logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

10 Top Brand Sunscreen Lokal Terlaris 2022, Tidak Takut Matahari Lagi!

10 Top Brand Produk Sunscreen Lokal Terlaris, Tidak Takut Matahari Lagi!

Updated by: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Sinar matahari memang memiliki dampak menyehatkan karena dapat memacu peningkatan produksi vitamin D. Namun, di sisi lain, sinar matahari juga mengandung UV yang bisa membuat kulit jadi terbakar, bahkan bisa berakibat pada kanker kulit. 

Oleh karena itu, tak heran kalau sunscreen disebut sebagai salah satu produk yang wajib dimiliki setiap orang. Bahkan, dilansir dari HelloSehat, penggunaan sunscreen dianjurkan rutin setiap hari.

Rutinitas menggunakan sunscreen yang semakin ramai berimbas pada banyaknya brand kecantikan lokal yang meluncurkan produk sunscreen. Melalui metode online crawling di Shopee dan Tokopedia, terdapat 7.131 product listing di kategori sunscreen aftersun.

 

Data Penjualan Produk Sunscreen Lokal Terlaris 2022 Periode 17—31 Mei


Data Penjualan Sunscreen Lokal Terlaris 2022Data Penjualan Sunscreen Lokal Terlaris 2022

1. Azarine

Produk sunscreen lokal terlaris pada urutan pertama diraih oleh Azarine dengan sales volume yang mencapai 49,33% pada periode 1—15 Mei 2022. Angka ini tentu tak terlepas dari produk sunscreen-nya yang hits, yakni Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 dengan PA++++.

Azarine menerapkan strategi marketing dengan memanfaatkan pengaruh para influencer, dari yang lokal hingga mancanegara. Dilihat dari instagram resminya, Azarine menarik sejumlah influencer hits dalam mempromosikan produk-produknya, antara lain Vinna Gracia, Prilly Latuconsina, Cindercella, Natasha Wilona, bahkan Lee Minho!

Azarine juga kerap kali membagikan tips dan manfaat produk-produk mereka di media sosial sehingga customer pun bisa mengetahuinya hanya dengan mengikuti akun-akun medsos Azarine. Kolaborasi antara Key Opinion Leader dengan highlight pada informasi mengenai keunggulan dan manfaat produk inilah yang membuat Azarine sukses meraih sales volume sebesar 49,33%.

 

2. Emina

Emina dikenal sebagai sebuah beauty brand favorit remaja. Dengan harga yang affordable dan desain packaging yang manis, tak heran local brand ini berhasil mengambil tempat dalam jajaran top 10 brand produk sunscreen lokal 2022.

Di Shopee dan Tokopedia, tercatat bahwa sales volume brand Emina telah mencapai angka 19,73% pada periode 17—31 Mei 2022. Bahkan, produk sunscreen lokal terlaris milik Emina juga laris manis di e-commerce, yakni Emina Sun Protection SPF 30 dengan ukuran 60 ml.

Untuk mendekatkan diri dengan konsumennya, Emina terlihat sangat menggenjot promosi lewat digital marketing. Hal ini disebabkan pangsa pasar Emina, yakni anak-anak remaja lebih banyak nongkrong di media sosial. Terbukti, strategi marketing tersebut bisa menyasar target pasar Emina dengan tepat.

 

3. Madame Gie

Seperti biasa, brand dengan tagline “Cantik Ekonomis” ini tak pernah ketinggalan masuk jajaran top brand. Yup, Madame Gie dengan produk sunscreen-nya: Madame Gie – Madame Protect Me Let’s Glow Tinted Sunscreen SPF 50 PA ++++ sukses memperoleh sales volume sebesar 12,31%.

Menjadi salah satu yang laris manis di Shopee, sunscreen garapan Madame Gie ini hanya dibanderol seharga Rp29.000 saja. Dengan harga yang affordable, menariknya produk ini tetap memberikan manfaat sebagaimana sunscreen pada umumnya, yakni untuk melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB.

Bahkan, dilansir dari Female Daily, produk sunscreen garapan brand Gisella Anastasia ini memperoleh rating 4 bintang. Dengan harga yang murah tanpa mengesampingkan aspek kebermanfaatan, tak heran produk-produk Madame Gie ramai dibeli di Shopee dan Tokopedia!

 

4. Wardah

Tak kalah jauh, brand Wardah berhasil berhasil mencapai sales volume yang cukup tinggi, yakni sebesar 10,26%. Dengan angka tersebut, “anak” PT Paragon ini resmi menduduki peringkat keempat di periode 17—31 Mei 2022.

Beauty brand yang terkenal dengan produk kosmetik halal ini juga menawarkan sunscreen berkualitas tinggi yang bertajuk Wardah UV Shield Sunscreen Gel SPF 30 PA+++.

Seperti nama produknya, sunscreen garapan Wardah ini diformulasikan untuk menjaga kulit wajah dari paparan sinar jahat UVA dan UVB yang dapat memicu kanker kulit. Selain itu, produk ini juga tak akan membuat kulit wajah jadi kering saat diaplikasikan karena memiliki tekstur gel yang dingin dan lembut.

 

5. Carasun

Sempat viral beberapa tahun lalu, penjualan produk sunscreen dari Carasun masih tokcer hingga kini dengan capaian sales volume sebesar 6,40% di periode 17—31 Mei 2022.

Saking viralnya, sunscreen yang dirilis Carasun, yakni Carasun Solar Smart UV Protector Sunscreen ini selalu masuk daftar top rekomendasi sunscreen terbaik. Bahkan, mendapatkan review yang bagus dari youtuber Tasya Farasya!

Solar Smart UV Protector diklaim dapat melindungi kulit wajah secara optimal dengan SPF 45 yang menangkal 97.8% UVB, dan PA++++. Berkat teknologi CloudLike™️, Carasun memiliki tekstur unik seringan awan yang non-comedogenic. Bisa membuat kulit terasa nyaman dan tetap fresh hingga 8 jam.

 

6. Somethinc

Somethinc merupakan sebuah beauty brand lokal yang yang berdiri pada tahun 2019. Walaupun masih terbilang sebagai pemain baru, Somethinc berhasil meraih angka sales volume yang lumayan besar, yakni di angka 2,24%. Dengan perolehan tersebut, brand ini menempati posisi keenam.

Somethinc menawarkan produk skincare yang sudah disesuaikan untuk mengatasi permasalahan kulit wanita Indonesia dengan bahan-bahan yang berkualitas tinggi. Terbukti, produknya, yakni SOMETHINC Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++ jadi salah satu sunscreen lokal terlaris.

 

7. Whitelab

Lebih muda dari Somethinc, beauty brand lokal yang baru saja muncul pada Maret 2020 ini mampu memasuki jajaran top 10 sunscreen lokal terlaris untuk brand lokal. 

Penjualan produk sunscreen-nya pun bisa dibilang cukup baik karena berada di angka 1,34% selama periode 17—31 Mei 2022.

Produk perawatan wajah dan produk perawatan tubuh merupakan dua kategori besar yang ditawarkan Whitelab sebagai beauty brand. Maka, tak heran produk Whitelab UV Shield Tank Sunscreen Gel juga ikut jadi favorit!

 

8. Avoskin

Brand yang satu ini merupakan salah satu brand naungan PT AVO Innovation Technology. Brand Avoskin mulai muncul pada tahun 2014 dan terus berkembang hingga saat ini. Avoskin berhasil menempati posisi kedelapan dengan sales volume sebesar 0,71%.

Dilansir dari laman website Avoskinbeauty.com brand lokal avoskin ini sering mendapat respons positif karena selalu mempunyai inovasi pada produk kecantikannya. Terkenal menggunakan green beauty concept, produk-produk dari brand ini konsisten menggunakan bahan dari alam seperti tea tree, aloe vera, dan raspberry

Untuk produk terlaris dalam periode ini, kami menemukan bahwa Avoskin The Great Shield SPF 50 dengan PA++++ lah yang menjadi pilihan warga e-commerce.

 

9. ERHA

Populer dengan klinik kecantikannya, tak heran jika produk-produk perawatan dari ERHA jadi favorit di e-commerce. Bahkan, produk sunscreen-nya sukses masuki jajaran top brand kategori sunscreen lokal terlaris di periode ini.

Dengan capaian sales volume sebesar 0,58%, produknya yakni ERHA Perfect Shield Helios SPF50 PA+++ sukses membawa ERHA jadi juara sembilan di kategori ini.

Dengan branding produk premium berkualitas tinggi, produk sunscreen garapan ERHA ini dibanderol seharga Rp389.000. Dilansir dari erhastore.co.id, ERHA Perfect Shield Helios diklaim sebagai sunscreen pertama dan satu-satunya dengan Pollustop™ yang mampu memberikan perlindungan secara menyeluruh dari paparan sinar UVA & UVB, blue rays hingga polusi.

 

10. Lacoco en Nature

Dia peringkat kesepuluh, ada merek kecantikan Lacoco en Nature. Yup, brand yang pernah berkolaborasi dengan Barbie ini memiliki produk sunscreen andalannya sendiri.

Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++ berhasil meraih sales volume dengan angka 0,24% di periode 18—31 Mei 2022. Dilansir dari laman resminya, sunscreen garapan Lacoco ini dilengkapi dengan squalane yang terbukti mampu melembapkan kulit wajah sekaligus menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit wajah. Selain itu, juga mengandung niacinamide yang dapat membantu mencerahkan wajah secara alami dan membantu merawat jerawat.

 

Kesimpulan

Berdasarkan data yang didapat oleh tim internal Compas, dapat disimpulkan bahwa Avoskin dengan branding produk berformulasi premium, diiringi oleh strategi marketing melalui pengaruh influencer, ternyata berhasil jadi peringkat pertama!

Keberhasilan Avoskin dalam mengalahkan brand kompetitor tentu diiringi fakta bahwa Avoskin mengenal dengan baik siapa lawan mereka.

Salah satu cara jitu untuk mengenal dan mengalahkan kompetitor adalah dengan teliti memantau performa penjualan brand kompetitor di berbagai lapak jualannya, termasuk e-commerce. Untuk itu, kamu harus mempunyai akses ke market insight milik e-commerce.

 

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.