghadirkan produk diet detox dengan manfaat ganda. Manfaat tersebut, yaitu Natural Green Fibre dan Essential Nutrition di mana serat dan nutrisi terkandung dalam satu sachet.
4. Madam Royale
Top brand berikutnya ada Madam Royale. Menurut data Compas Dashboard, brand tersebut sejauh ini merupakan nama baru dalam daftar top brand diet detox.
Hal ini membuktikan periode ini sebagai masa kejayaan Madam Royale dengan raihan sales revenue sebanyak Rp574.5 miliar. Adapun market share yang diperoleh meraih angka 5.3%.
Berbeda dengan beberapa produk diet detox terlaris sebelumnya, Madam Royale menghadirkan produknya dalam bentuk kapsul. Produk tersebut menggunakan embel-embel Slimming Pro dengan khasiat utama mengurangi lemak sehingga membantu melangsingkan badan.
Produk yang dikemas praktis dengan manfaat yang dibutuhkan konsumen secara umum tentu turut mendongkrak penjualannya. Apalagi, banyak review konsumen di Shopee yang mengatakan bahwa produk tersebut ampuh untuk menurunkan berat badan.
5. Beaudelab
Beaudelab juga termasuk brand yang unggul mencatatkan namanya sebagai brand diet detox terlaris di e-commerce. Data Compas Dashboard menunjukkan, pada periode Maret 2022 brand ini masuk tiga besar, kemudian turun ke peringkat sembilang pada Juni 2022.
Tiga bulan selanjutnya pada periode yang sama, Beaudelab setidaknya mampu mendorong penjualannya sehingga berhasil meraih peringkat kelima. Hasilnya, brand ini memperoleh total penjualan senilai Rp574.5 juta dengan market share 4,63%.
Dari segi promosi di media sosial, Instagram @beaudelab merupakan akun resmi brand diet detox yang paling banyak pengikutnya, yakni sebanyak 255K followers. Kendati demikian, produk yang ditawarkan Beaudelab juga berbeda dengan brand-brand sebelumnya.
Brand ini mengemas produk diet detox dalam bentuk teh yang memiliki cita rasa mint dan memberikan sensasi segar. Di samping itu, brand menjual produknya dengan menggunakan kata kunci “Suplemen Pelangsing Herbal”.
Kesimpulan
Melalui data dan ulasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa promosi lewat influencer cukup efektif menarik konsumen. Seperti Flimty yang berturut-turut meraih puncak penjualan tertinggi dengan memanfaatkan popularitas Deddy Corbuzier yang sejalan dengan karakter brand.
Strategi juga kian manjur lagi jika brand banyak mendapat testimoni atau review positif dari konsumen. Hal ini dikarenakan konsumen lebih percaya pada bukti nyata ketimbang sekadar iklan atau manfaat yang tertera dalam deskripsi produk.
Guna memaksimalkan strategi, melakukan riset pasar juga penting. Riset pasar akan mempermudah Anda dalam melihat target pasar secara tepat dan mengenali kompetitor bisnis.
Melalui data Compas Dashboard, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!
Source: Dashboard Compas.co.id