UMKM Go Digital

5 Langkah Mudah Memulai UMKM Go Digital dan Keuntungannya

Author: Farah Ramadhani

Dunia teknologi yang semakin maju membuat pemerintah mulai menggalakkan program UMKM Go Digital untuk mengikuti perkembangannya. Sebagai sektor usaha yang mendominasi ekonomi nasional, penting bagi UMKM untuk terus bertahan di tengah pandemi.

Dilansir dari beritasatu.com, jumlah UMKM yang sudah melakukan digitalisasi hingga bulan Oktober 2021 masih berada di angka 24.9% atau 15.9 juta dari total 65 juta unit UMKM. Salah satu kendala pelaku UMKM yang belum beralih ke online adalah karena literasi digital yang terbatas.

Sebenarnya, telah ada beberapa upaya berupa program literasi agar masyarakat, khususnya penggiat UMKM, bisa beralih ke online. Salah satunya melalui organisasi UKM Indonesia. Compas akan meringkas cara mudah untuk ikut gerakan UMKM Go Digital. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

 

5 Langkah Mudah UMKM Go Digital

cara memulai UMKM Go Digital

1. Riset pasar

Melakukan riset pasar penting bagi pegiat UMKM Go Digital agar peluang barang terjual menjadi lebih besar. Beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan saat riset pasar adalah permintaan atas barang yang Anda jual di platform tempat berjualan.

Compas Dashboard dapat membantu Anda melakukan riset pasar untuk mengetahui produk apa yang paling laris terjual di e-commerce pilihan Anda. Dengan mengetahui demand produk, Anda bisa mulai merencanakan strategi penjualan berikutnya.

2. Riset kompetitor

Memiliki kompetitor dalam berbisnis bukanlah hal yang buruk ataupun menakutkan. Dengan mengetahui kompetitor, Anda dapat mempelajari strategi pemasaran yang tepat untuk produk serta mempertahankan loyalitas pelanggan.

Bagaimana cara mengetahui kompetitor Anda di e-commerce? Compas Dashboard menyediakan data seputar brand dan kompetitor Anda meliputi total penjualan, jumlah produk terjual, hingga daftar rankingnya sesuai kebutuhan bisnis.

3. Cari Supplier Berkualitas

Sudah siap beralih ke online? Anda juga harus memperhatikan kualitas barang yang Anda jual. Jangan sampai pembeli kecewa dan kapok untuk membeli produk Anda. Menyediakan barang yang berkualitas penting untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Anda bisa memilih supplier dari berbagai daerang dengan kualitas yang bagus di e-commerce. Pastikan kembali kredibilitas supplier dengan melihat rating dan review mereka, ya.

4. Perkuat Brand Anda

Pergerakan UMKM Go Digital menuntut brand Anda agar bisa menonjol diantara yang lain. Hal ini bisa Anda mulai dengan membuat logo dan nama toko yang unik. Dengan begitu, calon pembeli maupun pembeli Anda bisa mengingat bisnis dengan mudah.

Buatlah juga sosial media brand Anda sebagai media untuk berkomunikasi dengan pelanggan maupun calon pembeli. Lakukan interaksi terkait cerita brand maupun produk Anda.

5. Pasarkan Produk Secara Online

Membuat sosial media juga bertujuan untuk mempermudah pemasaran. Anda bisa melakukan pemasaran organik melalui post dan story promosi melalui Facebook dan Instagram secara gratis.

Namun, jika dirasa kurang, Facebook memiliki fitur iklan berbayar yang bisa Anda gunakan. Biayanya pun dapat Anda sesuaikan dengan anggaran untuk iklan yang telah dipersiapkan, yaitu mulai dari $5 atau sebanding dengan Rp72 ribu seminggu.

Keuntungan UMKM Go Digital

keuntungan UMKM Go Digital

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika sudah beralih ke bisnis online. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Modal relatif kecil

Anda tidak perlu memikirkan modal untuk menyewa toko jika melakukan bisnis online. Modal yang Anda butuhkan diantaranya adalah gadget atau handphone, kuota internet, dan bahan baku.

  • Dapat dilakukan dari mana saja

Standby di toko bukan lagi kewajiban ketika Anda sudah melakukan UMKM Go Digital. Anda hanya perlu memperhatikan gadget dan mengawasi toko dari manapun dan kapanpun.

  • Biaya operasional lebih efisien

Karena tidak membutuhkan tempat khusus, biaya operasional pun menjadi lebih irit. Anda hanya perlu memikirkan biaya operasional seperti kuota internet, PLN, dan biaya packing.

  • Audience semakin luas

Pengguna internet yang sangat banyak membuat potensi bisnis Anda untuk dikenal menjadi lebih besar. Dengan strategi yang tepat, brand Anda bisa dikenal oleh orang seluruh Indonesia dari berbagai kalangan.

  • Biaya pemasaran lebih murah

Untuk usaha online, Anda tidak perlu melakukan iklan dengan brosur ataupun papan billboard. Saat ini pemasaran digital sudah semakin mudah dengan bantuan Facebook dan Instagram Ads. Bahkan beberapa e-commerce punya fitur pemasarannya sendiri.

 

Gerakan UMKM Go Digital ternyata dapat dilakukan dengan mudah dan memiliki banyak keuntungan. Apalagi, membuat toko di e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia tidak dipungut biaya apapun.

Anda dapat memaksimalkan penjualan online jika didukung oleh strategi yang kuat. Compas Dashboard dapat membantu Anda menyediakan data pendukung untuk riset pasar agar bisa mendominasi pasar online!

Data yang disediakan Compas Dashboard meliputi insight brand beserta kompetitor Anda seperti total sales revenue, total produk terjual, besar market share, hingga daftar penjual terlaris dan rankingnya.

Compas Dashboard menyediakan data sesuai kebutuhan perusahaan, yaitu data penjualan kategori pilihan dan periode waktu yang Anda tentukan. Tertarik dengan produknya dari Compas? 

Ketahui selengkapnya dengan follow dan DM Instagram Compas melalui link ini, ya! Anda juga bisa langsung menghubungi kami lewat link ini. Yuk, jadi jawara di e-commerce dengan produk Compas!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.